Pengerian dan Tahapan Katabolisme

Pengerian dan Tahapan Katabolisme – Di dalam suatu makhluk hidup termasuk organisme pasti terjadi yang namanya perubahan kimia pada tingkat sel tubuhnya seperti metabolisme.

Metabolisme dapat dibedakan menjadi dua yaitu anabolisme dan katabolisme. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas lebih mendetail terkait katabolisme yang dapat Anda simak dalam uraian berikut.

Pengertian Katabolisme

Suatu reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang dibantu oleh enzim disebut sebagai reaksi katabolisme. Reaksi ini sangat berbeda dengan anabolisme yang mana dalam anabolisme membutuhkan energi.

Sedangkan untuk proses reaksi katabolisme malah menghasilkan energi yang dapat digunakan oleh organisme dalam bentuk ATP untuk dapat melakukan aktivitas.

Dari pengertian katabolisme yang telah disebutkan, terdapat beberapa contoh reaksi katabolisme yang berlangsung di dalam tubuh yaitu nasi yang Anda makan dalam setiap harinya.

Di dalam nasi terdapat karbohidrat yang diubah menjadi energi untuk digunakan dalam reaksi katabolisme dalam bentuk ATP.

Reaksi katabolisme memiliki dua fungsi, yaitu untuk menyediakan bahan baku yang digunakan dalam sintesis molekul lain, dan untuk menyediakan energi kimia yang dibutuhkan dalam aktivitas sel.

Tahapan Katabolisme

1. Glikolisis

Glikolisis merupakan proses perubahan glukosa menjadi asam piruvat serta ATP tanpa memerlukan oksigen. Dengan kata lain glikolisis merupakan suatu reaksi biokimia yang mana glukosa di oksidasi menjadi molekul asam piruvat. Dapat diartikan juga bahwa glikolisis merupakan suatu proses metabolisme yang terjadi dalam banyak jenis sel pada hampir semua makhluk hidup.

Dalam proses glikolisis yang terjadi, energi yang dihasilkan lebih sedikit apabila dibandingkan dengan proses oksidasi aerobik yang terjadi sempurna. Di mana energi yang tersebut tersimpan dalam senyawa organik seperti adenosisne triphosphate atau seringkali disebut dengan istilah NADH dan ATP.

2. Siklus Krebs

Tahap kedua dari respirasi aerob yang mana merupakan bagian dari proses katabolisme adalah siklus krebs. Siklus krebs disebut juga dengan siklus asam sitrat yang diawali dengan adanya dua molekul asam piruvat dibentuk dalam glikolisis yang meninggalkan sitoplasma masuk ke dalam mitokondria.

Tahapan Siklus Krebs yang diterbitkan dalam artikel berjudul pengertian dan tahapan katabolisme
Tahapan Siklus Krebs

Asam piruvat tersebut kemudian masuk ke dalam siklus krebs setelah berikatan dengan NAD+ dengan Ko-A atau ko-enzim A yang kemudian membentuk asetil Ko-A. dalam hal ini NADH serta CO2 dilepaskan.

Dalam prosesnya yang begitu panjang, dapat dikatakan bahwa siklus krebs adalah suatu tahap kedua pada respirasi aerob yang memiliki tiga fungsi seperti menghasilkan ATP, FADH2, NADH dan membentuk lagi oksaloasetat. Oksaloasetat tersebut dalam siklus krebs menghasilkan 2 ATP, 2FADH, dan 6NADH.

Baca juga: Pengertian enzim dan cara kerjanya

3. Transport Elektron

Satu-satunya dari reaksi katabolisme yang menghasilkan karbon dioksida adalah transport elektron. Transport elektron tersebut terjadi pada membran mitokondria yang berakhir setelah elektron dan juga H+ bereaksi dengan oksigen yang memiliki fungsi untuk membentuk H2O. energi dalam bentuk ATP pada tahap ini sebanyak 32 ATP.

Hasil akhir dari transport elektron yaitu terbentuknya H2O sebagai hasil sampingan serta 32 ATP. Hasil sampingan tersebut selanjutnya akan dikeluarkan ke luar tubuh, apabila pada tumbuhan akan dikeluarkan melalui stomata serta akan dikeluarkan melalui paru-paru apabila pada pernapasan hewan tingkat tinggi.

4. Fosforilasi Oksidatif

Suatu lintasan metabolisme yang memerlukan energi adalah fosforilasi oksidatif, yang mana energi tersebut akan dilepaskan oleh oksidasi nutrient yang menghasilkan ATP serta selanjutnya akan mereduksi gas oksigen untuk diubah menjadi air.

Baca juga: Karakteristik padang rumput

5. Dekarboksilasi Oksidatif

Suatu proses perubahan piruvat menjadi asetil koenzim-A disebut dengan dekarboksilasi oksidatif atau yang seringkali disingkat dengan DO. Yang mana proses tersebut terjadi di luar membran mitokondria sebagai yang terjadi sebelum siklus krebs. Sehingga dekarboksilasi oksidatif seringkali dimasukkan dalam siklus krebs.

Nah, bila ada pertanyaan terkait Pengerian dan Tahapan Katabolisme bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka

Campbell. (2008). Biologi Jilid 1 Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Suharsono dan Egi Nuryadin. (2018). Biologi Sel. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Suharsono dan Popo Mustofa K. (2017). Biologi Umum. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *