Cara Menghemat Kuota

Cara Menghemat Kuota atau paket data internet
Cara Menghemat Kuota atau paket data internet

Ketika aktivitas sehari-hari sering menggunakan paket data, maka alangkah baiknya kita mengetahui cara menghemat kuota internet. Ini sangatlah penting.

Mengapa ini dilakukan? Karena seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya layanan paket data internet menerapkan pembiayaannya berdasarkan jumlah kuota internet yang digunakan. Dengan demikian, semakin banyak menggunakan kuota, maka biaya akses internet semakin mahal.

Cara Hemat Kuota Data Internet

Untuk itu di halaman ini, kami memberikan tips cara menghemat kuota internet yang bisa kamu terapkan supaya tidak menguras keuanganmu, gak peduli layanan operator apa yang sedang kamu gunakan.
Nah, berikut cara menghemat paket data smartfren, im3, XL, Telkomsel, Tri, Axis atau Indosat yang bisa kamu lakukan, semuanya bisa menggunakan cara ini.

1. Mengakses internet menggunakan Mode Ringan Google Chrome

Kamu bisa mengakses internet menggunakan browser Google Chrome yang telah dikompres penggunaan datanya di smartphone-mu. Caranya buka aplikasi Chrome → Setelan → Mode Ringan → aktif.

Mengakses internet menggunakan Mode Ringan Google Chrome

Dengan settingan mode ringan ini setiap website yang kita buka melalui browser Google Chrome, maka secara otomatis akan dikompres sehingga menjadi lebih ringan, cepat diakses dan tidak menggunakan kuota yang banyak.

2. Menonaktifkan fitur sinkronisasi

Pada settingan standar android, fitur sinkronisasi akan aktif secara otomatis. Hal ini agar setiap ada update data di server aplikasi, maka akan mengupdate pula data di smartphone-mu. Misalnya, ada pesan email masuk di akun gmail kamu, maka sinkronisasi akan mengirimkan email masuk di aplikasi smartphone-mu.

Pastinya proses sinkronisasi ini akan menggunakan kuotamu secara otomatis dan ini dapat mengakibatkan kuotamu cepat habis terutama jika kamu menggunakan banyak aplikasi. Untuk itu, menonaktifkan fitur sinkronisasi dapat menghemat kuota data internetmu.

Caranya, buka menu Setelan → Sinkron → dinonaktifkan (warna abu-abu). Kita ganti menjadi settingan Wi-Fi saja (warna biru) sehingga akan otomatis ter-sinkronisasi ketika ada koneksi dari WiFi.

Cara menghemat kuota internet dengan menonaktifkan sinkron otomatis

Dari settingan ini, maka hp smartphonemu akan ter-sinkronisasi apabila ada koneksi ineternet dari Wi-Fi.

3. Membatasi penggunaan data pada aplikasi

Setiap aplikasi yang terinstal akan menggunakan kuotamu secara otomatis. Misalnya saat aplikasi mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan, maka ini pasti menyerap kuotamu. Nah, kita bisa menonaktifkan penggunaan data aplikasi sesuai kebutuhan.

Caranya, Keamanan → Penggunaan Data → Batasi Penggunaan Data → Pilih aplikasi mana yang mau dibatasi penggunaan datannya.

membatasi penggunaan data aplikasi agar menghemat paket data seluler

Disini kita pilih saja pembatasan (silang merah) penggunaan kuota berlaku untuk seluler (dari paket data kuotamu). Sedangkan untuk penggunaan data dari Wi-Fi tetap kita biarkan (centang hijau).

4. Menonaktifkan update otomatis aplikasi di Android

Setiap aplikasi di smartphone Android akan diupdate secara berkala oleh pengembang/developer atau si pembuat aplikasi sehingga jika kita mensetting updatenya secara otomatis, maka setiap ada versi terbarunya akan sangat menguras kuota internet kita.

Untuk menonaktifkannya caranya sebagai berikut: Buka Google Playstore → Setelan → Preferensi Jaringan → Update Otomatis Aplikasi → Melalui Wi-Fi saja → selesai.

Cara menghemat kuota internet dengan menonaktifkan update otomatis aplikasi di smartphone

Dengan begini, maka aplikasimu akan diupdate secara otomatis apabila ada koneksi Wi-Fi saja. Tentu ini menjadikan kuota internetmu lebih hemat.

5. Mengurangi kualitas video di Youtube sesuai kebutuhan

Aktivitas menonton video di youtube menjadi tren saat ini. Disadari atau tidak, hal ini dapat sangat menguras kuota internet yang kita miliki.

Salah satu keputusaan bijak apabila kita menonton dengan kualitas video secukupnya. Misalnya apabila video hanya berisi suara, maka mengunakan kualitas resolusi 144p sudahlah cukup. Untuk menonton live streaming cukup menggunakan resolusi 240p.

Kita bisa merubah settingannya, caranya klik tombol 3 titik yang berada di kanan atas layar → kualitas video saat ini → lanjutan → pilih resolusi secukupnya.

Setting kualitas video youtube secukupnya

Dengan begini kamu bisa menghemat kuota internet dalam jumlah besar tanpa mengurangi kenyamanan saat menonton video.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.