Ciri-Ciri Protista

Sebelum membahas tentang ciri-ciri protista alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu -apa itu protista?- karena kami yakin bahwa diantara pengunjung siswapedia pasti ada yang belum paham tentang protista. Setuju?, oke kita akan membahasnya.

Cobalah amati aliran sungai atau danau yang jernih pasti warnanya agak kehijau-hijauan, iya kan?. Cobalah ambil setetes airnya lalu kamu teteskan pada kaca yang bersih dan lihatlah menggunakan mikroskop cahaya. Apa yang akan terlihat?, yah Anda akan melihat mikroorganisme yang sangat sederhana melayang-layang di dalam air. Ada yang bergerak lambat, sangat cepat bahkan ada yang diam saja. Bentuk mikroorganismenya pun bermacam-macam, ada yang persegi, bulat, lonjong dan sebagainya.

Macam-Macam Protista

Macam-Macam Protista

Nah, melihat organisme tersebut para ahli tumbuhan kemudian menggolongkannya sebagai tumbuhan karena setelah dipelajari makhluk hidup ini memiliki klorofil. Tapi menurut para ahli hewan justru menggolongkannya ke dalam salah satu jenis hewan karena makhluk hidup ini bisa bergerak bebas bahkan memiliki bintik mata. Loh, bagaimana ini, mana yang benar?.

Adanya perbedaan penggolongan ini kemudian para ahli sepakat untuk mengambil jalan tengah yaitu menggolongkan makhluk hidup tersebut ke dalam kingdom tersendiri yaitu Protista. Kata Protista diambil dari bahasa Yunani yaitu “Protos” yang berarti pertama dan “kritos” yang berarti menyusun. Jadi protista merupakan makhluk hidup yang bukan tumbuhan, bukan hewan dan bukan jamur. Protista diperkirakan telah ada sekitar 1 hingga 2 miliar tahun yang lalu.

Lalu, apa sajakah ciri-ciri Protista itu?

Ciri-ciri protista diantaranya:

  • Protista ada yang bersel satu (uniseluler), tapi ada juga yang bersel banyak (multiseluler).
  • Sel protista besifat eukariotik (sudah memiliki inti sel).
  • Protista bukan hewan, tumbuhan atau jamur, tapi hanya mirip saja atau menyerupai.
  • Pada umumnya protista bersifat aerobik dimana untuk proses respirasinya menggunakan mitokondria, tapi ada juga protista yang mampu memproduksi makanannya sendiri.
  • Protista yang mampu menghasilkan makanannya sendiri, maka makanannya dihasilkan dari proses fotosintesis sehingga menghasilkan nutrisi yang bersifat fototropik, heterotropik atau keduanya.
  • Protista memiliki flagela atau cilia.

Dimanakah tempat hidup protista?

Protista hidup di tempat-tempat yang basah atau lembab misalnya dasar air sungai, air laut, air danau, tanah bahkan ada yang hidup di dalam jaringan tubuh makhluk hidup yang lain. Protista dapat hidup sebagai saprofit, parasit atau bersimbiosis dengan makhluk lainnya.

Bagaimana cara protista berkembangbiak?

Protista dapat berkembangbiak melalui proses aseksual dan seksual. Pada proses aseksual, protista dapat membelah diri yaitu misalnya dengan pembelahan biner. Sedangkan pada cara seksual, maka akan ada penyatuan dua gamet.

Secara seksual, perkembangbiakan pada protista dapat dibedakan menjadi tiga macak yakni isogami, oogami dan anisogami.

  • Isogami merupakan penyatuan dua gamet yang dapat bergerak atau motil yang sama baik bentuk dan ukurannya.
  • Oogami merupakan penyatuan dua gamet yang tidak bergerak atau inmotil yang berbeda baik ukuran dan bentuknya.
  • Anisogami merupakan penyatuan dua gamet yang bergerak atau motil yang berbeda baik ukuran dan bentuknya.

Oleh karena banyak para ahli menemukan protista yang mirip tumbuhan, mirip hewan dan mirip jamur baik sifat maupun ciri-cirinya, maka kemudian dibagilah protista menjadi tiga golongan yaitu protista mirip tumbuhan, protista mirip hewan dan protista mirip jamur.

Nah, di halaman ini kita hanya akan membahas ciri-ciri protista saja sedangkan tiga golongan protista di atas akan kita bahas pada halaman selanjutnya. Anda bisa mengeceknya di daftar isi yaitu Bab 5 Protista (Baca juga: ciri-ciri jamur dan ciri-ciri animalia).

[color-box]Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.
Sumber gambar diambil dari situs www.clickescolar.com.br diakses tanggal 7 Agustus 2015.
Sulistyorini, Ari.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta:PT. Balai Pustaka.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan