Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Jawaban Gerak Vertikal Ke Atas

       

Pada lanjutan pembahasan terkait GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan), kita akan membahas secara lengkap tentang pengertian, rumus, contoh soal dan jawaban gerak vertikal ke atas dengan bahasa yang ringan serta mudah dipahami.

Pengertian dan Ciri-Ciri Gerak Vertikal ke Atas

Gerak vertikal ke atas merupakan gerak sebuah benda yang lintasannya lurus ke atas (vertikal). Pada gerak ini, kecepatan benda akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya ketinggian benda terhadap permukaan tanah.

Mengapa pada gerak vertikal ke atas kecepatan benda semakin berkurang?, agar lebih jelasnya cobalah perhatikan ilustrasi berikut ini.

Ilustrasi gerak vertikal ke atas

Ilustrasi gerak vertikal ke atas

Pada gambar di atas sebuah benda bergerak vertikal dengan kecepatan (v). Benda tersebut mengalami perlambatan atau berkurangnya besar kecepatannya (v1 > v2) disebabkan oleh adanya gaya tarik gravitasi bumi yang arahnya berlawanan dengan arah kecepatan benda.

Apabila kecepatan benda telah mencapai angka 0 m/s, maka dipastikan, itulah ketinggian maksimum yang dapat dicapai oleh benda tersebut. Lalu, benda akan jatuh ke bawah menjadi gerak jatuh bebas.

Contoh gerak vertikal ke atas yakni ketika kamu melempar kelereng ke arah atas, maka kelereng akan bergerak ke atas lalu di ketinggian maksimum akan berhenti sesaat sebelum akhirnya bergerak secara jatuh bebas.

Untuk perhitungan secara realita, ketika benda bergerak, maka akan ada gaya gesekan yang disebabkan oleh udara yang tentu akan mempengaruhi kecepatan dan arah gerak benda. Akan tetapi untuk keperluan praktis, jika nilai gesekan udaranya sangatlah kecil bisa diabaikan.

Persamaan gerak vertikal ke atas sama dengan persamaan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Kalau di gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke bawah, perubahan posisi benda kita simbolkan dengan huruf y (meter), maka disini kita tulis sebagai ketinggian h (meter). Dan gravitasi bernilai negatif (-) karena berlawanan dengan arah gerak benda.

Dimana

Contoh Soal Dan Pembahasan Gerak Vertikal ke Atas

1. Sebuah kelereng dilempar vertikal ke atas menggunakan ketapel dengan kecepatan 40 m/s. Jika gesekan udara diabaikan dan besar percepatan gravitasi sebesar 10 m/s2. Tentukan ketinggian maksimum yang bisa dicapai oleh kelereng tersebut dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ketinggian maksimum?

2. Admin siswapedia melempar batu ke atas dengan kecepatan 25 m/s. Berapa kecepatan batu tersebut pada waktu 1 detik? jika percepatan gravitasi sebesar 10 m/s2.

3. Pak polisi menembakan pistol ke atas dengan kecepatan peluru 60 m/s. Apabila percepatan gravitasi sebesar 10 m/s2, berapa ketinggian peluru pada saat waktu 2 detik?

Jawaban

1. Diketahui: v0 = 40 m/s, g = 10 m/s2
Ditanya: hmax=……? dan tmax=……..?

Pembahasan:

2. Diketahui: v0= 25 m/s, t = 1 s, g = 10 m/s2
Ditanya: v = …….?

Pembahasan

3. Diketahui: v0= 60 m/s, t = 2 s, g = 10 m/s2
Ditanya: h = …….?

Pembahasan

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Muhammad khafidzul anam berkata:

    Tolong dong soal dan jawabannya di perbanyak lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *