Macam-Macam Rumus Present Tense

Macam-Macam Rumus Present Tense – Banyak yang beranggapan bahwa present tense adalah jenis tense yang paling mudah. Tanpa harus mengubah bentuk kata kerja, Anda bisa membuat kalimat yang efektif dan benar secara tata bahasa. Namun, bagaimana dengan turunan dari present tense yang lainnya?

Perlu Anda ketahui bahwa jenis tense yang satu ini terbagi menjadi empat bagian yaitu Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, dan Present Perfect Continuous.

Jangan lewatkan pembahasan di bawah ini untuk mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis atau macam-macam rumus present tense !

Baca juga: Macam-Macam Rumus Past Tense Beserta Contohnya

Jenis-Jenis dan Rumus Present Tense

Siapa tak kenal dengan simple present tense? Jenis tense ini paling umum digunakan dan terbilang sangat mudah untuk dipelajari. Tapi bagaimana dengan jenis present tense yang lain? Anda mungkin membutuhkan perhatian ekstra untuk memahaminya.

Tapi tidak perlu khawatir. Penjelasan berikut ini akan membuat Anda semakin memahami kaidah present tense dan jenis-jenisnya.

Macam-Macam Rumus Present Tense

Simple Present Tense

Sebagai bentuk yang paling lazim digunakan, simple present tense menunjukkan sebuah peristiwa yang terjadi saat ini. Jenis tenses ini juga dipakai untuk menyatakan kebiasaan atau fakta.

Untuk mengidentifikasi kalimat simple present tense, Anda dapat menemukan kata penanda seperti always, often, sometimes, usually, dan normally. Adapun rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Subject + Verb 1

Pahami contoh kalimat berikut ini:

  • Jessie always eats egg in the morning
  • He often visits the library
  • The cat sometimes comes to my home

Baca juga: Mengenal 3 Tenses Dasar Dalam Bahasa Inggris

Present Continuous Tense

Present continuous tense biasa digunakan untuk menyatakan sebuah peristiwa yang tengah berlangsung ketika pembicaraan sedang berlangsung.

Kalimat present continuous tense menggunakan kata penanda seperti just now, right now, at the moment. Anda dapat memakai rumus berikut ini untuk membuat kalimat present continuous tense:

Subject + is/am/are + Verb-ing

Pahami contoh kalimat berikut ini:

  • He is listening to the music
  • Jennifer is talking with her classmate
  • They are playing games in the playground

Present Perfect Tense

Present perfect tense dipakai untuk memberikan penekanan pada hasil. Jenis tenses ini mengindikasikan bahwa peristiwa tengah berlangsung atau baru saja selesai.

Anda dapat menggunakan beberapa kata penanda untuk mengidentifikasi kalimat ini seperti already, just, not yet, up to now. Rumus yang digunakan untuk membuat kalimat present perfect tense adalah:

Subject + has / have + Verb III

Pahami contoh kalimt berikut ini:

  • I have just finished my homework
  • She has already accomplished the project
  • He has not been to Indonesia till now

Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense merupakan jenis tense yang menunjukkan sebuah aksi telah selesai pada suatu waktu di masa lampau. Tense ini juga dapat menunjukkan bahwa aksi telah dimulai di masa lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Prepositions of Time

Untuk mengidentifikasi present perfect continuous tense, kata penanda yang dipakai antara lain for the past few years, the whole week, since, dan lain sebagainya. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Subject + Has / Have + Been + Verb-ing

Pahami contoh kalimat berikut ini:

Berbagai jenis present tense, meskipun pada dasarnya digunakan untuk menunjukkan aksi yang terjadi di masa sekarang, ternyata mempunyai bentuk yang bervariasi. Anda harus lebih berhati-hati agar tidak salah dalam mengidentifikasi masing-masing jenis present tense.

Apabila ada pertanyaan terkait Macam-Macam Rumus Present Tense bisa ditulis di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *