Rumus dan Contoh Penggunaan This, That, These dan Those

Rumus dan Contoh Penggunaan This, That, These dan Those – Apakah Anda masih bingung saat membedakan this, that, these dan those? Meskipun tidak terlalu fatal, kesalahan dalam penggunaan this, that, these, dan those dapat menimbulkan kesalahpahaman dengan lawan bicara.

Selain itu, kesalahan dalam hal yang sederhana ini justru mampu menurunkan rasa percaya diri Anda saat bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Lantas, apa perbedaan keempat kata tersebut?

Pada dasarnya this, that, these, dan those mempunyai dua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai pronouns dan sebagai determiner. Kedua fungsi tersebut akan berpengaruh pada pola penempatan ketika diletakkan dalam kalimat. Sebagai contoh, this sebagai pronoun diletakkan sebelum to be (is) sedangkan this sebagai determiner mendahului kata benda (noun).

Rumus dan Contoh Penggunaan This, That, These dan Those dalam bahasa inggris

Meskipun struktur yang digunakan berbeda, namun keduanya mempunyai makna yang sama apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, yaitu “ini” dan “itu”. Untuk mengenal perbedaan this, that, these, dan those, simak penjelasan lengkap berikut ini.

A. This, that, these, those sebagai pronouns

This, that, these, dan those dapat berfungsi sebagai demonstrative pronouns. Pronouns ini menggunakan parameter jumlah (these, those) dan jarak (this, that).

Kata ganti yang dapat digantikan oleh demonstrative pronouns umumnya adalah berupa benda, meskipun orang dan hal juga dapat memakai pronouns. These, that, these dan those diletakkan sebelum to be (is/are).

Baca juga: Pengertian Dan Contoh Future Tense

This dan these

This dan these digunakan untuk menunjukkan benda yang posisinya dekat dengan kita. This digunakan untuk benda tunggal (singular) dan these digunakan untuk benda jamak (plural). Dalam kalimat, this diikuti oleh to be “is” sedangkan these diikuti oleh to be “are”.

Contoh:

  • This is my new phone
  • This is a book
  • These are your pencils
  • These are my favorite books

That dan those

That dan those dipakai untuk menunjukkan benda yang letaknya jauh dari kita. That digunakan untuk menunjukkan benda tunggal (singular) sedangkan those digunakan untuk menunjukkan benda jamak (plural). Dalam kalimat, that diikuti oleh “is” dan those diikuti oleh “are”.

Contoh:

  • That is my house
  • That is your favorite fruit
  • Those are his old shoes
  • Those are your favorite snacks

B. This, that, these, those sebagai determiners

Determiner adalah kata penentu yang biasanya diletakkan di depan kata benda. Determiner berfungsi sebagai penanda agar makna benda tersebut semakin jelas. This, that, these, dan those merupakan contoh dari determiner yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

This dan that

This dan that merupakan determiner yang dipakai untuk kata benda tunggal (singular) atau kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable).

Contoh:

  • I will give you this book
  • This surprise makes me happy
  • That bag belongs to John
  • I don’t know that you love that song

These dan those

These dan those adalah determiner yang digunakan untuk kata benda jamak (plural). Diperlukan penambahan s/es pada kata benda yang mengikuti these dan those.

Contoh:

  • These people are so friendly
  • I have to understand these statements
  • I don’t like those animals
  • Those flowers look so beautiful in the garden

Sangat mudah bukan? Terbukti bahwa membedakan this, that, these dan those bukanlah perkara yang sulit. Anda hanya perlu melihat struktur kalimat agar lebih mudah memahami fungsi dari keempat kata tersebut, apakah sebagai pronoun atau determiner.

Baca juga: Macam-Macam dan Contoh Past Future Tense

Apabila ada pertanyaan terkait Rumus dan Contoh Penggunaan This, That, These dan Those dalam bahasa Inggris di atas, bisa ditulis di bawah ini,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *