Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pemahaman terkait definisi teknologi informasi dan komunikasi sangat penting dipahami sebelum kita lebih jauh membahas tentang fungsi dan proses kerja peralatan informasi dan komunikasi itu sendiri. Untuk itu pada halaman ini bersama siswapedia kita akan membahas tiga hal pokok dalam halaman pengantar ini yaitu pengertian atau definisi teknologi informasi dan komunikasi, pemahaman tentang input, proses dan output serta konsep dasar sistem komunikasi.

Apakah definisi teknologi informasi dan komunikasi?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini dalam bukunya, Eko Supriyadi (2009) menjelaskan tentang definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut beberapa ahli yang antara lain sebagai berikut.

1. Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut Haag dan Keen (1996)

Haag dan Keen (1996) mendefinisikan bahwa teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2. Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis

Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis mendefinisikan bahwa teknologi informasi merupakan Suatu sistem yang berada dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan harian, bersifat manajerial, mendukung informasi dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

3. Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut Martin (1999)

Martin mendefinisikanteknologi informasi sebagai suatu teknologi informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

4. Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut William dan Sawyer (2003)

William & Sawyer mendefinisikan bahwa teknologi informasi merupakan teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Nah, dari pendapat para ahli di atas dapat kita simpulkan bahwa teknologi informasi merupakan usaha rekayasa oleh manusia tentang cara atau proses penyampaian informasi agar lebih cepat, tersimpan lama dan dapat menjangkau jarak yang jauh.

Apa yang menjadi dasar dari teknologi informasi ini?

Eko Supriyadi (2009) menjelaskan bahwa yang menjadi dasar dari teknologi informasi ada dua yaitu teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

1. Teknologi komputer

Dalam pemindahan informasi dari pengirim ke penerima, sebuah informasi harus dirubah dulu sesuai dengan medium yang digunakan (medium bisa udara, kabel dll) lalu dirubah kembali kebentuk semula agar mudah dicerna oleh si penerima. Nah, proses pengubahan ini biasa disebut dengan proses pengolahan. Tugas inilah yang kemudian ditangani oleh alat teknologi informasi yang biasanya dinamakan sebagai komputer. Bisa dengan kata lain, komputer ini bertugas dalam mengolah dan menyajikan informasi.

Teknologi berkaitan dengan perangkat komputer dapat mencakup hardware (perangkat keras misalnya keypad, speaker dll) dan software (perangkat lunak misalnya program). Komputer merupakan sebuah mesin yang dikontrol oleh program agar dapat mengolah data menjadi informasi yang diinginkan. Berbicara terkait komputer tentu saja maknanya sangat luas karena penggunaan komputer sudah ada dimana-mana mulai dari komputer PC, laptop, PDA (personal digital assistant), handphone dan sebagainya.

2. Teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi terutama komunikasi dalam jarak yang jauh. Alat teknologi komunikasi bertugas memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Nah, peralatan yang termasuk ke dalam teknologi ini misalnya radio, telegraf, telepon, faksimile, televisi, satelit, telepon seluler serta modem (Ali Muhson, 2009).

Mengenal istilah input, proses dan output

Perlu diketahui bahwa penyampaian informasi dari sumber hingga ke penerima itu melalui sebuah proses yang panjang. Akan tetapi meskipun begitu, yang namanya alat informasi dan komunikasi pasti akan melewati tiga tahap tersebut yakni input, proses dan output. Itulah sebabnya bila kita mempelajari sistem teknologi informasi dan komunikasi pasti tidak akan lepas dari tiga istilah terebut.

1. Input

Input merupakan proses memasukkan informasi yang akan diolah. Apabila kita menggunakan komputer, maka input disini adalah keyboard, camera, recorder dsb.

2. Proses

Proses pengolahan informasi dilakukan di dalam alat teknologi informasi dan komunikasi. Nantinya dari proses ini akan dihasilkan informasi yang siap disajikan kepada penerima. Adapun misalnya dalam komputer proses pengolahan informasi dilakukan di dalam casing (Ali Muhson,2009).

3. Output

Data atau informasi adalah output yang diperoleh setelah proses pengolahan informasi. Nah, output yang nanti dapat kita peroleh dapat berupa gambar, suara maupun teks. Dalam peralatan komputer output ini dikeluarkan menggunakan monitor, printer serta speaker (Ali Muhson,2009).

[color-box]Muhson,Ali.2010.Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X untuk SMA/MA.Klaten:PT.Saka Mitra Kompetensi.
Supriyadi, Eko dan Muslim Heri Kiswanto.2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan