Subsistem dan Komponen-Komponen SIG

Subsistem dan Komponen-Komponen SIG

Subsistem SIG

Gambar. Subsistem SIG

SIG pada dasarnya terbentuk dari berbagai komponen yang saling berinteraksi dengan fungsi masing-masing membentuk sebuah kesatuan yang kita namakan sebagai sistem. Di halaman ini, bersama siswapedia kita akan mempelajari Subsistem dan Komponen-komponen SIG. Nah, agar lebih jelas kita bagi menjadi dua pembahasan yakni Subsistem SIG dan Komponen-komponen SIG.

A. Subsistem SIG

Dalam sebuah sistem SIG terdapat subsistem yang saling terkait, subsistem tersebut yaitu data input, data managemen, data manipulasi-analisis dan data output.

1. Data input berfungsi mengumpulkan data spasial (misalnya: koordinat objek) dan data atribut (misalnya: waktu).

2. Data managemen berfungsi melakukan pengorganisasian data spasial dan atribut ke dalam sebuah database (tempat menyimpan data) sehingga memudahkan operasional misalnya pengeditan, pemanggilan data dll.

3. Data manipulasi-analisis berfungsi untuk memanipulasi data, melakukan penganalisisan agar data bisa diolah menjadi informasi seperti yang diharapkan.

4. Data output berfungsi untuk menampilkan informasi agar dapat dipahami oleh manusia dalam bentuk gambar (misalnya: grafik, peta dll) maupun suara.

B. Komponen-komponen SIG

Dalam SIG, komponen-komponen utamanya meliputi perangkat keras, perangkat lunak dan kemampuan intelegensi manusia.

1. Perangkat keras misalnya CPU, Storage, RAM, Input device, layar monitor, output device, sound dll.

2. Perangkat lunak misalnya AutoCad, ArcView, ArcInfo dll.

3. Kemampuan intelegensi manusia dalam pengelolaan dan pemanfaatan SIG secara efektif dan efisien. Dengan kata lain setiap manusia akan memegang peran sentral dalam pengelolaan SIG.

Endarto,Danang.2009.Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Utoyo, Bambang.2009.Geografi 3 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT. Setia Purna Inves.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *