Tipe-Tipe Desa Berdasarkan Perkembangan Masyarakatnya

Desa nelayan memanfaatkan potensi air laut sebagai tambak udang

Gambar. Desa nelayan memanfaatkan potensi air laut sebagai tambak udang

Tipe-tipe desa berdasarkan perkembangan masyarakatnya dalam kemampuan pemanfaatan potensi yang dimiliki dapat kita bagi menjadi empat macam yaitu desa tradisional, desa swadaya, desa swakarya dan desa swasembada.

a. Desa tradisional

Desa tradisional yaitu desa dimana hidup masyarakatnya masih tergantung dengan alam. Desa ini biasanya terdapat di tempat-tempat terpencil yang sarana dan prasarana baik itu transportasi maupun komunikasinya sangat sulit dijangkau sehingga desa ini seperti hidup terisolir dengan daerah lain. Hal ini menyebabkan penduduknya cenderung tertutup terutama bagi orang dari daerah lain.

b. Desa swadaya

Desa swadaya hampir mirip dengan desa tradisional dimana hidupnya terisolir dari dunia luar, masyarakatnya cenderung tertutup dan kemajuan desanya lambat. Namun desa swadaya sudah mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Penduduknya sudah mampu mengolah potensi yang ada di desanya secara tradisional. Untuk itu, penduduk desa ini sangat tergantung dengan alam dan kondisi geografis.

c. Desa swakarya

Desa swakarya lebih maju daripada desa swadaya karena bukan hanya bisa memanfaatkan potensi yang ada di desanya saja melainkan sudah bisa mengembangkannya sehingga hasil produksinya bisa lebih banyak, lebih variatif sehingga bisa dijual ke daerah lain yang membutuhkannya. Pada desa swakarya sudah terdapat aparatur desa, lembaga desa serta masyarakatnya telah mengenal tentang pentingnya pendidikan. Desa swakarya juga sudah mampu menjalin interaksi dengan daerah lain meski masih sedikit.

d. Desa swasembada

Desa swasembada merupakan desa yang mampu mengoptimalkan potensi yang terdapat di desanya jadi desa ini lebih maju daripada desa swakarya. Masyarakat pada desa ini telah mengenal pendidikan dan mampu menyerap teknologi dari daerah luar yang lebih maju. Adapun sarana transportasi dan komunikasinya juga sudah lancar (Baca juga: Struktur ruang desa).

[color-box]Endarto, Danang.2009.Geografi 3 untuk SMA/MA Kelas XII.Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Rahayu, Saptanti dkk.2009.Nuansa Geografi 3 : untuk SMA / MA Kelas XII.Surakarta: PT. Widya Duta Grafika.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

Tinggalkan Balasan