10 Pilar Demokrasi Menurut Amien Rais

       

10 pilar demokrasi menurut Amien Rais yaitu:

a. Adanya partisipasi rakyat dalam pengambilan keputusan

Dalam sistem demokrasi, perwakilan rakyat dalam mengambil keputusan diwakilkan oleh yang namanya wakil-wakil rakyat. Oleh karena itu diperlukan pemilihan umum secara jujur, adil, transparan dan bersih agar diperoleh sosok wakil rakyat yang bisa menjadi representatif dari rakyat itu sendiri (Baca juga: Pengertian Demokrasi).

b. Adanya persamaan kedudukan di depan umum

Hukum harus berlaku sama disetiap warga negara baik itu dari kalangan pejabat, rakyat jelata maupun perangkat penegak hukum itu sendiri. Meskipun setiap orang memiliki strata yang berbeda-beda, tapi tetap diperlakukan sama di depan hukum yang berlaku.

c. Pendistribusian pendapatan secara adil

Sebuah sistem demokrasi harus memiliki keadilan ekonomi yang diwujudkan dalam pembagian pendapatan secara adil.

d. Adanya persamaan dalam memperoleh pendidikan

Penyelenggara negara harus menyediakan fasilitas dan kesempatan yang sama kepada setiap warga negara dalam memperoleh pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk mewujudkan kemajuan suatu bangsa.

e. Adanya kebebasan

Kebebasan merupakan hal yang sangat penting dalam menunjukkan derajat demokrasi karena merupakan hal terpenting dalam hak asasi manusia. Kebebasan yang diberikan meliputi kebebasan berpendapat, kebebasan pers, kebebasan beragama dan kebebasan berkumpul. Namun kebebasan ini masih dalam koridor sesuai peraturan yang berlaku, dengan kata lain tidak ada kebebasan mutlak.

f. Adanya keterbukaan informasi

Informasi terbuka harus disediakan untuk rakyat untuk mengetahui kwalitas wakil rakyatnya, jadi disini ada transparasi publik. Transparasi publik bisa berupa kebijakan politik, peraturan baru dll namun tetap saja masih ada batasannya. Dengan kata lain tidak transparan mutlak melainkan ada bagian tertentu yang bukan untuk konsumsi umum dan menjadi bagian dari rahasia negara, misalnya terkait intelegen dan militer (Baca juga: Macam-Macam Budaya Politik).

g. Terciptanya etika politik

Etika politik merupakan sebuah aturan yang tidak tertulis namun efeknya bisa dirasakan oleh hati nurani. Misalnya pejabat yang korupsi harus tahu diri mundur dari jabatan.

h. Kebebasan individu

Setiap individu di masyarakat diberi kebebasan dalam menentukan hidupnya sendiri, memenuhi haknya sendiri dan memiliki ranah privasi seperti yang diinginkan. Namun kebebasan ini hanya berlaku selama tidak mengganggu atau meresahkan orang lain.

i. Adanya semangat kerja sama

Untuk mempertahankan eksistensi sebuah masyarakat, maka perlu ditingkatkannya semangat kerja sama yang dilandasi jiwa kemasyarakatan agar timbul rasa saling menghargai, toleransi dan tenggang rasa.

j. Adanya hak untuk protes

Tidak bisa dipungkiri bahwa terjadinya penyelewengan dan kesalahan pasti terjadi, oleh karena itu perlu adanya hak untuk protes agar penyelewengan ini dapat diluruskan lagi. Hal ini merupakan sebuah usaha pengkoreksian atas sesuatu yang tidak berjalan semestinya.

Setelah mempelajari tentang 10 pilar demokrasi menurut Amien Rais selanjutnya kita akan membahas tentang Prinsip Dasar dan Pilar-Pilar Demokrasi Pancasila.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *