Cara mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris

       

Bagaimana cara mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris kita?

Cara mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris – Berlatih bahasa Inggris adalah salah satu bagian yang paling menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Banyak orang yang ingin bisa berbahasa Inggris atau sedikit bisa berkomunikasi dengan orang asing dengan menggunakan bahasa Inggris. Tapi, masih banyak dari kita orang Indonesia merasa sangat sulit untuk mulai berlatih berbicara bahasa Inggris. Salah satu alasannya karena dalam pikiran kita sudah tertanam pikiran bahwa belajar bahasa Inggris itu sangat sulit.

Bagi yang mempunyai niat untuk mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggrisnya. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips saya berikan dibawah ini untuk meningkatkan bahasa Inggris lisan dan tulisan Anda.

Berikut 5 Cara mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris

1. Percaya diri

Salah satu yang terpenting dalam melatih berbicara bahasa Inggris adalah percaya diri. Sempat tidak percaya diri, pronounciation (pengucapan) akan salah, seperti cara pengucapan “Read” dan “Red” akan kedengaran sama atau mengucapan “Excuse me” menjadi “excusemi”. Yang utama adalah percaya diri dan jangan malu untuk membuat kesalahan. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik dan lebih percaya diri Anda dalam pengucapan dan kosakata. Ingat, berbicara adalah keterampilan seperti belajar alat musik atau olahraga baru; satu-satunya cara Anda bisa mendapatkan yang baik adalah untuk benar-benar melakukannya.

Cara mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris

2. Menggunakan Smartphone

Hampir semua dari kita mempunyai smartphone. Sebuah smartphone dapat menjadi alat yang ampuh untuk belajar languages. Cara melatih diri untuk belajar bahasa Inggris dengan menggunakan smartphone adalah pertama siapkan sebuah text berbahasa Inggris. Untuk tingkat pemula panjang teks sekitar 5 -7 baris. Kemudian, Anda baca teks tersebut dengan suara nyaring, sambil membaca tidak lupa untuk merekamnya. Setelah selesai merekam, kemudian dengarkan kembali dan coba perhatikan beberapa cara pengucapan yang salah. Beberapa kata yang sedikit asing atau mengganjal dapat mencek kamus oxford, atau youtobe untuk mencari pronounciation yang salah.

Baca juga: Pengertian Jurnalisme Warga

3. Membaca artikel bahasa Inggris dan lagu

Untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris dapat membaca artikel. Bagi seorang pemula dapat membaca artikel-artikel yang sederhana, seperti kegiatan sehari-hari, cerita bergambar, atau bisa juga dengan membaca kartun di website webtoon berbahasa Inggris.

Selain itu juga belajar cara pengucapan kata di dalam bahasa Inggris yang benar, Anda dapat dapat mendengar lagu. Selain mendengar lagu. Anda juga dapat melatih diri Anda dengar cara beberapa lirik dalam satu lagu dihapus. Kemudian, Anda memutar lagu, yang kemudian Anda mencoba mengisi beberapa lirik lagu yang telah Anda hapus tersebut. Untuk awal, saya menyarankan beberapa lagu seperti album Weslife atau the Beatles.

4. Berdiskusi dan berdebat

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan membuat Anda terus belajar bahasa Inggris adalah dengan berdiskusi dan berdebat. Untuk awal Anda bisa membuat semacam English club bersama dengan beberapa orang teman. Kemudian, tentukanlah sebuah topik yang Anda diskusikan, seperti tentang fenomena alam atau topik ringan yang lain. Setelah itu, Anda persiapkan diri Anda sebelum Anda mendiskusikan tentang topik tersebut.

5. Berkenalan dengan orang asing

Dengan kemajuan dunia teknologi saat ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan orang Inggris atau Amerika. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti skype, facebook, dll. Selain itu, jika Anda berada di daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh para turis mancanegara. Anda dapat mengunjungi daerah tersebut dan memberanikan diri untuk berkomunikasi dengan mereka. Saran saya, jangan hanya berkenalan dengan turis tersebut dengan mengatakan “Hello Mr, how are you?” Tetapi, lebih dari itu coba untuk menanyakan “Where are you from, what is your hobby….” dll.

Itulah beberapa cara praktis dalam belajar berbicara di dalam bahasa Inggris. Semoga dengan metode-metode diatas Anda dapat bisa lancar berbahasa Inggris.

Febriwan Harefa S.S

Lulusan Sastra Inggris STBA LIA Yogyakarta. Saat ini saya menjadi guru bahasa Asing di SMK Negeri 1 Dharma Caraka Gunungsitoli, lembaga kursus bahasa Asing GEA dan sebagai pemilik lembaga kursus bahasa Inggris Tunas Bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *