Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya, Sifatnya dan Subjek

Pada halaman ini kita akan mempelajari tentang macam-macam kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, sifatnya dan subjek yang membutuhkannya. Untuk memudahkan dalam pembahasan kita akan bagi menjadi tiga sub bab yaitu kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, kebutuhan menurut sifatnya dan kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya.

A. Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya

Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya dapat kita bagi menjadi empat macam yaitu;

a. Kebutuhan sekarang yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini juga dan jika ditunda-tunda maka akan menuai masalah atau kesulitan yang lebih besar. Misalnya kamar kecil untuk orang yang sembelit/kencing, obat untuk orang sakit.

b. Kebutuhan yang akan datang yaitu kebutuhan yang dapat kita penuhi untuk hari esok. Misalnya tabungan, jas hujan pada musim panas.

c. Kebutuhan yang tidak terduga yaitu kebutuhan yang datangnya tidak terencana alias tidak terduga. Misalnya butuh uang untuk berobat karena kecelakaan.

d. Kebutuhan sepanjang masa yaitu kebutuhan yang selalu dibutuhkan oleh manusia dan tidak ada batasannya. Misalnya kebuhan akan ilmu pengetahuan dan teknologi.

B. Kebutuhan menurut sifatnya

Menurut sifatnya, kebutuhan dapat kita bagi menjadi dua macam yaitu:
a. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang secara langsung dapat dirasakan oleh fisik manusia, misalnya: pakaian, rumah dll.

b. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang secara langsung dapat dirasakan oleh rohani manusia, misalnya: sholat, puasa, rekreasi, hiburan dll.

C. Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya

Menurut subjek membutuhkannya, kebutuhan dapat dibagi menjadi dua macam yakni:

a. Kebutuhan individu yaitu kebutuhan untuk memenuhi kepuasan pribadi seseorang, misalnya petani membutuhkan cangkul, nelayan membutuhkan kapal.

b. Kebutuhan sosial/kolektif yaitu kebutuhan yang digunakan untuk kepentingan bersama, misalnya rumah sakit, masjid, telepon umum.

Daftar Pustaka:

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X.Solo: CV Teguh Karya.
Nur Mulyani, Sri dkk.2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Jakarta: Cakra Media.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *