Percepatan Sesaat dan Percepatan Rata-Rata

Percepatan Sesaat dan Percepatan Rata-Rata

Sebelum melangkah lebih jauh tentang gerak lurus berubah beraturan atau GLBB mari kita kenalan dengan variabel baru yang bernama percepatan. Apa itu percepatan? Simak penjelasan berikut ini.

Di dalam kehidupan sehari-hari, sangatlah sulit kita jumpai sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan konstan (GLB). Pasti benda akan mengalami perlambatan atau penambahan kecepatan (dipercepat) dalam selang waktu tertentu. Perubahan kecepatan dalam selang waktu tertentu inilah kemudian kita namakan sebagai percepatan.

Percepatan merupakan besaran vektor sehingga nilainya bisa positif atau negatif. Percepatan positif artinya bahwa arah percepatan searah dengan arah perpindahan benda, dengan kata lain gerakannya akan dipercepat. Sedangkan percepatan yang bernilai negatif artinya bahwa gerakan benda sedang diperlambat. Besarnya percepatan dinamakan sebagai perlajuan. Perlajuan merupakan besaran skalar.

Percepatan sesaat pada waktu tertentu dapat dirumuskan sebagai berikut.

Percepatan rata-rata dapat dirumuskan sebagai berikut.

Kita bisa mengetahui sebuah benda bergerak dipercepat atau diperlambat dengan menggunakan alat yang bernama ticker timer. Prinsipnya sederhana seperti kita menjatuhkan tinta di jalan dalam selang waktu tetap.

Coba bayangkan saat kita sedang naik mobil pick-up yang sedang berjalan. Dari dok belakang, kita meneteskan cat bewarna putih setiap 1 detik ke jalan aspal. Pasti ada dua kemungkinan, perhatikan gambar di bawah ini.

Dari gambar A kita bisa melihat bahwa jarak antar tetesan cat bewarna putih semakin renggang. Itu artinya mobil pick-up yang kita tumpangi bergerak dipercepat (percepatan bernilai positif). Sedangkan pada gambar B kita dapat melihat jarak antar tetesan cat di jalan semakin sempit. Itu artinya gerak mobil diperlambat atau percepatan bernilai negatif.

Lalu bagaimana jika jarak antar tetesan cat di jalan aspal sama? Nah, untuk kasus ini berarti mobil berjalan dengan kecepatan konstan.

Contoh soal dan jawaban percepatan

Sebuah mobil terlihat bergerak dengan kecepatan 30 km/jam menuju tempat parkir. Mobil tersebut membutuhkan waktu 5 menit untuk bisa sampai berhenti di tempat. Berapa percepatan rata-rata mobil tersebut?

Jawab

Diketahui bahwa

Maka, percepatan mobil tersebut dapat kita cari dengan perhitungan sebagai berikut

Percepatan di atas bernilai negatif, artinya mobil mengalami perlambatan. Nah, setelah kita berhasil mengetahui nilai percepatan mobil tersebut, kita bisa menghitung kecepatan mobil tersebut pada waktu tertentu. Misalnya pada waktu 3 menit, berapa kecepatannya?

Nah, kita bisa mencoba waktu yang lain misalnya pada waktu 4 menit, 2 menit dsb. Cuma pada perhitungan di atas terlalu banyak pembulatan angka. Seharusnya pembulatan angka dilakukan satu kali pada akhir perhitungan agar lebih akurat. Tapi ini hanyalah contoh, yang penting kita paham cara perhitungannya.

Setelah ini kita mengenal percepatan sesaat dan percepatan rata-rata , maka halaman selanjutnya kita akan membahas tentang gerak lurus berubah beraturan atau GLBB.

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *