Cara Mudah Belajar Prepositions of Time

  • Whatsapp
Cara Mudah Belajar Prepositions of Time
Cara Mudah Belajar Prepositions of Time

Cara Mudah Belajar Prepositions of Time – Salah satu hal yang cukup membingungkan ketika mempelajari Bahasa Inggris adalah mengenai prepositions of time.

Pembahasan yang satu ini memang cukup menguras perhatian karena tidak sedikit orang yang kebingungan dalam memilih jenis preposisi yang tepat.

Penasaran dengan cara mudah belajar prepositions of time dalam bahasa Inggris?

Menurut pengertiannya, prepositions of time merupakan kata depan yang digunakan untuk menjelaskan waktu. Dalam Bahasa Inggris, terdapat 3 prepositions of time yang paling lazim digunakan yaitu in, on dan at.

Masing-masing preposisi mempunyai penggunaan yang berbeda sehingga Anda perlu teliti ketika akan menggunakannya. Jangan lewatkan penjelasan bermanfaat berikut ini!

Baca artikel sebelumnya: Mengenal 3 Tenses Dasar Dalam Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Prepositions of Time

Cara Menggunakan In, On, dan At

Ketika mempelajari grammar atau tata bahasa dalam Bahasa Inggris, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan hingga ke aspek yang paling detail. Sebagai contoh, kata in, on, dan at yang terkesan tidak penting ternyata membawa pengaruh besar pada kualitas tulisan Anda.

Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini tentang penggunaan preposisi in, on, dan at.

Preposisi In

Preposisi In merupakan salah satu contoh kata depan yang paling lazim digunakan sehari-hari. Ini biasa dipakai untuk menunjukkan waktu yang bersifat luas seperti abad, dekade, tahun, bulan, atau periode yang panjang.

Selain itu, In juga lazim digunakan untuk beberapa waktu tertentu seperti in the morning, in the afternoon, dan in the evening. Ketiganya menggunakan preposisi in diikuti oleh article the dan ketiganya merupakan pengecualian.

Simak beberapa contoh penggunaan preposisi In berikut ini:

  • Bulan    : in January, in April
  • Tahun   : in 2009, in 1990
  • Dekade : in the 1980s, in the 1990s
  • Abad    : in the 17th century
  • Musim  : in summer, in winter
  • in the morning, in the evening

Preposisi On

Preposisi yang satu ini biasa digunakan untuk menunjukkan waktu yang bersifat lebih spesifik dibandingkan dengan yang digunakan pada kata depan In.

Anda dapat menggunakan preposisi On pada beberapa waktu seperti hari, tanggal, hari spesial, atau hari besar.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan preposisi On:

  • Hari      : on Friday, on Saturday
  • Tanggal : on January 23rd, 1990, on the 10th of November
  • Hari besar : on Christmas Day, on Eid Fitr

Preposisi At

Dibandingkan dengan dua preposisi lainnya, At merupakan preposisi yang menunjukkan waktu paling spesifik. Preposisi ini paling lazim dipakai untuk menyampaikan jam. Selain itu, at juga lazim digunakan dipakai untuk mengawali kata night (at night) dan weekend (at the weekend).

Untuk lebih mudah memahami penggunaan preposisi At, Anda dapat memperhatikan beberapa contoh berikut ini:

  • Waktu   : at 10 am, at midnight, at 2.15
  • at night, at noon
  • at dinner time, at breakfast time
  • at the weekend

Cara mudah untuk mempelajari Prepositions of Time adalah dengan membayangkan sebuah piramida. Anda dapat menempatkan In pada posisi terbawah dengan, kemudian On pada posisi tengah, serta At pada posisi teratas.

Hal ini menggambarkan penggunaan In yang general, On yang lebih spesifik, kemudian mengerucut pada At yang menunjukkan waktu paling spesifik.

Baca juga: Cara mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris

Setelah mengetahui kunci penting tersebut, Anda dapat lebih memahami penggunaan ketiga Prepositions of Time dengan lebih baik. Yang terpenting, Anda harus rajin membaca referensi berbahasa Inggris serta berlatih membuat kalimat menggunakan preposisi tersebut.

Dengan cara itu, Anda akan lebih mudah ingat serta lebih mudah untuk menerapkannya dalam sebuah kalimat. Selamat belajar!.

Bila ada pertanyaan terkait Cara Mudah Belajar Prepositions of Time bisa ditulis di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *