Ciri-Ciri Animalia

Ciri-ciri animalia atau dunia hewan secara umum dapat kita lihat dengan mudah sehingga bisa kita golongkan secara terpisah dari makhluk lainnya yang tinggal di bumi ini. Nah, bagaimana ciri-ciri dunia hewan ini? adalah sebagai berikut.

Burung merupakan salah satu jenis hewan yang tinggal di bumi

Gambar. Burung merupakan salah satu jenis hewan yang tinggal di bumi (Foto: Siswa Team)

1. Hewan merupakan organisme eukariota (memiliki membran inti), heterotrofik (tidak mampu membuat makanan sendiri) dan multiseluler (memiliki banyak sel). Dalam memenuhi kebutuhan makanan, hewan akan memasukan ke dalam tubunya yang berupa bahan-bahan organik, organisme lainnya atau bahan organik lainnya yang telah diurai yakni dengan cara menelannya atau memakannya. Makanan ini kemudian dicerna oleh sistem pencernaannya. Hal ini sangat berbeda dengan penyerapan nutrisi autotrofik yang terjadi pada tumbuhan.

2. Kita mengenal jika pada tumbuhan atau jamur terdapat dinding sel yang menyokong tubuh tumbuhan sehingga menjadi kuat dan kaku. Nah, pada sel-sel hewan ini tidak terdapat dinding sel seperti pada tumbuhan, yang ada adalah komponen protein struktural kolagen dimana menjadi komponen terbesarnya.

3. Ciri-ciri animalia yang terunik yaitu terdapat dua jaringan yakni jaringan saraf dan jaringan otot yang dapat menghantarkan impuls ke saraf serta memproses dan memutuskan respon apa yang harus dilakukan terhadap rangsangan. Hal inilah yang menjadikan hewan dapat bergerak secara aktif dengan sendirinya (motile). Kenyataan ini berbeda dengan tumbuhan, mereka tidak memiliki dua jaringan tersebut sehingga tidak mampu bergerak secara aktif.

4. Sebagian besar atau pada umumnya, hewan bereproduksi secara seksual yakni dengan tahapan diploid yang mendominasi siklus hidupnya. Sebagian kecil lainnya bereproduksi secara aseksual.

5. Ciri-ciri animalia selanjutnya yakni saat bernafas pada umumnya hewan memerlukan oksigen (respirasi aerob). Oksigen berfungsi mengikat elektron yang dihasilkan saat pembentukan ATP, ini merupakan sumber energi utama pada hewan. Akan tetapi ada juga sebagian kecil dari hewan yang tidak membutuhkan oksigen (respirasi anaerob).

Kita sebagai manusia pada umumnya sangat mudah untuk menggolongkan atau “memisahkan” hewan dengan makhluk lainnya secara umum. Dengan kata lain yakni dengan melihat ciri-ciri animalia yang ada, kita dapat dengan mudah menandainya. Akan tetapi, menjadi sangat sulit tatkala kita akan menggolongkan antar sesama hewan. Mengapa? karena dunia hewan penuh keaneragaman dimana dilain sisi penuh pula kesamaannya. Untuk itu, ilmuwan mencoba melakukan klasifikasi hewan sesuai persamaan dan perbedaannya (Baca juga: Klasifikasi makhluk hidup).

[color-box]Anshori, Mochammad dkk.2009.Biologi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)-Madrasah Aliyah (MA) Kelas X. Bandung: CV. Acarya Media Utama.[/color-box]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *