Unsur-Unsur Interpretasi Citra

Tingkat keberhasilan penggunaan sistem penginderaan jauh dapat dinilai dari seberapa besar pengenalan terhadap objek pada citra. Pengenalan atau identifikasi sebuah objek pada citra sangatlah penting dan ini merupakan tahap awal sebelum menuju ke tahapan analisis. Dan jika tidak bisa dianalisis, maka kita tidak akan bisa memecahkan permasalahan yang ada, dengan kata lain ini akan menjadi tidak berguna sama sekali.

Nah, unsur-unsur interpretasi citra dapat kita bagi menjadi beberapa unsur sebagai berikut.

a. Rona merupakan tingkat gelap atau terangnya suatu objek pada citra.

b. Bentuk merupakan pengenalan objek pada citra melalui bentuk. Misalnya sekolah jika dilihat dari atas pada umumnya akan berbentuk seperti huruf L, U atau I.

c. Ukuran merupakan ciri dari sebuah objek pada citra. Misalnya tinggi, lebar, panjang dll. Misalnya lapangan sepak bola akan terlihat berbentuk persegi panjang.

d. Tekstur merupakan frekuensi perubahan rona pada citra. Misalnya kasar, sedang, halus. Misalnya semak-semak akan terlihat bertekstur halus pada gambar.

e. Susunan keruangan atau pola merupakan ciri yang menandai banyaknya objek buatan manusia dengan objek alami. Misalnya rumah penduduk yang bentuk dan ukurannya sama pada umumnya merupakan perumahan.

f. Situs merupakan letak suatu objek terhadap objek lain di sekitarnya. Misalnya suatu pemukiman pada umumnya akan dekat dengan jalan raya atau aliran sungai.

g. Bayangan memiliki sifat menyembunyikan objek yang berada di daerah gelap. Misalnya cerobong asap akan mudah dikenali jika ada bayangan.

h. Asosiasi merupakan keterkaitan antara objek yang satu dengan objek lainnya. Misalnya stasiun kereta api berkaitan dengan adany rel kereta api.

Pengenalan sebuah objek pada citra sangatlah penting apalagi di dalam dunia militer. Misalnya saja sebuah pesawat tanpa awak melakukan pemotretan udara untuk melihat gerakan separatis di dalam hutan, jika penganalisisan hasil citranya salah, maka ini akan menjadi salah sasaran terlebih jika pesawat tersebut dimuatin senjata bom, ini sangat berbahaya. Untuk itu, pengenalan terhadap objek melalui unsur-unsur interpretasi citra sangatlah penting.

Skema unsur-unsur interpretasi peta

Gambar. Skema unsur-unsur interpretasi peta

Endarto,Danang.2009.Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *