Pengertian dan Besaran Dalam Gerak Melingkar

       

Pengantar Pembahasan Gerak Melingkar

Pengertian dan Besaran Dalam Gerak Melingkar – Setelah mempelajari tentang gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan pada bab sebelumnya. Nah, sekarang kita akan mempelajari tentang gerak melingkar.

Beberapa teman mengajukan pertanyaan:

  • Apa pengertian atau definisi gerak melingkar ?
  • Apa saja rumus gerak melingkar itu?
  • Tolong berikan contoh gerak melingkar beserta pembahasannya!
  • Jelaskan syarat atau ciri gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan!
  • Tolong berikan contoh soal gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan!

Wah, masih banyak lagi pertanyaan yang bila ditulis akan panjang sekali. Untuk itu khusus gerak melingkar, kami di siswapedia.com membuat pembahasan dalam bab tersendiri yaitu BAB 03 Gerak Melingkar.

Pada pengantar pembahasan gerak melingkar ini yang akan kita bahas ada dua saja yaitu pengertian atau definisi gerak melingkar dan besaran-besaran dalam gerak melingkar.

Setelah memahami pengertian gerak melingkar beserta besaran-besaran yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar, barulah kita membahas macam-macam gerak melingkar yang meliputi gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan.

Lha, terus contoh gerak melingkarnya mana bang??. Nah, contoh gerak melingkar baik yang beraturan ataupun beraturan akan kita bahas pada akhir pembahasan macam-macam gerak melingkar.

Untuk lebih jelasnya lihat peta konsep berikut ini.

Pengertian atau definisi Gerak Melingkar

Apa Anda pernah melihat VCD atau DVD? itu merupakan alat pemutar CD dimana ketika CD dimasukan kedalam VCD, maka setiap titik di lempengan CD akan berputar pada porosnya. Itulah salah satu contoh gerak melingkar.

Jadi apa pengertian gerak melingkar itu? gerak melingkar yaitu gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran yang mengelilingi suatu titik tetap atau dinamakan sebagai poros.

Agar suatu benda dapat memiliki gerakan melingkar, maka diperlukan gaya tarik yang arahnya menuju porosnya. Gaya ini dinamakan sebagai gaya sentripetal. Sedangkan gaya yang arahnya menjauhi porosnya (arah radial) dinamakan sebagai gaya sentripugal.

Nah, jika gaya sentripugal dan sentripetalnya sama besar, maka benda akan bergerak melingkar dengan besar jari-jari lingkaran yang konstan atau tetap. Ini akan kita pelajari di Bab tersendiri yaitu Bab Dinamika.

Besaran-Besaran Dalam Gerak Melingkar

Memandang gerak melingkar dari sudut kinematika (tanpa melihat penyebab gerak) ada beberapa besaran yang harus kita pahami yaitu sudut radian, periode, frekuensi, kecepatan linear dan kecepatan sudut. Nah, kelima besaran tersebut akan selalu kita gunakan saat membahas gerak melingkar beraturan dan tidak beraturan.

Sudut Radian

Sudut radian merupakan besarnya sudut pusat/poros lingkaran saat panjang busur lingkaran (S) sama dengan panjang jari-jari lingkaran (r). Sudut radian dilambangkan sebagai ? sehingga perubahan sudut dilambangkan sebagai ?? dimana

Lalu apa hubungannya sudut radian dengan derajat ?. Hubungan keduanya dapat dilihat pada persaman berikut ini.

Periode dan Frekuensi

Waktu yang ditempuh benda untuk bergerak melingkar dalam satu lingkaran penuh dinamakan sebagai periode yang dilambangkan huruf T dengan satuan sekon.

Sedangkan banyaknya lintasan tiap satu sekon dinamakan sebagai frekuensi yang dilambangkan huruf f dengan satuan hertz.

Hubungan antara periode dan frekuensi dapat dinyatakan sebagai berikut.

Kecepatan Linear

Kecepatan merupakan besar lintasan yang ditempuh dalam selang waktu tertentu. Jadi

Dalam gerak melingkar, lintasannya merupakan keliling lingkaran yang besarnya 2πr dan waktunya merupakan periode sehingga

Perhatikan gambar berikut ini.

Kecepatan Anguler atau Sudut

Besarnya perubahan sudut dalam rentang waktu tertentu dinamakan dengan kecepatan anguler atau kecepatan sudut (?).

Nah, bila ada pertanyaan terkait pengertian dan besaran dalam gerak melingkar ini, bisa di tulis di kotak komentar.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *