Cara Membuat Press Release

cara membuat press release
cara membuat press release

Sebelum membahas tentang cara membuat press release alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang press release dan bagaimana kerangka penyusunnya.

Istilah press release biasa kita sebut dengan siaran pers. Lebih sederhananya, perss release merupakan pemberitaan atau penyampaian informasi kepada masyarakat.

Penyampaian perss release atau pers rilis ini dibuat dan disampaikan oleh bagian humas atau public relation suatu lembaga, perusahaan atau organisasi melalui media masa baik itu melalui tulisan, siaran radio atau media televisi.

Pembuatan pres rilis ini harus bersifat menarik, bersifat lugas, tidak terlalu panjang ataupun sangat pendek karena disampaiakan kepada awak media yang notabenenya tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyimak.

Kerangka press release atau pers rilis

Ada tiga kerangka press release, yakni:

Judul atau Head

Judul berisi kalimat yang dapat mewakili isi pemberitaan. Bisa juga diberi tambahan nama dan logo perusahaan, lembaga atau organisasi.

Teras berita atau Lead

Teras berita berupa kumpulan beberapa kalimat yang tergabung menjadi satu paragraf yang mampu mewakili seluruh isi pemberitaan.

Isi

Menjelaskan isi pemberitaan yang dimulai dari bagian pokok berita terlebih dahulu hingga kemudian dilanjutkan dengan penjabaran atau rincian dari pokok berita.

Penutup

Pada bagian akhir ini terdapat nama pihak yang merilis dan disertai kontak (bila diperlukan).

Cara membuat press release yang baik

  1. Tentukanlah topik atau tema yang ingin disampaiakan

Penentuan topik atau tema informasi yang ingin disampaiakan itu hal pertama yang harus dilakukan. Tidak mungkin kita ingin menyampaikan sesuatu, tapi topiknya saja kita tidak tahu.

  1. Gunakanlah tata cara piramida terbalik

Tata cara piramida terbalik itu seperti susunan kerangka press release di atas.

  1. Pakailah faktor 5W+1H

Agar apa yang disampaiakan di dalam siaran pers bisa berisi informasi yang lengkap, maka gunakanlah faktor 5W + 1H yakni:

What (apa) bermakna informasi apa yang hendak kita sampaikan,
When (kapan) bermakna kapan kegiatan tersebut berlangsung,
Who (siapa) bermakna siapa yang mengadakan kegiatan tersebut,
Where (dimana) bermakna dimana kegiatan tersebut dilakukan,
Why (mengapa) bermakna mengapa kegiatan tersebut dilakukan,
How (bagaimana) bermakna bagaimana detail kegiatan itu dilaksanakan.

Tidak ada aturan khusus penggunaan faktor harus sesuai urutan di atas. Bisa juga penjelasannya disampaikan dalam beberapa paragraf.

  1. Berilah tambahan gambar ilustrasi

Penambahan gambar ilustrasi dapat membuat tulisan lebih menarik. Selain itu gambar juga dapat menambah informasi terkait kedalaman materi yang disampaikan. Misalnya pihak Honda merilis produk sepeda motor terbaru, maka akan lebih bagus jika tulisannya diberi tambahan foto sepeda motornya atau misalnya Bapak Walikota merilis jumlah penerima bantuan, maka lebih bagus apabila diberi foto bapak walikotanya atau gambar lainnya yang bisa mewakili.

Contoh press realease produk

Neomax A1, Smartphone terbaru dari Opaphone dengan spek dewa! Tidak membuat boncos

Jakarta, 10 Desember 2022 – Menyambut tahun baru 2023, pabrikan smartphone Opaphone meluncurkan smartphone seri A terbaru yakni Neomax A1 yang mengusung fitur canggih dan modern. Rencananya seri ini akan mulai ada di outlet resmi tanggal 27 Desember 2022 dan siap merebut hati pecinta smartphone berteknologi modern.

Neomax A1 menawarkan layar ukuran 6,4 inchi dengan memori RAM 6 GB dan ROM 128 GB membuat seri ini sangat nyaman digunakan untuk bermain game. Terlebih adanya dukungan baterai kapasitas besar 6000mAH dan prosesor Mediatek Helio G80 membuatnya menjadi pilihan utama dikelas harga Rp 2.000.000.

Dengan dukungan Quad camera 48 MP, f/1.8, (wide); 8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth) Perekaman video 1080p@30fps membuat hasil foto dan videomu menjadi lebih berwarna.

Kunjungi website kami www.opaphone.com/promo23 untuk mendapatkan harga penawaran terbaik!. Jangan sampai ketinggalan, stok promo tahun baru sangat terbatas!.

Kontak Media:
Prayetno (Public Relations Officer)
Email: prayetno@opaphone.com
HP: 0123456789

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.