Pengaruh Zat Psikoaktif Terhadap Sistem Saraf

  • Whatsapp
Ganja
Gambar. Ganja (Sumber: kemendagri.gov.id)
Ganja
Gambar. Ganja (Sumber: kemendagri.gov.id)

Pengaruh Zat Psikoaktif Terhadap Sistem Saraf

Obat psikotropika (zat psikoaktif) merupakan obat (bukan narkoba) yang mampu menyebabkan perubahan mental (psikis) dan perliaku bagi penggunanya. Obat ini bila digunakan secara ilegal, maka dapat menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Untuk itu dalam penggunaannya diperlukan petunjuk langsung dari dokter. Selain gangguan mental, penyalahgunaan zat psikoaktif ini dapat menyebabkan ketergantungan fisik yang disebut adiksi atau ketagihan.

Zat psikoaktif dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, hidung maupun suntikan. Zat ini secara umum dapat mengakibatkan empat pengaruh bagi penggunanya yakni stimulan, depresan, halusinogen dan erforia.

1. Stimulan

Stimulan dapat menstimulasi sistem saraf simpatik melalui pusat di hipotalamus sehingga mampu mempengaruhi kerja organ, misalnya mempercepat denyut jantung, meningkatkan gula darah dll. Stimulan dapat berupa kafein, nikotin atau amfetamin
(deksedrin, metil amfetamin, preludin, ritalin serta kokain).

Pada atlit, amfetamin mampu memberikan tenaga tambahan sehingga seorang atlit bisa berlari dengan cepat dan tidak merasa lelah. Selain itu zat ini juga bisa mengurangi rasa kantuk, lapar bagi penggunanya.

2. Depresan

Depresan dapat mengurangi kinerja sistem saraf sehingga menurunkan aktivitas bagi penggunanya bahkan bisa membuat penggunanya tertidur. Depresan terkenal dengan sebutan obat penenang. Depresan memiliki lima ketegori yakni:

a. Obat penenang yang sering dipakai, misalnya meprobomat,
b. Etanol (etil alkohol),
c. Barbitural yang mencakup obat-obat flu seperti seconal dan amytal,
d. Anestetik, yang mencakup eter, kloroform dan dan sejumlah hidrokarbon lain yang mudah sekali menguap dan biasa
digunakan sebagai pelarut, misalnya benzen, karbon tetraklorida dan toluena.

3. Halusinogen

Halusinogen dapat mempengaruhi persepsi yang diciptakan oleh pengelihatan dan pendengaran penggunanya. Selain itu dapat juga meningkatkan daya respon emosional sehingga si pengguna bisa lepas kontrol dan larut dalam halusinasinya sendiri.

Halusinogen meliputi psilosibin, dietilamida, asam lisergat, LSD (Lysergic Acid Diethylamide), THC (Tentra Hydro Cannabinol), STP (mirip amfetamin), pgyneyclidine PCP (fenseklidin), mesakolin (dari pohon kaktus peyote) dan dimetoksi-metilamfetamin.

4. Erforia

Erforia dapat membuat efek bagi si pengguna menjadi serasa bergembira dan senang, misalnya ganja dan mariyuana. Namun perlu disadari bahwa ini hanya merupakan sebuah bayangan bukan real.

Penggunaan obat-obatan seperti ini dalam jangka panjang mampu merusak sistem eksresi pada manusia, kerusakan sel saraf otak, hilangnya kendali otot gerak, kerusakan hati, lambung dan jantung. Berikut beberapa pengaruh dari penggunaan obat-obatan.

a. Alkohol dapat berfungsi sebagai Desinfektan dan Antiseptik. Pengaruhnya pada sistem saraf yakni sebagai penekan rasa (zat anti depresan) terhadap masa gelisah, takut dan ragu-ragu. Selain itu, dapat juga menimbulkan adiksi/kecanduan fisiologik (tubuh).

b. Narkotika yang meliputi kokain yang digunakan untuk Anestesi atau pembius lokal. Kokain dapat membuatn kecanduan psikologik (jiwa). Selain itu ada juga heroin, morfin dan opium yang dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit namun juga memberikan efek kecanduan.

c. Valium digunakan untuk memberikan efek tenang bagi penggunanya namun dapat menimbukan kecanduan.

d. Amfetamin digunakan untuk perangsang. Obat ini dapay menimbulkan kecanduan.

e. Bahan penikmat seperti nikotin, kafein, tein dan teobromin. Obat ini dapat meningkatkan tekanan darah dan memberikan efek kecanduan.

Sri, Lestari Endang.2009.Biologi 2 Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI. Solo: CV Putra Nugraha.
Rachmawati, Faidah dkk.2009.Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA. Jakarta: CV Ricardo.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 Komentar

  1. mengapa masih saja banyak orang yang mengkonsumsi obat seperti itu tetapi ia mengetahui efek sampingnya yang menimbulkan masalah serius bagi kesehatan

  2. Psikotropika adalah zat atau obat baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika,yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan prilaku. Psikotropika memiliki manfaat dalam bidang kedokteran namun memiliki dampak negatif apabila disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. kebanyakan orang menyalahgunakannya sehingga dapat mengganggu fungsi syaraf dan otak.

  3. Penyalahgunaan narkoba mempunyai dampak yang sangat luas. Dalam lingkup yang sangat kecil saja, yaitu diri sendiri, sudah diketahui bahwa narkoba akan menyebabkan berbagai gangguan para sistem tubuh. Dan saya sendiri suka heran terhadap orang orang yang mengonsumsi, narkoba, kalau misalnya narkoba untuk ketenangan. Menggapah harus dengan narkoba, kan masih banyak solusi yang membuat dirinya tenang. Justru dengan mengonsumsi narkoba tersebut, membuat dirinya hancur, dan kami sebagai pemuda yang seharus nya menjadi harapan negara, masa mau di hancurkan dengan dirinya sendiri.
    Pesan saya : jauhi narkoba, jangan coba coba dengan narkoba

  4. Narkoba merupakan zat yang jika dikonsumsi akan membuat efek pada orang yang mengkonsumsinya. Apalagi jika mengonsumsinya secara berlebihan,narkoba bisa dijadikan sebagai obat atau obat bius jika digunakan oleh dokter dan sesuai dengan resep dokter.
    Narkoba memiliki banyak jenis,dan dapat digunakan dengan cara diminum,dihirup atau disuntikan. Salah satunya zat psikoaktif. Zat psikoaktif memang bukan narkoba,namun efek samping atau pengaruh buruknya tidak jauh berbeda dengan narkoba.

    Zat psikoaktif ini jika dikonsumsi akan menimbulkan pengaruh buruk,diantaranya:
    1.stimulan
    Pengaruh ini dapat mempengaruhi kerja organ karena,stimulan dapat menstimulasi sistem saraf simpatik melalui pusat di hipotalamus
    2.depresan
    Depresan mempengaruhi kinerja sistem saraf sehingga penggunanya tertidur
    3.halusinogen
    Halusinogen dapat mempengaruhi daya respon emosional dan mempengaruji persepsi yang diciptakan oleh penglihatam dan pendengaran
    4.erforia
    Erforia membuat efek bagi si pengguna menjadi serasa bergembira dan senang,namun hanya bayangan saja tidak nyata.

    Pengaruh zat psikoaktif ini memberi pengaruh buruk terhadap sistem saraf jika dikonsumsi berlebihan dan bukan dari anjuran atau resep dokter,oleh karena itu jauhi obat psikotropika ini jangan digunakan secara ilegal. Jangan coba-coba mengkonsumsi obat yang membahayakan ini padahal sudah tahu berbahaya. Mengkonsumsi obat obatan hanya membuat nikmat sesaat,namun jangka panjang kemungkinan kesehatan akan terganggu,gangguan mental dan penyakit lainnya.

  5. Narkoba mempunyai dampak yang sangat berbahaya yakni dapat merusak jiwa dan akal seseorang. Terkadang beberapa obat obatan termasuk napza atau narkoba di butuhkan bagi orang sakit untuk mengobati luka atau merendam rasa sakit,hal tersebut adalah dalam keadaan darurat.
    Namun,pada zaman sekarang atau pada saat saat ini narkoba tersebut banyak di salah gunakan khususnya kaum muda. Tekanan teman atau lingkungan sekitar pastilah amat berperan dalam membuat banyak orang mulai menggunakan narkoba.
    Masih banyak juga faktor lain yang turut mengakibatkan peningkatan penyalahgunaan narkoba,diantaranya yaitu kekecewaan,depresi,dan ketidak adaan tujuan hidup,masalah ekonomi,pengangguran,contoh buruk dari orang tua serta khususnya bagi kaum muslim yaitu lemahnya keimanan.
    Dalam QS.Al-A’raf:159 Allah menghalalkan segala yang baik dan mengharamkan segala yang buruk.
    Semata mata Allah mengharamkan segala yang buruk seperti contohnya narkoba berarti itu berbahaya bagi makhluknya,Allah sangat sayang kepada makhluknya.
    Bahkan dampak yang sangat besar bagi para pecandu narkoba yaitu mengakibatkan kegilaan dan kematian:'(

  6. apakah mengomsumsi obat psikotropika bisa sembuh?lalu penyakit apa sampai orang yang mempunyai penyakit atau gangguan harus menggunakan obat psikotropika?

    1. Kalau sembuh atau tidak itu hanya Tuhan yang berkuasa. Obat psikotropika golongan III dan IV bisa untuk pengobatan misalnya pada penderita gangguan mental, obat anti nyeri, obat bius, obat parkinson, obat bagi penderita gangguan tidur dll. Tentu hal ini harus dari resep dokter

  7. Sangat memperihatinkan sekali, bahwa narkoba telah merajalela masyarakat di Indonesia bahkan, hampir semua kalangan masyarakat positif menggunakan narkoba. Kita harus tahu juga jenis jenis narkoba tetapi jangan sampai kita terjerumus. Narkoba yaitu suatu hal Yang harus di hindari,Karena kalau tidak dapat membahayakan lingkungan , kesehatan ,dan orang lain. Dan jika narkoba dikonsumsi oleh pelajar maka dampak Yang ditimbulkannya yaitu dapat menghancurkan masa depan, bisa mematikan kreatifitas semestinya di usianya yg muda itu memiliki daya kreativitas Yang tunggi, dan dapat menciptakan generasi kriminal Sehingga, sering kali berbuat yang selalu melanggar hukum. Untuk itu, masalah narkoba harus dibasmi sampai habis dan perlu adanya dukungan dari masyarakat dan pihak Yang berwajib, pergaulan harus selalu dijaga agar tidak terjerumus, jika ada pecandu sebaiknya dilakukan tindakan perawatan bukan dijauhi, serta pemerintah harus bersikap tegas terhadap pengedar narkoba.

  8. Sangat memperihatinkan sekali, narkoba telah merajalela di Indonesia, hampir semua masyarakat indonesia positif menggunakan narkoba.Narkoba di sisi lain ada nilai positifnya. Namun, cenderung kepada hal-hal Yang negatif. Video ini, dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran/ pengetahuan bagi kita. Kita memang harus tahu jenis- jenis narkoba tetapi, jangan sampai kita terjerumus oleh hal itu. Narkoba adalah hal yang harus dihindari. Karena kalau tidak dapat membahayakan lingkungan, kesehatan, orang lain. Dan jika dikonsumsi oleh para pelajar dampak yang ditimbulkannya yaitu bisa menghancurkan
    masa depan, bisa mematikan kreativitas anak bangsa semestinya, di usianya Yang muda itu, memiliki kreativitas yang tinggi, dapat menciptakan generasi kriminal Sehingga sering kali berbuat seenaknya/ melanggar hukum. Untuk itulah, masalah narkoba harus dibasmi sampai habis dan perlu adanya dukungan juga dari masyarakat dan pihak Yang berwajib, pergaulan harus selalu dijaga, jika ada Yang pecandu lakukanlah tindakan perawatan bukan dijauhi, serta pemerintah harus bersikap tegas terhadap pengedar narkoba.

  9. Narkoba adalah obat obatan terlarang atau barang yang bisa menyebabkan kerusakan terhadap tubuh.Narkoba mempunyai efek samping yang sangat-sangat berat.adapun dampak negatif dan positif, Dampak negatif dari narkoba bisa menyebabkan gangguan kejiwaan dan lain sebagainya,adapun dampak positifnya bisa di gunakan oleh dokter untuk membius kepada paseinnya yang mau di oprasi.Saya heran kepada orang orang yang menyalahgunakan narkoba,harusnya di pakai untuk ini malah di pakai untuk itu.

    Jadi pesan saya,Janganlah kamu coba coba narkoba karena narkoba itu bisa merusak sistem tubuh,kalu narkoba bisa buat ketenangan,janganlah pake narkoba masih banyak ko cara lain untuk menenangkan,seperti dzikir dll.

    1. Mungkin marketing penjual narkoba pintar Kak sehingga mampu mengemas produk berbahaya menjadi menarik dan membuat penasaran kalangan muda mudi yang masih labil