Manfaat m Banking

manfaat m banking
manfaat m banking

M banking merupakan aplikasi smartphone milik perbankan yang dibuat sebagai pengganti sebagian besar peran ATM sehingga nasabah yang ingin melakukan transaksi cukup bisa dilakukan dari genggaman, tak perlu datang ke ATM atau ke kantor bank.

Untuk bisa mengakses berbagai manfaat m banking kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu melalui kantor cabang terdekat. Diperlukan sedikit proses administrasi dan penginstalan aplikasi di smartphone sebelum bisa digunakan sepenuhnya.

Costumer servise akan memberikan panduan hingga kita memiliki user ID, password, nomor PIN dan kode OTP. Jangan berikan informasi identitas ini kepada siapapun bahkan kepada pegawai bank karena ini bersifat pribadi.

Manfaat m Banking

Berikut beberapa manfaat mobile banking untuk para nasabah

Terjaminnya keamanan akun

Secara umum, aplikasi m banking relatif aman hingga saat ini karena terdapat perlindungan secara berlapis.

Developer aplikasi akan selalu melakukan pembaruan aplikasi secara berkala. Kita bisa melihat pembaharuan melalui aplikasi Play Store yang merupakan aplikasi bawaan dan telah terinstal otomatis di smartphone android.

Yang terpenting sebagai pengguna, kita harus selalu mengecek keamanan smartphone, tidak asal menginstal aplikasi yang tidak resmi dan tidak sembarang menggunakan saluran internet bersama atau Wifi untuk melakukan transaksi keuangan.

Transaksi bank lebih fleksibel

Kita bisa melakukan transaksi bank melalui genggaman, cukup dengan pegang smartphone lalu buka aplikasi m banking, maka kita bisa melakukan transaksi misalnya mengirim uang ke orang lain. Semua traksaksi lebih praktis dan mudah.

Pastikan koneksi internet yang digunakan lancar dan cepat karena kwalitas koneksi internet yang digunakan sangat mempengaruhi kinerja aplikasi.

Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja

Berbeda dengan layanan kantor cabang yang memiliki jam buka-tutup atau ATM yang tidak bisa digunakan apabila sedang mengalami perbaikan, aplikasi m banking bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama kita memiliki koneksi internet yang stabil.

Hampir tidak pernah terjadi sebuah mobile banking mengalami error yang mengakibatkannya tidak bisa digunakan. Sebuah aplikasi perbankan yang sangat penting pasti memiliki backup data server berlapis diberbagai tempat

Tidak adanya biaya aplikasi

Penggunaan aplikasi m banking tidak memerlukan biaya alias gratis. Kita baru akan dikenakan biaya apabila melakukan transaksi terutama menyangkut pihak ketiga, misalnya membeli pulsa, token, membayar BPJS Kesehatan dan sebagainya.

Untuk mengecek riwayat transaksi, melihat saldo dan melakukan transfer uang ke bank yang sama biasanya gratis atau tidak dikenakan biaya.

Banyaknya fitur layanan

Terdapat banyak fitur layanan dalam aplikasi mulai dari cek saldo, riwayat transaksi hingga berbagai transaksi dengan pihak ketiga.

Meskipun mobile banking memiliki beberapa manfaat namun untuk pengambilan uang bank secara cash, kita tidak bisa melakukannya melalui mobile banking. Kita hanya bisa melakukan melalui ATM, kantor cabang atau toko agen/mitra bank.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *