Beberapa Cara Meningkatkan Air Personality

       

Bagaimana cara meningkatkan air personality ? apa sih pengertian air personality itu ?

Ada beberapa cara meningkatkan air personality untuk seorang pembawa acara. Namun, yang lebih tepat kita pahami dulu apa itu air personality itu.

Air personality merupakan sebuah daya tarik yang muncul atau tercipta karena kemampuan seseorang penyiar menampilkan sesuatu yang khas yang tidak dimiliki oleh orang lain. Sementara menurut Alex Sobur dalam bukunya berjudul Analisis Teks Media menjelaskan bahwa air personality merupakan ekspresi on air pembawa acara yang di dapat dari emosi, pengalaman, dan eksperimen yang terus menerus dari pembawa acara.

Jadi dapat disimpulkan air personality adalah ekspresi on air seorang penyiar yang terbentuk karena proses yang panjang dari latar belakang emosi, pengalaman, percobaan (eksperimen) yang dilakukan secara berulang-ulang, dan terus-menerus.

Dalam menampilkan air personality yang menjadi diri pribadi dan ciri khas tersebut sangat dibutuhkan sisi akrobatik dari diri seorang pembawa acara dengan diri seorang penyiar lain, karena tercipta inovasi-inovasi dari penyiar tersebut.

Menjadi pembawa acara pada acara-acara sosial dapat membantu meningkatkan air personality

Gambar. Menjadi pembawa acara pada acara-acara sosial dapat membantu meningkatkan air personality (Foto: KPPN)

Beberapa Cara Meningkatkan Air Personality

Untuk mendapatkan air personality yang bagus begitu. Ada beberapa hal yang harus dilatih seorang pembawa acara. Berikut Saya paparkan beberapa langkah mengoptimalkan air personality.

Pengetahuan

Sebagai seorang pembawa acara harus memiliki kecakapan menyambungkan kata-kata. Karena pendengar memiliki heterogenitas yang luar biasa. Dimana ada banyak yang latar belakang pendidikannya, tingkat ekonomi, dan tentu saja latar belakang sosialnya berbeda-beda pula.

Disinilah secara otomatis ketrampilan mengolah kata harus diimbangi dengan pengetahuan (knowledge) dalam segala hal. Seorang pembawa acara tidak harus menguasai pengetahuan secara mendalam.

Tapi setidaknya tau hal-hal yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Jadi bisa mengimbangi lawan bicaranya pada saat live talks show.

Adlibbing

Adlibbing merupakan kemampuan berbicara tanpa teks dengan kalimat yang jelas, runut, dan mudah dimengerti. Seorang pembawa acara harus mempunyai kemampuan adlibbing yang baik. Gaya penyampaian (how to say) sangat penting karena akan menjadi kekuatannya dalam menarik pendengar.

Proses Adibbling sangat mutlak dalam menampilkan air personality seorang penyiar karena obyek bahasa akan terpadu dengan improvisasi spontan yang secara refleks akan membentuk nuansa alami.

Untuk mendukung suksesnya proses adlibbing ini, seorang penyiar harus memerhatikan kosakata, pemahaman materi, dan teknik berbicara yang baik.

Ide-Ide Baru

Seorang pembawa acara harus selalu menemukan dan menciptakan ide-ide baru. Tanpa adanya inovasi baru, seorang pembawa acara akan menampilkan sesuatu yang terlihat monoton, dan membosankan dalam suaranya.

Bahkan khalayak pendengar akan bisa menebak apa yang akan dilakukan seorang pembawa acara dari kata-kata yang diucapkannya. Jadi jangan biarkan pendengar menebak apa yang akan kita lakukan pada saat sedang siaran. Seorang pembawa harus memberikan surprise-surprise yang membuat pendengarnya terperanjat keheranan.

Kemampuan Mengolah Individu

Kemampuan mengolah individu merupakan kemampuan diri kita sendiri untuk terus memperkaya kualitas siaran. Dengan selalu belajar dan mencoba menampilkan sisi kreatif kita.

Dalam hal ini dibutuhkan waktu latihan yang lama, dan membutuhkan proses yang panjang untuk mengetahui kemampuan diri dan mencari gaya siaran yang tepat.

Kemampuan Berbahasa

Tugas seorang pembawa acara adalah menyampaikan suatu informasi dan berkomunikasi dengan pendengar melalaui kemampuan berbicaranya (announcing skill) yang dimilikinya. Tanpa dapat berbahasa yang baik seorang penyiar tidak akan menjadi seorang penyiar yang baik pula.

Kemampuan berbahasa dapat dipelajari dengan selalu membaca untuk menambah kosakata yang dimiliki. Dengan mempunyai jumlah kosakata yang cukup banyak, seorang penyiar tidak akan pernah berhenti di tengah jalan dalam menyampaikan informasi kepada pendengar. Jadi saat siaran berlangsung tidak ditemukan kendala sama sekali.

Tips tentang beberapa cara meningkatkan air personality di atas harus dilakukan bagi seorang yang ingin menggeluti dunia jurnalistik terutama bagi yang bekerja sebagai pembawa acara. Cobalah kita melihat secara detail tentang karakter pembawa acara ternama, misalnya Najwa Shihab yang menjadi pembawa acara bertopik serius, Tukul Arwana yang membawa acara bertopik hiburan atau Andy F. Noya yang membawa acara bertopik inspirasi atau sosial masyarakat.

Lutfi Aminuddin

Lutfi Aminuddin merupakan kolumnis dibeberapa media lokal dan nasional. Tulisan Lutfi bisa dijumpai pada Harian Pemalang, Geotime, Hipmee, Pressiwa, Solopos, dan masih banyak yang lainya lagi. Lutfi telah mengeluarkan buku berjudul Negeri Bahagia Skandinavia tahun 2017 yang diterbitkan oleh penerbit Asrifa. Lutfi mengenyan Studi S1 nya di IAIN Purwokerto dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam. Ia juga mengambil S1 di IAIN Surakarta pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *