Daftar faskes BPJS Kesehatan

cara daftar paskes BPJS Kesehatan secara online
cara daftar paskes BPJS Kesehatan secara online

Daftar faskes bpjs kesehatan dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara offline dan secara online. Kedua cara ini ada plus minusnya masing-masing, kita bisa sesuaikan kemudahannya menurut pribadi kita.

Sebelum berbicara lebih jauh terkait cara daftar bpjs kesehatan ini, marilah kita pahami dulu beberapa hal dan perlu juga kita siapkan persyaratannya.

Daftar iuran BPJS Kesehatan 2022

Di BPJS Kesehatan terdapat 3 kategori kelas. Kelas I bayarnya Rp 150.000/bulan, kelas II bayarnya Rp 100.000/bulan dan kelas bayarnya III Rp 35.000/bulan. Semua ini berlaku untuk 1 orang.

Misalnya di keluargamu ada 4 anggota keluarga dimana kesemuanya mengambil iuran Rp 35.000/bulan, maka setiap bulannya harus membayar iuran sebesar Rp 140.000 paling lambat dibayarkan setiap tanggal 10. Jika dibayarkan pada tanggal 11 keatas atau telat, maka harus membayar denda.

Syarat mendaftar BPJS Kesehatan

Ada beberapa syarat berkas yang harus dikumpulkan yakni KTP, KK, Nomor telepon aktif dan memiliki rekening bank BRI, BCA dan Mandiri.

Rekening bank ini penting karena nanti pembayarannya harus auto debit, artinya setiap bulannya saldo rekening bank akan dipotong oleh BPJS.

Bagaimana dengan rekening selain tiga bank di atas?, kita bisa menggunakan dompet digital, misalnya isaku.

Baca juga: Cara membuat email gratis

Daftar faskes bpjs kesehatan

Cara daftar mendaftar faskes BPJS Kesehatan itu bisa dengan cara offline ataupun online.

a. Cara offline

Kita bisa langsung ke kantor BPJS terdekat di kota Anda dengan membawa berkas seperti yang telah dijelaskan di atas. Nanti Anda langsung diberikan kartu BPJS yang berisi nama dan nomor BPJS.

b. Cara online via smartphone

Mula-mula download dan installah dua aplikasi yakni Mobile JKN dan isaku melalui google playstore.

Daftar dompet digital isaku

  1. Bukalah aplikasi Isaku yang telah kita instal di smartphone. Kemudian klik tulisan Daftar Sekarang.
  2. Isilah kolom registrasi dengan benar mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, nomor handphone, tanggal lahir, pekerjaan, email yang masih aktif kemudian centang tulisan “Saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku”. Setelah itu tekan tombol selanjutnya.
  3. Pada tahap ketiga ini, kita disuruh membuat pin yang berupa 6 buah digit angka. Jika berhasil kita akan diarahkan ke halaman depan yakni halaman login. Gunakanlah nomor telepon dan pin 6 angka yang telah dibuat tadi untuk membuka layanan aplikasi.
  4. Lakukanlah isi saldo ke dompet digital isaku sesuai nominal kelas BPJS yang hendak kita ikuti. Misalnya kelas III berarti kita isi minimal Rp 35.000. Caranya, klik tombol isi saldo → bank → Pilih bank rekeningmu.

Pada tahap ini kamu bisa isi saldo dari rekening Bankmu ke isaku. Nah, uang di isaku ini nantinya akan dipotong setiap bulannya secara otomatis oleh layanan BPJS Kesehatan.

Setalah mendaftar dan mengisi sejumlah saldo di isaku, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun BPJS Kesehatan lalu menghubungkannya dengan isaku.

Daftar faskes BPJS kesehatan

  • Bukalah aplikasi Mobile JKN yang telah kita instal.
  • Pada tahap pertama, kita isi Jenis kartunya sebagai Nomor Induk Kependudukan (NIK) lalu kita isi nomornya sesuai di KK. Lalu klik selanjutnya.
  • Akan muncul konfirmasi bahwa “Nomor induk kependudukan yang Anda masukkan belum terdaftar di BPJS Kesehatan. Apakah Anda ingin melakukan pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan?”. Pilih Ya.
  • Setelah itu kita dibawa halaman surat pernyataan, langsung saja kita centang tulisan “saya setuju”. Lalu klik tombol selanjutnya.
Daftar faskes BPJS Kesehatan secara online melalui android
  • Pada halaman pendaftaran peserta, masukkanlah NIK-mu lalu tulis angka Captcha yang tertera setelah itu klik tombol cari.
  • Isilah data kelas rawat inap, data kontak keluarga, email dan nomor hp yang masih aktif. Ikutilah prosedur verifikasi email dan nomornya.
  • Pada halaman terakhir Anda akan mendapatkan kartu BPJS digital beserta nomor peserta yang bisa dicetak. Kartu ini akan aktif setelah 14 hari kemudian, terhitung sejak kartu BPJS dibuat.

Nah, melalui aplikasi Mobile JKN ini kemudian kita bisa mensetting autodebit pembayaran BPJS dengan memilih dompet digital isaku. Jika telah terhubung, maka akan tertulis i.saku saldo Rp (nominal uang kita di isaku).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.