Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

  • Whatsapp
Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder
Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder – Proses pertumbuhan dapat terjadi secara primer ataupun sekunder. Perbedaan tumbuhan primer dan sekunder dapat diketahui lebih lanjut dalam artikel berikut.

Yang mana pada tanaman yang berkayu bisa mengakibatkan ukuran kayu yang meningkat. Pada tumbuhan primer dan juga sekunder kuantitas pertumbuhannya tidak pasti.

Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder

Proses pertumbuhan akan berhenti ketika unsur tanaman seperti akar, batang, dan daun sudah berada pada tahap pertumbuhan maksimal. Pertumbuhan pada tanaman herba hanya terjadi pertumbuhan sekunder saja, sedangkan primer dan juga sekunder pada tanaman yang berkayu, tanaman tersebut mengalami pertumbuhan.

Baca juga: Proses fotosintesis pada tumbuhan

Pengertian Pertumbuhan Primer

Suatu definisi sebagai peningkatan panjang dari ujung tunas sebuah tanaman merupakan pengertian dari pertumbuhan primer. Pertumbuhan primer pada suatu tanaman akan terjadi sebab adanya proses pembelahan sel pada jaringan meristem apikal secara terus-menerus.

Setelah proses pembelahan sel yang terjadi pada primer pucuk dan juga akar maka sel-sel akan memanjang serta dapat dibedakan menjadi jaringan baru yang relevan. Meristem primer ini merupakan sel-sel yang dihasilkan oleh meristem apikal.

Untuk jaringan meristem utama dapat dibagi menjadi jaringan protoderm, prokambium, meristem tanah, epidermis, bundle vascular, serta jaringan tanah. Pada sebuah tanaman terdapat tunas aksial yang merupakan perkembangan dari sel mitosis yang terdapat pada korteks. Berkurangnya pertumbuhan pada tunas aksial pada meristem apikal disebut dominasi apikal.

Apabila meristem apikal ini dipotong, maka akan mengakibatkan tanaman tumbuh semakin lebat. Sedangkan untuk panjang tunas yang semakin meningkat, akan membuat tanaman menjadi lebih efisien dalam menyerap sinar matahari. Dan semakin dalam akar menembus tanah, maka penyerapan air akan semakin efisien.

Baca juga: Tahapan siklus Calvin

Pengertian Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder merupakan suatu peningkatan ketebalan tunas serta akar pada suatu tanaman. Terjadinya pertumbuhan sekunder juga karena adanya pengaruh dari meristem lateral yang mana hal tersebut hanya akan terjadi pada tanaman yang berkambium. Sehingga dapat diketahui pada tanaman herba tidak akan terjadi pertumbuhan sekunder.

Kambium vaskular dan kambium gabus dapat Anda temui pada meristem lateral yang mana kambium vaskular ini terdapat di antara floem primer dengan xylem primer. Sel dari kambium vaskular terdapat di samping jaringan floem yang mana akan terbentuk floem primer dan juga floem sekunder. Pada floem sekunder terdapat sel pendamping dan jaringan elemen saringan.

Sel xylem sekunder terbentuk dari sel-sel yang terdapat di sebelah xylem utama seperti pembuluh darah dengan trakeid. Lapisan pada tumbuhan yang terletak di paling luar, keras, atau kulit tumbuhan dibentuk dari gabus cork yang mana sel-sel pada kulit tersebut mengandung zat lilin yang biasa disebut suberin yang berfungsi untuk mengurangi penguapan.

Perbedaan Pertumbuhan Primer dengan Pertumbuhan Sekunder

1. Definisi

Pertumbuhan yang terjadi karena aksi meristem utama yang menyebabkan pertumbuhan panjang pada batang merupakan arti dari pertumbuhan primer. Sedangkan pertumbuhan yang terjadi karena aksi dari kambium sehingga meningkatkan diameter merupakan arti dari pertumbuhan sekunder.

2. Sebab Terjadinya

Pada tumbuhan, terjadinya pertumbuhan primer karena adanya aksi dari meristem apikal. Sedangkan pertumbuhan sekunder ada karena adanya aksi dari meristem lateral.

3. Pertumbuhan

Pertumbuhan dengan sumbu longitudinal adalah pertumbuhan primer, sedangkan pertumbuhan dengan sumbu radial merupakan pertumbuhan sekunder.

4. Urutan

Pertumbuhan primer terbentuk di awal pertumbuhan, sedangkan pertumbuhan sekunder terbentuk mengikuti pertumbuhan primer.

5. Lamanya

Setelah diferensiasi jaringan selesai maka pertumbuhan primer akan terhenti, sedangkan untuk pertumbuhan sekunder terjadi paa bagian tumbuhan yang matang.

6. Lokasi

Pada semua bagian tanaman mengalami pertumbuhan primer, sedangkan pada pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada angiosperma serta gymnosperma kecuali pada monokotil.

Baca juga: Perbedaan monokotil dan dikotil

7. Pengembangan

Korteks, epidermis, serta jaringan vaskular primer merupakan perkembangan yang terjadi karena adanya pertumbuhan primer, sedangkan periderm, kulit kayu, lentisel, floem sekunder, serta xylem sekunder merupakan perkembangan dari pertumbuhan sekunder.

Nah, apabila ada pertanyaan terkait Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka:

Campbell. (2012). Biologi Jilid 1 Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Suharsono dan Popo Mustofa K. (2017). Biologi Umum. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *