Sejarah dan Pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG)

Pada halaman ini kita akan mempelajari tentang sejarah dan pengertian sistem informasi geografi (SIG). Nah, perkembangan SIG itu sendiri berkembang seiring dengan ditemukannya komputer. Pada era perang dunia ke II, kebutuhan akan pemrosesan data untuk memenuhi kebutuhan militer semakin meningkat, terutama untuk memprediksi lintasan rudal balistik.

Tahun 1960-an, perkembangan komputer semakin pesat dan digunakan di luar kegiatan militer seperti geodesi, meterorologi dll. Kemudian pada tahun 1963 di negara Kanada muncul CGIS (Canadian Geographic Information System), inilah permulaan yang kemudian menjadi SIG yang pertama di dunia. Dua tahun kemudian di Amerika muncul serupa dan dinamakan sebagai MIDAS yang digunakan dalam pemrosesan data sumber daya alam.

Pada tahun 1969, Jack Dangermond yang belajar di labolatorium komputer grafik Harvard menemukan program Environmental Systems Research Institute (ESRI) yang kemudian dikembangkan dan mampu menghasilkan software ArcInfo dan ArcView. Pada 1970, SIG pertama kali digunakan oleh Roger Tomlinson dan Duane Marble. Pada 1980 dan 1990, aplikasi SIG untuk berbagai kepentingan mulai merambah ke banyak negara dengan berbagai model. Beberapa jenis aplikasi komersial dipublikasikan selama periode ini, seperti ArcView, MapInfo, ArcInfo, SMALLWORLD, SPANS GIS, INTERGRAPH dan PAMAP GIS.

Ada tiga unsur pokok dalam sistem informasi geografi, diantaranya yaitu:

a. sistem yang merupakan sekumpulan objek, ide yang menyatu untuk mencapai tujuan bersama,

b. sistem informasi merupakan gabungan antara manusia dengan mesin yang saling melengkapi guna mendukung sebuah operasional,

c. informasi geografi mengandung arti bahwa sistem memberikan informasi tentang permukaan bumi atau tempat-tempat di permukaan bumi beserta keterangannya.

Tidak ada yang baku terkait pengertian SIG, beberapa ahli memiliki definisi/pengertian yang berbeda diantaranya:

a. Foote (1995), SIG adalah sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi.

b. Rice (2000), SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk memasukkan, memanipulasi, menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, menganalisis dan menampilkan data-data yang berhubungan dengan posisiposisi di permukaan bumi.

c. Demers (1997), SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, menganalisis dan mengintegrasikan informasi-informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi.

Kita bisa merangkum pendapat beberapa ahli tersebut dimana sistem informasi geografi adalah suatu perangkat yang ddapat digunakan untuk merekam, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, menampilkan dan menghasilkan informasi geografi.

 Ilustrasi sistem informasi geografi

Gambar. Ilustrasi sistem informasi geografi (Sumber: komputer-itu-mudah.blogspot.com)

Endarto,Danang.2009.Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Utoyo, Bambang.2009.Geografi 3 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT. Setia Purna Inves.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan