Gerak Melingkar Beraturan Beserta Contohnya

       

Memahami Gerak Melingkar Beraturan Beserta Contohnya

Setelah halaman sebelumnya kita mempelajari tentang pengertian dan besaran gerak melingkar, maka pada halaman ini kita akan membahas tentang gerak melingkar beraturan beserta contohnya yang kita bahas dengan bahasan yang seringan mungkin.

Coba ingat kembali pada gerak lurus beraturan, apanya yang konstan? yang konstan adalah kecepatannya. Jadi tiap waktu kecepatannya ya segitu gitu aja, misalnya kecepatan kereta api 30 km/jam ya nanti pada waktu 10 menit kemudian, 20 menit kemudian, 30 menit kemudian tetaplah sama yaitu 30 km/jam. Ingat! kecepatan di sini maksudnya adalah kecepatan linearnya karena lintasannya berupa garis lurus.

Sedangkan pada gerak melingkar beraturan yang konstan adalah kecepatan anguler atau sudutnya sehingga nanti gerak perputarannya konstan. Ya segitu-gitu aja, gak nambah cepat putarannya atau gak berkurang juga.

Ada lima persamaan atau rumus gerak melingkar beraturan yang harus kita pahami (kalau bisa dihafal).

gerak melingkar beraturan beserta contohnya

Contoh Gerak Melingkar Beraturan

Contoh soal pertama

Sebuah partikel bergerak melingkar dengan sudut awal sebesar 10 rad. Jika partikel tersebut bergerak dengan kecepatan 5 rad/s. Berapakah besar posisi sudut pada waktu 4 detik?

Jawab:

Kita bisa menggunakan persamaan nomor (1)

Contoh soal kedua

Sebuah benda bergerak melingkar dengan jari-jari sebesar 2 meter. Jika benda bergerak dalam kecepatan sudut 10 rad/s. Berapakah kecepatan linear benda tersebut?

Jawab:

Kita bisa menggunakan persamaan nomor (4)

Contoh soal ketiga

Sebuah partikel bergerak mengelilingi lintasan berupa lingkaran dengan periode 25,12 sekon. Berapa besar kecepatan sudut dan frekuensinya?

Untuk mencari kecepatan sudut bisa menggunakan persamaan (3)

Nah, untuk mencari frekuensinya dapat kita gunakan rumus hubungan antara periode dan frekuensi atau bila kita hubungkan dengan kecepatan sudut, maka bisa kita gunakan persamaan (2)

Cara di atas hasilnya sama kan? hehehe.

Contoh soal keempat

Sebutir nasi menempel di kepingan CD yang berputar. Jika dalam 1 detik, sebutir nasi terebut berputar sebanyak 1/2 lingkaran. Berapakah besar kecepatan sudutnya?

Baca juga: Gerak melingkar berubah beraturan beserta contohnya

Jawab:

Untuk menjawab soal di ata bisa kita gunakan persamaan nomor (2)

Contoh soal kelima

Roda sepeda milik admin siswapedia berputar sebanyak 10 kali tiap 1 detik. Jika kecepatan linear roda sepedanya admin sebesar 20 m/s. Berapakah besar diameter sepedanya admin? hehehe

Jawab

Langkah yang harus dilakukan yaitu kita cari tau dulu jari-jari (r) menggunakan rumus (4) yang kita substitusikan ke rumus (2), caranya yakni

Contoh soal keenam

Sebuah benda bergerak di lintasan lingkaran berdiameter 400 cm. Jika benda tersebut telah bergerak 2,5 kali putaran. Berapa jarak yang ditempuh benda terebut?

Jawab:

Langkahnya yaitu kita cari dulu jari-jarinya

Setelah itu kita pahami bahwa berhubung lintasannya berupa lingkaran, maka sejatinya jarak yang ditempuh benda tersebut yaitu besar putara dikali besar keliling lingkaran lintasan. Dengan bagitu:

Nah, jika ada teman-teman pertanyaan terkait gerak melingkar beraturan beserta contohnya atau contoh gerak melingkar beraturan bisa ditulis di kotak komentar.

loading...

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *