Tumbuhan Biji atau Spermatophyta

       

A. Ciri-ciri tumbuhan biji atau Spermatophyta

Di halaman yang telah lalu, kita telah membahas tentang tumbuhan lumut dan tumbuhan paku. Apakah jenis tumbuhan hanya itu saja? oh tidak, masih ada lagi yaitu tumbuhan biji atau Spermatophyta. Kata Spermatophyta berasal dari bahasa Yunani, “sperma” yang berarti biji dan “phyta” yang berarti tumbuhan. Tumbuhan biji sendiri merupakan jenis tumbuhan yang paling lengkap, baik itu alat-alat di dalam tubuhnya (akar, batang dan daun) maupun alat perkembangbiakannya (bunga dan biji).

Apa saja yang termasuk tumbuhan biji? Tumbuhan biji sangat mudah kita jumpai di lingkungan kita, misalnya mangga, bunga mawar, jagung, jambu, pepaya dan sebagainya. Coba kalian amati salah satu tanaman jenis ini, pasti mereka memiliki bunga, daun, biji, batang yang fungsinya sangat jelas.

Akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral-mineral yang ada di dalam tanah, selain itu akar juga berfungsi mengokohkan tegaknya suatu batang pohon. Pada umumnya, akar akan tumbuh dan berkembang di dalam tanah. Pada tumbuhan tingkat tinggi, terdapat dua jenis akar yakni akar tunggang dan akar serabut. Bagaimana dengan batang dan daun?, batang merupakan bagian dari tanaman yang fungsinya menyimpan cadangan makanan dan menghubungkan antara daun yang memproduksi makanan dengan akar yang mensuplai nutrisi dan air dari dalam tanah. Sedangkan daun yang mengandung klorofil merupakan tempat memproduksi makanan melalui proses fotosintesis. Selain itu, daun juga merupakan tempat terjadinya tranpirasi.

Lalu bagaimana dengan bunga dan biji? Bunga bagi tumbuhan biji atau Spermatophyta merupakan sesuatu yang vital karena ini merupakan organ perkembangbiakannya. Pada bunga, alat kelamin betinanya berupa putik sedangkan alat kelamin jantan berupa benang sari. Bila serbuk sari jatuk di kepala putik, maka akan terjadi penyerbukan lalu pembuahan yang menghasilkan zigot.

Zigot kemudian akan berkembang menjadi embrio baru dan akan menjadi individu baru. Bakal buah dan bakal biji juga mengalami perkembangan yang sama dimana bakal buah akan menjadi buah sedangkan bakal biji akan menjadi biji. Begitu seterusnya.

bagian-bagian bunga

Bagian-bagian bunga (Sumber: www.kajianteori.com)

Nah, selain alat kelamin, bagian organ bunga juga ada yang menjadi perhiasan bunga yakni mahkota bunga dan kelopak bunga. Mahkota bunga pada umumnya berwarna mencolok, ini berfungsi menarik perhatian serangga sehingga dari peran serangga inilah kemudian terjadilah penyerbukan. Sedangkan kelopak bunga (bewarna hijau) berfungsi melindungi bagian di dalamnya ketika mahkota bunga berbentuk kuncup.

Lalu, apa saja macam-macam Tumbuhan Biji atau Spermatophyta ? nah, kita akan membahas pada halaman selanjutnya. Anda bisa mengeceknya di daftar isi Biologi Bab 8 Dunia Tumbuhan.

[color-box]Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.
Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.[/color-box]

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *