Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya

       
Makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia

Gambar. Makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia

Setiap manusia dalam kehidupan ini tidak bisa terlepas dari kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan kebutuhan itu sendiri sangat beragam dimana antara manusia yang satu dengan manusia yang lain bisa berbeda. Namun pada dasarnya ada juga jenis kebutuhan yang sama, misalnya kebutuhan hidup dimana setiap manusia membutuhkan udara agar bisa bernapas, manusia membutuhkan air untuk minum dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa sering kali dalam kehidupan, kita dihadapi dengan persoalan kebutuhan yang lebih dari sekedar hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan bisa saja disebabkan karena manusia mengikuti gaya hidup, misalnya memiliki ponsel yang mahal/mewah yang bukan hanya sekedar untuk berkomunikasi, tapi supaya bisa untuk bergaya dalam kehidupan sosial atau memiliki mobil mewah keluaran terbaru dan sebagainya. Hal-hal yang semacam inilah yang menyebabkan hidup manusia menjadi tertekan karena serba dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bila tekanan hidup tidak mampu diatasi, bisa membuat manusia menjadi stres (gila) atau melakukan tindakan kriminal. Untuk itu, perlu pemahaman tentang kebutuhan mana yang intensitas penggunaannya sehingga manusia bisa memilah dan memilih sesuai dengan kadar kemampuannya masing-masing.

Macam-macam kebutuhan menurut intensitas kegunaannya ini bisa kita golongkan menjadi tiga yakni kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

a. Kebutuhan primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok atau utama yang harus dipenuhi jika tidak, maka akan mengancam kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer juga dikatakan sebagai kebutuhan minimal sebagai makhluk hidup misalnya kebutuhan pangan, pakaian, rumah, kesehatan, keamanan dll.

b. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer. Kebutuhan ini baru terpenuhi setelah manusia mampu memenuhi kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder bisa dinamakan sebagai kebutuhan pelengkap misalnya perabot rumah tangga, handphone, alat transportasi dll.

c. Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan mewah yang bisa dipenuhi manakala manusia telah mampu memenuhi kebutuhan primer dan sekunder. Misalnya perhiasan/aksesoris, mobil mewah, rumah mewah, kapal pesiar pribadi, pesawat pribadi dll.

Pemahaman awal tentang macam-macam kebutuhan menurut intensitas kegunaannya ini sangatlah penting agar manusia bisa menangani serta merencanakan kehidupan ekonominya.

Daftar Pustaka:

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X.Solo: CV Teguh Karya.
Nur Mulyani, Sri dkk.2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta: Cakra Media.
Supriyanto dan Ali Muhson.2009. Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *