Prinsip-Prinsip Geografi

Prinsip-Prinsip Geografi – Setiap ilmu pengetahuan memiliki prinsip tersendiri dalam menjelaskan fenomena yang terjadi dan hubungan fenomena itu dengan fenomena yang lain.

Lalu, apa saja prinsip-prinsip geografi itu?

Nah, dalam geografi (Baca: Daftar isi Geografi) sendiri dikenal dengan empat prinsip geografi yakni prinsip persebaran, prinsip interrelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi. Keempat prinsip ini merupakan dasar untuk menguraikan, mengkaji dan mengungkapkan gejala, variabel, faktor serta permasalahan dalam geografi (Nursid Sumaatmadja, 1988. Hal. 42).

1. Prinsip persebaran

Prinsip geografi yang pertama adalah prinsip persebaran. Prinsip persebaran menerangkan bahwa gejala atau permasalahan yang terjadi di muka bumi ini tersebar secara variasi. Ada yang menyebar secara merata, ada yang menyebar tidak merata atau adapula yang mengumpul dalam lokasi yang berdekatan. Misalnya penyebaran polusi udara, penyebaran virus, persebaran penduduk dalam suatu pulau dan sebagainya.

2. Prinsip interrelasi

Prinsip interrelasi menerangkan bahwa aspek-aspek dalam geografi atau antara satu komponen dengan komponen yang lainnya dapat saling mempengaruhi. Hubungan saling terkait ini bisa melibatkan antara suatu gejala alam dengan gejala alam lainnya atau gejala alam dengan manusia. Misalnya jumlah penduduk di dekat aliran sungai jauh lebih padat daripada di tengah hutan belantara, hal ini disebabkan karena sungai menjadi sumber air dan media transportasi bagi warga sekitar. Contoh lainnya, Adanya penebangan hutan di daerah hulu menyebabkan terjadinya banjir bandang.

3. Prinsip deskripsi

Prinsip deskripsi merupakan cara pemaparan sebuah hasil penelitian atau pengkajian gejala geografi. Cara pemaparan ini dapat berupa peta, foto citra, tabel, grafik dan sebagainya. Sebagai contoh grafik pertumbuhan penduduk di Indonesia dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Contoh penerapan prinsip geografi yakni prinsip deskripsi terkait pertumbuhan penduduk menggunakan sebuah grafik

Gambar. Contoh penerapan salah satu prinsip geografi yakni prinsip deskripsi terkait pertumbuhan penduduk menggunakan sebuah grafik (Sumber: 110.138.206.53)

4. Prinsip korologi

Prinsip geografi ke-empat yakni prinsip kronologi yaitu perpaduan dari ketiga prinsip sebelumnya. Nah, pada prinsip ini sebuah gejala geografi akan dianalisis, dicari interaksi serta interrelasinya dari berbagai macam aspek yang dapat mempengaruhinya. Misalnya sebuah peristiwa banjir dapat disebabkan karena penebangan hutan secara berlebihan, pembuangan sampah pada aliran sungai, pendangkalan sungai dan sebagainya.

Ke-empat Prinsip-Prinsip Geografi di atas memiliki keterkaitan sehingga tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya dalam mengkaji fenomena geosfer.

[color-box]Anjayani, Eni.2009. Geografi: Untuk Kelas X SMA/MA. Klaten: PT Cempaka Putih.
Utoyo, Bambang.2006.Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia. Bandung: PT. Pribumi Mekar.
Waluya, Bagja.2009.Memahami Geografi 1 SMA/MA : Untuk Kelas X, Semester 1 dan 2. Bandung: CV. Armico.[/color-box]

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan