Kelangkaan dan Pilihan Sumber Daya Ekonomi

       
Antri bahan bakar minyak akibat kelangkaan

Gambar. Antri bahan bakar minyak akibat kelangkaan (Sumber: seputarAceh.com)

A. Kelangkaan

Kelangkaan dalam bidang ekonomi bisa disebabkan karena jumlah kebutuhan manusia lebih besar daripada jumlah barang pemuas kebutuhan. Selain karena faktor meningkatnya jumlah populasi manusia, faktor lain yang menyebabkan adanya kelangkaan yaitu rusaknya alam yang menyediakan sumber daya atau memang alam yang menyediakan sumber daya jumlahnya sangat terbatas.

Menurut ilmu ekonomi, kelangkaan mengandung dua makna yaitu:

  • langka karena jumlahnya tidak mencukupi dibandingkan dengan jumlah kebutuhan.
  • langka karena untuk mendapatkannya dibutuhkan pengorbanan.

B. Pilihan

Kelangkaan menyebabkan setiap manusia dituntut untuk bisa berfikir cermat. Oleh karena semua kebutuhan dalam hidup tidak dapat dipenuhi semua, maka mereka harus memilih berbagai alternatif agar dapat tetap memenuhi kebutuhan hidup. Tujuannya tak lebih agar sumber daya ekonomi dapat dimanfaatkan secara effisien dan maksimal oleh manusia.

Adapun pilihan yang harus diambil antara lain pilihan dalam mengkonsumsi dan pilihan dalam memproduksi.

a. Pilihan dalam mengkonsumsi

Sebuah pilihan hendaknya perlu didasari atas pertimbangan yang matang baik dalam segi penggunaan sumber-sumber daya ekonomi maupun dalam segi mengkonsumsi barang-barang yang dihasilkan. Manusia harus mampu memanfaatkan potensi sumber daya ekonomi yang dimilikinya agar mampu mendatangkan manfaat serta kepuasan yang maksimal. Bila dilakukan dengan matang, maka hal ini dapat menentukan kwalitas dan jumlah barang yang nantinya dapat dibeli.

b. Pilihan dalam memproduksi

Pilihan dalam memproduksi pada umumnya harus diambil oleh perusahaan yang memproduksi alat pemuas kebutuhan dan pemerintah. Dalam memproduksi, sebuah perusahaan harus mampu membuat pilihan yang tepat terkait barang apa yang akan diproduksi, alat apa yang harus digunakan serta sumber daya ekonomi apa yang dapat digunakan sebagai bahan baku. Pilihan ini harus diambil oleh produsen agar memperoleh keuntungan secara maksimal dan menekan biaya produksi sekecil mungkin.

Daftar Pustaka:

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X.Solo: CV Teguh Karya.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *