Definisi Sistem Informasi

Definisi Sistem Informasi – Pada halaman ini kita akan membahas tentang sistem informasi yang dibagi menjadi dua bagian atau pokok pembahasan yaitu pengertian sistem, pengertian sistem informasi dan pengertian komputer.

A. Definisi Sistem

Secara bahasa sistem berasal dari bahasa Inggris yaitu kata “system” yang berarti susunan atau cara. Selain itu juga, sistem dapat didefinisikan pula sebagai jaringan kerja yang saling berhubungan dan melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu hasil kerja tertentu. Nah, jaringan kerja ini bisa dilakukan oleh serangkaian variabel, unsur atau komponen dimana mereka tidak bisa bekerja secara independen atau sendirian.

Dalam bukunya, Gordon B. Davis (2002) menjelaskan bahwa suatu sistem dapat bersifat abstrak dan bersifat fisis. Sistem yang bersifat abstrak dapat berupa gagasan-gagasan atau suatu konsep-konsep yang disusun secara teratur dan saling berhubungan. Sedangkan sistem yang bersifat fisis dapat berupa unsur-unsur, variabel atau komponen yang saling berinteraksi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

B. Definisi Sistem Informasi

Sebelum membahas tentang definisi sistem informasi alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang pengertian informasi itu sendiri. Apa itu informasi? informasi merupakan kumpulan data-data yang telah mengalami proses analisis atau proses pengolahan. Data-data yang belum diolah biasanya sering kita sebut sebagai data mentah.

Kualitas informasi itu sendiri ada tiga yaitu akurat, tepat waktu dan relefan.

a. Akurat berarti bahwa informasi harus jelas maksudnya, tidak boleh bersifat abu-abu. Informasi harus benar sehingga tidak menyesatkan orang yang akan menerima informasi tersebut.

b. Tepat waktu berarti bahwa informasi harus sampai ke penerima dengan tepat waktu, tidak boleh tertunda. Adanya ketertundaan dapat menyebabkan miskomunikasi.

c. Relevan berarti bahwa informasi memiliki relevansi yang berbeda untuk setiap penerima informasi.

Proses pengolahan data bisa berupa penyimpanan data, analisis data, sintesis data dan pemrosesan data. Nah, di jaman modern ini, proses pengolahan data dapat dilakukan oleh komputer. Misalnya, mengolah data informasi nilai para siswa, mengolah data penjualan barang, mengolah data kependudukan dan sebagainya.

Lalu apa definisi sistem informasi ini?

Berikut pengertian sistem informasi menurut para ahli:

1. Tafri D. Muhyuzir berpendapat bahwa sistem informasi merupakan data-data yang telah dikumpulkan, dikelompokan kemudian diolah menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan bernilai bagi penerimanya.

2. Mc leod berpendapat bahwa sistem informasi merupakan sistem yang berkemampuan dapat mengumpulkan serta mengelompokan informasi dari berbagai sumber dengan menggunakan berbagai media sehingga dapat menampilkan informasi.

3. Lani Sidharta berpendapat bahwa sistem informasi merupakan sistem yang dibuat oleh manusia yang berisi serangkaian komponen terpadu dan manual bagian komponen terkomputerisasi sehingga dapat mengumpulkan dan mengolah data lalu menghasilkan informasi bagi pengguna.

4. Kertahadi berpendapat bahwa sistem informasi merupakan alat yang mampu menyajikan informasi yang berguna bagi penerimanya.

Dalam perkembangannya, sistem informasi dapat dibagi menjadi empat, yakni:

1. Sistem Informasi Tradisional merupakan sistem informasi yang pengelolaannya dilakukan secara semi-manual (belum modern). Oleh karena masih manual, maka pengoperasiannya pun menjadi membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga seringkali pengambilan keputusannya dilakukan berdasarkan asumsi-asumsi atau perkiraan.

2. Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem informasi yang menggunakan komputer. Sistem informasi ini dapat memotong waktu pengoperasian sehingga pengambilan keputusannya bisa cepat dan lebih akurat. Selain itu, dengan menggunakan komputer ini pula dapat memotong jalur birokrasi.

3. Sistem Informasi Berbasis Jaringan Perkantoran merupakan sistem informasi menggunakan komputer yang ditempatkan dibeberapa tempat atau kantor yang berbeda yang kemudian saling dihubungkan (dikoneksikan) sehingga laporannya dapat dilihat secara online.

4. Sistem Informasi Lintas Platform merupakan sistem informasi menggunakan internet yang menghubungkan seluruh komputer di dunia (Baca juga: Sejarah Internet dan Perkembangannya di Dunia ).

C. Definisi Komputer

Sistem informasi erat kaitannya dengan komputer. Komputer memiliki arti yang sangat luas dan banyak diaplikasikan dalam peralatan sehari-hari. Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung. Berikut beberapa pengertian komputer yang dikemukakan oleh beberapa ahli (Baca juga: Pengertian Komputer dan Jenis-Jenis Komputer ).

a. V.C. Hamacher, Z.G Vranesic, dan S.G.Zaky berpendapat bahwa komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dapat menghitung data input dengan cepat sesuai program yang tersimpan dalam memorinya sehingga menghasilkan output informasi.

b. Robert H. Blissmer berpendapat bahwa komputer adalah sistem elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, melakukan pemrosesan input, menyimpan data input dan menghasilkan output dibawah pengawasan program-program yang tersimpan di memori.

Nah, setelah sama-sama mempelajari tentang definisi sistem informasi , maka pada halaman selanjutkan kita akan membahas tentang Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi.

[color-box]Supriyadi, Eko dan Muslim Heri Kiswanto.2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *