Protista Mirip Hewan

       

Yang termasuk Protista mirip hewan adalah golongan Protozoa. Protozoa merupakah makhluk hidup yang dapat hidup di air asing, air tawar, di dalam jasad yang telah mati ataupun di dalam tubuh makhluk yang masih hidup. Apa ciri-ciri protozoa?, Nah, ciri-ciri protozoa dapat kita bedakan dalam dua macam yakni ciri-ciri secara morfologi dan fisiologi.

A. Ciri-Ciri Protozoa
a. Ciri morfologi Protozoa

Protozoa memiliki bentuk fisik yang sangat kecil dan sangat beragam. Ukurannya sekitar 100 sampai 300 mikron. Bentuknya ada yang panjang, lonjong, bulat, persegi empat dan ada pula yang memiliki berbagai bentuk morfologi. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Protista mirip hewan (Protozoa)

Protista mirip hewan (Protozoa). Sumber gambar: enfo.agt.bme.hu

Protozoa merupakan makhluk hidup bersel satu yang sudah memiliki membran inti (eukariota). Beberapa protozoa tidak memiliki alat gerak namun pada umumnya mereka telah memiliki alat gerak yang berupa kaki semu (pseudopodia), bulu cambuk (flagellum) dan bulu getar (cilia). Pada keadaan tertentu, Protozoa dapat membentuk dirinya menjadi kista yang berguna untuk melindungi dirinya dari bahaya lingkungan sekitar, misalnya adanya kadar asam yang tinggi di dalam air, kekeringan atau kondisi dimana bahan makanan sangat minim.

b. Ciri fisiologi Protozoa

Protozoa dapat hidup dalam suhu lingkungan sekitar 36-40°C dengan kondisi lingkungan terbaik berkisar 16-25°C dan kondisi keasaman untuk bisa melakukan proses metabolisme yaitu sekitar pH 6-8.

Sebagian besar protozoa memiliki zat hijau daun (klorofil) sedangkan sebagian kecil lainnya tidak memilikinya. Untuk protozoa yang memiliki klorofil, mereka dapat mendapatkan makanan dari proses fotosintesis sedangkan untuk protozoa yang tidak memiliki klorofil, mereka mendapatkan makanannya melalui melalui membran sitoplasma. Ini seperti halnya yang terjadi pada pada bakteri (Baca juga: Bentuk, Ukuran dan Struktur Bakteri ).

Ada juga protozoa yang mendapatkan makanannya dengan cara memakannya mentah-mentah, misalnya memakan bakteri atau ganggang. Makanannya dimasukan ke dalam mulut kemudian dicerna di dalam vakuola oleh enzim-enzim hingga nutrisi dalam makanan tersebut dapat dicerna oleh protozoa. Sisa pencernaan ini sebagian akan dibuang saat vakuola membuka, tapi ada juga pembuangan yang dilakukan melalui anus.

Protozoa yang hidup sebagai parasit pada umumnya merugikan inangnya, akan tetapi ada pula yang menjalin hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan), misalnya protozoa di dalam perut rayap yang ikut membantu dalam mencerna kayu yang dimakan oleh rayap (Baca juga: Ciri-ciri Protista ).

B. Reproduksi Protozoa

Protozoa dapat berkembang biak dengan cara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual dilakukan melalui proses pembelahan biner. Sedangkan reproduksi seksual dilakukan dengan cara penyatuan sel generatif (sel gamet) atau dengan penyatuan inti sel vegetatif. Nah, proses reproduksi seksual dengan penyatuan inti vegetatif ini dinamakan sebagai konjugasi.

C. Penggolongan Protozoa

Berdasarkan alat geraknya, protozoa dapat digolongkan menjadi empat macam golongan yaitu:

  • Rhizopoda atau Sarcodina (Berkaki Semu), misalnya Amoeba proteus.
  • Kelompok Flagellata atau Mastigophora (Bercambuk), misalnya Trypanosoma gambiense.
  • Kelompok Ciliata (Berambut Getar), misalnya Paramaecium, Didinium, Stentor dan Vorticella.
  • Kelompok Sporozoa (Penghasil Spora), misalnya Plasmodium.

Nah, terkait pembahasan tentang macam-macam protozoa, lebih lanjut akan kita bahas pada artikel berjudul Klasifikasi Protozoa (Anda bisa melihatnya di Biologi Bab 05 Protista) karena di halaman ini kita hanya membahas protista mirip hewan atau protozoa secara umum saja.

[color-box]Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.
Sumber gambar diambil dari situs www.sciencebooth.com diakses tanggal 7 Agustus 2015.
Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.[/color-box]

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Koni berkata:

    Mantap..Lengkap juga materinya disini.
    Thanks Admin. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *