Pengertian Demokrasi

Secara sederhana, pengertian demokrasi berasal dari bahasa Yunani, kata “demos” yang artinya rakyat dan “kratos” yang artinya pemerintah. Bisa diartikan bahwa demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat. Dengan kata lain, demokrasi merupakan prinsip kenegaraan yang memberikan hak kepada rakyat untuk menentukan sendiri nasibnya (Baca juga: Pengertian Demokrasi Pancasila).

Meski demokrasi memberikan hak “kebebasan” kepada rakyat dalam ikut serta mengelola pemerintahan namun rakyat tetap harus mengikuti aturan atau kaidah-kaidah yang telah berlaku yang menjadi prinsip demokrasi (Baca juga: Prinsip Demokrasi Pancasila).

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

1. Demokrasi menurut Abraham Lincoln

Menurut Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

2. Demokrasi menurut kamus bahasa Indonesia

Pengertian demokrasi menurut kamus adalah pemerintahan oleh rakyat dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan dijalankan langsung oleh mereka atau oleh wakil-wakil yang mereka pilih dalam sistem pemilihan yang bebas.

3. Demokrasi menurut Syeikh Yusuf Al-Qordhawi

Demokrasi merupakan wadah (tempat) bagi masyarakat untuk memilih seseorang yang pantas untuk mengatur segala urusan mereka (masyarakat). Segala sesuatunya dikehendaki oleh masyarakat seperti pemimpinnya bukan dari tokoh yang dibenci, peraturan yang ditetapkan sesuai dengan kehendak masyarakat dimana masyarakat memiliki hak untuk meminta pertanggungjawaban pada para pemimpin tersebut serta masyarakat memiliki hak untuk memecat para penguasa atau pemimpin jika menyeleweng (melanggar aturan).

4. Demokrasi menurut Aristoteles

Demokrasi merupakan suatu kebebasan dimana setiap warga negara dapat saling berbagi kekuasaan di dalam negaranya.

5. Demokrasi menurut H. Harris Soche

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan rakyat. Oleh karena kekuasaan pemerintahannya melekat pada rakyat, maka hal ini juga merupakan hak asasi manusia bagi rakyat untuk mempertahankan, mengatur serta melindungi diri dari setiap paksaan dalam suatu badan yang diserahkan (diamanahi) untuk memerintah.

6. Demokrasi menurut Kranemburg

Demokrasi didefinisikan sesuai dengan pengertian dasarnya yaitu memerintah rakyat.

7. Demokrasi menurut Koentjoro Poerbopanoto

Demokrasi merupakan suatu sistem dimana rakyat (masyarakatnya) harus ikut berpartisipasi dalam (suatu) pemerintahan negara secara aktif.

8. Demokrasi menurut Charles Costello

Demokrasi merupakan suatu sistem politik pemerintahan dan sosial dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum juga merupakan suatu kebebasan bagi warga negara dalam melindungi hak-haknya.

9. Demokrasi menurut Sidney Hook

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana suatu keputusan pemerintah secara langsung ataupun tidak langsung harus didasarkan pada kesepakatan umum (NB: di Indonesia pengambilan kesepakatan umum dengan musyawarah setelah itu di votting) yang diberikan kepada rakyat secara bebas.

10. Demokrasi menurut Prof. Mr. Muhamad Yamin

Demokrasi merupakan suatu dasar dalam pembentukan pemerintahan dan yang ada didalamnya (masyarakat) dalam kekuasaan mengatur dan memerintah dikendalikan secara sah oleh seluruh anggota masyarakat.

11. Pengertian demokrasi menurut International Commission of Jurist

Demokrasi yaitu suatu bentuk pemerintahan dimana hak dalam membuat suatu keputusan politik (harus) diselenggarakan oleh rakyat melalui para wakil yang terpilih dalam suatu proses pemilihan umum.

Syarat Pemerintahan Demokratis

Perkembangan sistem demokrasi sangat cepat bahkan hampir semua negara di dunia ini menggunakan sistem demokrasi. Menurut Miriam Budiardjo, ada syarat-syarat dasar agar pemerintahan yang demokratis dapat tercipta, yakni:

  1. Adanya perlindungan konstitusional yang menjamin hak-hak individu.
  2. Adanya badan kehakiman yang tidak memihak (adil) dan bebas,
  3. Terselenggaranya pemilihan umum,
  4. Adanya kebebasan berpendapat, berserikat/berorganisasi dan beroposisi,
  5. Terselenggaranya pendidikan kewarganegaraan (civic education).

Baca juga: Macam-Macam Demokrasi

[color-box]Surya Saputra, Lukma.2009.Pendidikan Kewarganegaraan 2 : Menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsyanawiyah. Jakarta: PT. Setia Purna Inves.[/color-box]

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *