Jenis Lensa Kacamata

jenis lensa kacamata
jenis lensa kacamata

berdasarkan fungsinya, jenis lensa kacamata terdiri dari empat macam. Penting bagi para pengguna kacamata untuk mengetahui keempat jenis lensa tersebut.

Pemilihan jenis lensa yang tidak tepat dapat mengurangi kenyamanan saat penggunaan kacamata. Bahkan jika dipaksakan dapat mengakibatkan pusing, mual hingga merusak mata.

Keempat jenis lensa kacamata tersebut ialah lensa tunggal, lensa bifokal, lensa progresif dan lensa transisi.

Lensa Tunggal atau Single Visions Lens

Dikatakan sebagai lensa tunggal karena hanya bisa mengkoreksi pandangan dalam satu ukuran, misalnya untuk jarak jauh saja atau jarak dekat saja.

Lensa ini hanya memiliki satu titik fokus dan cocok untuk pengguna yang mempunyai kelainan mata rabun jauh/myopia (mata minus), rabun dekat/hipermetropia (mata plus) serta gangguan pengelihatan astigmatisme (sebuah kelainan yang terjadi pada kelengkungan kornea mata atau lensa mata).

Lensa bifokal

Berbeda dengan lensa tunggal, pada lensa bifokal memiliki dua buah titik fokus. Satu titik fokus jarak dekat berada pada posisi bagian bawah lensa sehingga memudahkan untuk membaca sedangkan satu titiknya lagi berada pada bagian atas lensa sehingga memudahkan untuk melihat objek yang jauh.

Jenis lensa ini digunakan untuk para orang tua yang mengalami gangguan pengelihatan presbiopi (mata tua).

Lensa progresif

Lensa progresif hampir sama dengan bifokal yakni memiliki dua titik fokus. Hanya saja, perbedaanya terletak pada tidak adanya garis pembatas/pemisah atau jarak antara titik fokus untuk melihat objek dekat dan titik fokus untuk melihat objek jauh.

Baca juga: kacamata sesuai bentuk wajah

Lensa transisi

Kacama dengan jenis lensa transisi ini dibuat untuk orang yang mempunyai gangguan pengelihatan mata sensitif. Uniknya, lensa ini bisa menyesuakan pengguna saat berada di dalam atau di luar ruangan.

Apabila si pengguna ada di dalam ruangan, maka lensa akan terlihat bening sehingga nyaman digunakan namun apabila si pengguna berada di luar ruangan, maka lensa akan menjadi gelap sehingga melindungi mata dari pancaran sinar ultraviolet dari matahari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.