Definisi Atau Pengertian Organisasi Sosial

       

Apa sih organisasi sosial itu?

Untuk mengenal organisasi sosial, maka kita harus mengerti tentang pengertian organisasi sosial, syarat untuk ikut organisasi sosial, tipe-tipe organisasi sosial dan ciri-ciri organisasi sosial.

Akan tetapi pada halaman ini, kita hanya akan memfokuskan pada pengertian organisosial saja. Untuk syarat ikut organisasi dst akan kita bahas pada halaman yang berbeda.

Definisi atau Pengertian organisasi sosial

Asosiasi merupakan persatuan atau perkumpulan orang yang memiliki kepentingan yang sama. Dalam kehidupan masyarakat, asosiasi inilah yang merupakan suatu kelompok sosial yang nyata-nyata jelas keberadaannya.

Sebuah asosiasi, didalamnya terdapat para anggota yang memiliki kesadaran yang kuat serta struktur yang jelas. Akan tetapi ikatan kelompoknya relatif longgar sehingga perlu dilakukan pengorganisiran kembali.

Nah, seiring berkembangnya kemajuan masyarakat, maka semakin banyaknya pula kebutuhan dan masalah yang terjadi. Untuk itu, diperlukan sebuah wadah atau tempat yang mampu menampung serta mengkoorganisir anggotanya sehingga diharapkan kebutuhan atau masalah-masalah anggotanya bisa diatasi.

Oleh karena itu, kelompok sosial yang berupa asosiasi ini kemudian dikoorganisir kembali sehingga menjadi organisasi. Nah, organisasi inilah struktur, pembagian hak dan kewajiban, aturan dsb dibuat sangat jelas dan mengikat kuat bagi anggotanya.

Bagan. Contoh struktur organisasi (Gambar: Siswapedia.com)

Jadi apa definisi organisasi sosial itu?

1. Definisi organisasi sosial menurut kamu Bahasa Indonesia,

Organisasi didefinisikan sebagai susunan atau kesatuan dari berbagai bagian (orang dll) sehingga menjadi kesatuan yang teratur. Sedangkan sosial didefinisikan sebagai sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat. Jadi organisasi sosial merupakan kesatuan sosial dari berbagai orang sehingga menjadi kesatuan yang teratur.

2. Dalam bukunya Sosiologi 2, Budiono menjelaskan bahwa:

Organisasi sosial yaitu kesatuan orang yang tersusun secara teratur berdasarkan pembagian tugas-tugas tertentu kepada anggotanya.

3. Dalam bukunya Sosiologi, Budi Raharjo menjelaskan bahwa:

Organisasi sosial yaitu suatu kesatuan orang-orang yang memiliki struktur serta pembagian kerja yang jelas sebagai akibat adanya hubungan sosial di dalam kehidupan masyarakat.

Di dalam organisasi sosial, anggotanya memiliki peran, tanggung jawab, hak dan tugas yang jelas. Dengan begitu, diharapkan peran para anggota organisasi mampu mewujudkan visi dan misi yang telah dibentuk sebelumnya.

Adapun menyangkut hubungannya dengan sesama anggotanya, maka akan terjadi hubungan yang dinamis dimana kerja setiap anggotanya akan saling terkait dan terulang-ulang kembali, dengan kata lain terstruktur. Selain itu keberadaan anggotanya juga diakui secara formal.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *