Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi atau SIG

Pemanfaatan sistem informasi geografi atau SIG dapat digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya bidang perencanaan ruang, sumber daya alam, kependudukan, pariwisata, pertanahan, kelautan, pendidikan, telekomunikasi, kesehatan, transportasi dan militer.

Sebelum membahas manfaat SIG ini, bila ada temen-temen yang belum tahu tentang -apa itu DIG?-, bisa baca ulasannya di artikel berjudul Sejarah dan Pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG) serta artikel berjudul Subsistem dan Komponen-Komponen SIG.

a. Bidang Perencanaan Ruang

Dalam perencanaan ruang, SIG dapat digunakan untuk merencanakan tata ruang kota, pemukiman penduduk, relokasi pasar, perencenaan pemukiman penduduk dll. Sebuah wilayah dapat kita lihat bentuknya dengan jelas bila dilihat dari atas, disinilah SIG bekerja.

b. Bidang Sumber Daya Alam

Dalam bidang sumber daya alam, SIG dapat membantu dalam memanagemen atau menyesuaikan lahan untuk pertanian, memetakan barang tambang, perencanaan tata ruang lahan dll.

c. Bidang Kependudukan

Dalam bidang kependudukan, SIG berperan membantu dalam menyusun data pokok, sistem informasi terkait pemilihan umum, menyediakan informasi kependudukan dll.

d. Bidang Pariwisata

Dalam bidang pariwisata, sistem informasi geografi dapat digunakan untuk inventarisasi daerah pariwisata serta menganalisis daerah unggulan untuk pariwisata.

e. Bidang Pertanahan

Dalam bidang ini, SIG dapat digunakan mengetahui persebaran dan jenis-jenis tanah serta digunakan untuk manajemen pertanahan.

Contoh peta macam tanah hasil SIG

Gambar. Contoh peta macam tanah hasil SIG (Sumber: Sugiyanto, 2005)

f. Bidang Kelautan

Dalam bidang kelautan, sistem informasi geografi dapat digunakan untuk memantau daerah pesisir pantai/laut, daerah pasang-surut, taman laut dll.

g. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, SIG dapat digunakan untuk sistem informasi kependidikan, alat bantu pembelajaran dalam geografi dll.

h. Bidang Telekomunikasi

Dalam bidang telekomunikasi, sistem informasi geografi dapat digunakan untuk inventarisasi jaringan telekomunikasi, analisis perluasan jaringan telekomunikasi dll.

i. Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, SIG dapat digunakan sebagai penyediaan data atribut dan data spasial yang menggambarkan distribusi atau pola spasial penyebaran penyakit dll.

j. Bidang Transportasi dan Perhubungan

Dalam bidang transportasi dan perhubungan, sistem informasi geografi dapat digunakan untuk membantu dalam membangun jaringan transportasi dan pembuaatan jalur alternatif baru.

k. Bidang Militer

Dalam bidang militer, SIG dapat digunakan untuk memantau perjalanan logistik, peralatan perang, patroli udara dll.

Mungkin diantara kita ada yang bertanya, mengapa SIG banyak digunakan dalam berbagai bidang? yah, karena SIG memiliki banyak sekali keunggulan, yaitu diantaranya:

  • Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat menghasilkan data-data secara otomatis tanpa harus melakukan interpretasi secara manual.
  • Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat merubah presentasi ke dalam berbagai bentuk.
  • Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat memanipulasi bentuk dan tampilan visual data spasial dalam berbagai skala yang berbeda dengan mudah dan fleksibel.
  • Sistem Informasi Geografi (SIG) memiliki kemampuan untuk analisis spasial dan nonspasial.
  • Pengoperasian Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat dilakukan secara interaktif dengan bantuan menu-menu dan help yang bersifat user friendly.
  • Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat digunakan sebagai usaha untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep lokasi, kependudukan, ruang dan unsur-unsur geografi yang ada di permukaan bumi.
  • Sistem Informasi Geografi (SIG) sangat membantu dalam pekerjaan yang berhubungan dengan bidang spasial dan geoinformasi.
  • Penanganan data geospasial dapat menjadi lebih baik dalam format baku.
  • Revisi data serta pemutakhiran data akan menjadi lebih mudah.
  • Sistem Informasi Geografi (SIG) memiliki kemampuan untuk menukar data geospasial.
  • Data geospasial dan informasi akan menjadi lebih mudah dalam pencarian, penganalisisan dan dalam presentasi.
  • Sistem Informasi Geografi (SIG) dapat menjadi produk yang mempunyai nilai tambah serta menghemat waktu dan biaya.

Nah, Bagaimana? setelah mempelajari pemanfaatan sistem informasi geografi atau sig, kita jadi mengerti bahwa SIG memiliki banyak manfaat. Lalu, pertanyaan lanjutannya adalah -tahapan kerja SIG itu seperti apa sih?-. Jawabannya ada di artikel berjudul Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografi atau SIG.

[color-box]Endarto,Danang.2009.Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan