Visi dan Misi

Pada halaman ini kita akan mempelajari tentang pengertian visi dan misi menurut para ahli serta contoh visi dan misi yang digunakan oleh organisasi dan perusahaan. Pembahasan ini sangatlah penting, mengapa?, karena dua hal ini merupakan “roh” bagi sebuah organisasi, lembaga maupun perusahaan.

Berbicara mengenai visi misi, dua hal ini seringkali dijadikan menjadi sebuah kebanggan dan identitas suatu lembaga, organisasi atau perusahaan. Selain dapat menunjukan sisi profesionalitas, melalui visi misi ini pula sebuah lembaga akan dapat diketahui dengan jelas tujuan apa saja yang ingin dicapai serta proses maupun langkah apa saja yang sedang dan akan dilakukan. Dengan kata lain, secara umum visi dan misi merupakan sebuah konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan yang harus dilakukan guna mencapai tujuan yang dicita-citakan.

A. Pengertian visi dan misi

Dalam hal ini, Wibisono (2006) menjelaskan bahwa

visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.

Di dalam sebuah visi selain terdapat cita-cita juga terdapat unsur lainnya seperti aspirasi, gambaran kebutuhan di masa depan dan nilai-nilai yang dibawa oleh sebuah organisasi atau perusahaan.

Mengingat pentingnya sebuah visi ini, maka sebuah visi bukan hanya sebagai “roh” organisasi atau perusahaan saja melainkan juga sebagai sebuah harapan yang ingin diraih. Apa jadinya bila sebuah organisasi atau perusahaan tidak memiliki “roh” dan harapan, apakah Anda bisa membayangkannya?. Hal inilah yanga membuat suatu visi menjadi faktor yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan terutama untuk menjamin eksistensi dan kesuksesannya dalam jangka panjang.

Oleh karena orientasi sebuah visi adalah tujuan masa depan dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini menyebabkan sebuah visi tidak dapat diterangkan secara detail terkait keseluruan sistem yang dituju. Selain itu, kesulitan dalam mendetailkan sebuah visi juga dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang perubahannya sulit diprediksi selama jangka waktu tersebut.

Bagaimana dengan misi?

Seperti yang dikutib oleh Wibisono (2006), Wheelen berpendapat bahwa

Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

Jadi dengan kata lain, misi merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan agar dapat mewujudkan visi.

Dalam upaya meuwujudkan visi, sebuah organisasi atau perusahaan acapkali mengalami kesulitan. Jika hal ini terjadi, maka yang harus dirubah adalah misinya bukan visinya. Misi harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, dengan kata lain bisa dikompromikan. Selain itu, misi juga harus bersifat jelas agar bisa disusun langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan.

B. Contoh visi dan misi perusahaan atau organisasi.

1. Visi dan misi OSIS

Visi:

Menjadikan SMA yang bekwalitas, mendidik, aktif, inovatif, berkhlak mulia dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa

Misi:

  • Melaksanakan pembinaan rohani dan kegiatan-kegiatan keagamaan.
  • Menumbuhkan rasa kekeluargaan dan sikap saling bekerjasasama.
  • Melanjutkan program OSIS belum berjalan di kepengurusan yang lalu.
  • Menampung dan menindaklajuti segala aspirasi siswa.

2. Visi dan misi sekolah

Visi:

Menjadi sekolah pencetak generasi muda yang cerdas, pintar dan berkhlak mulia

Misi:

  • Meningkatkan kwalitas kegiatan belajar mengajar.
  • Menyediakan fasilitas penunjang yang baik dan modern.
  • Meningkatkan keunggulan dengan nilai yang ter-akreditasi.
  • Mewujudkan pendidikan berkewirausahaan.
  • Menjalankan proses pendidikan yang jujur serta mengedepankan kwalitas dalam proses.

3. Visi dan misi Bank

Visi:

Menjadi Bank kebanggaan masyarakat yang unggul dan terdepan dalam kinerja dan layanan.

Misi:

  • Meningkatkan kepedulian sosial ekonomi masyarakat.
  • Memberikan layanan dengan prima dan solusi.
  • Menciptakan nilai investasi unggul

4. Visi dan misi Siswapedia

Visi:

Menjadi situs informasi pendidikan dan pengetahuan umum terbesar di Indonesia

Misi:

  • Memberikan informasi dan pengetahuan gratis kepada masyarakat.
  • Memberikan informasi dan pengetahuan yang akurat, tepat dan terpercaya.
  • Memberikan materi berkwalitas dengan sajian yang user friendly.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan