Pengantar Pemahaman Posisi Bumi di Alam Semesta

       

Bumi di Alam Semesta – Bumi merupakan tempat hunian yang sangat besar namun jika kita melihat dalam skala alam semesta, maka bumi hanyalah planet berukuran kecil yang terletak di keluarga tata surya yang mengorbit mengitari matahari.

Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus merupakan planet yang mengorbit pada matahari (Foto: adisautis.blogspot.com)

Lebih luas dari itu, keluarga tata surya dimana matahari yang merupakan sebuah bintang ternyata hanyalah sebuah bintang diantara jutaan bintang yang terletak di galaksi Bima Sakti.

Matahari merupakan sebuah bintang yang terletak diantara jutaan bintang yang lain disebuah galaksi yang dinamakan sebagai Galaksi Bima Sakti (Foto: Mutoha.blogspot.com)

Jika kita perbesar lebih jauh, sebuah galaksi Bima Sakti ternyata hanyalah salah satu galaksi diantara puluhan galaksi lainnya yang kemudian kita namakan sebagai grup lokal gugus (kluster) galaksi. Dalam 1 gugus galaksi biasanya terdapat lebih dari 10 Galaksi namun tidak lebih dari 50 Galaksi. Local Group itu sendiri termasuk gugus galaksi yang tidak terlalu besar, didalamnya hanya berisi 30 Galaksi.

Galaksi Bima Sakti hanya sebuah galaksi di grup lokal gugus galaksi dimana masih terdapat galaksi lainnya seperti galaksi Andromeda, Triangulum, M33, NGC 6822 dll (Foto: scienceblogs.com)

Kemudian kita perbesar lebih jauh lagi, ternyata beberapa gugus galaksi akan berkumpul dan membentuk gugus super (supercluster) dari galaksi. Gugus galaksi kita (lokal grup) terdapat pada gugus super Virgo.

Gugus lokal terdapat pada gugus super Virgo (Foto: Dokumen Penulis)

Kemudian lagi-lagi kita akan perbesar lebih jauh dan ternyata disetiap titik pada gambar dibawah ini merupakan gugus super galaksi.

Disetiap titik pada gambar ini adalah gugus super galaksi (Foto: astronomyonline.org)

Hingga saat ini para ilmuwan dan para astronom baru mengetahui gambaran alam semesta sampai disini. Tentunya ini hanyalah sebuah gambaran kecil tentang alam semesta dan kita belum mampu mengetahui ukuran alam semesta yang sebenarnya.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *