Pantai Pandansari

Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari

Gambar. Pemandangan dari puncak menara mercusuar Pandansari (Foto: Siswa Team)

Pantai Pandansari merupakan objek wisata pantai yang berada di daerah Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini masih tergelong alami karena belum sepenuhnya dikelola dan memiliki manajemen yang profesional. Satu-satunya objek favorit yang bisa kita nikmati yaitu melihat keindahan alam sekitar dari sebuah ketinggian.

Di pantai pandansari kita bisa melihat daerah sekitar pantai dalam radius yang sangat luas dengan menaiki menara mercusuar yang tingginya sekitar 25 meter. Menara ini dibangun pada tahun 1997 yang sejatinya difungsikan sebagai pertanda adanya daratan bagi nelayan sekitar terutama saat mencari ikan di malam hari. Lampu yang terdapat pada menara akan menyala di malam hari dengan memberi tanda nyala bewarna merah dan berputar seperti pada mobil rumah sakit.

Panorama di Pantai Pandansari

Gambar. Panorama di Pantai Pandansari (Foto: Siswa Team)

Di dalam menara di pantai pandansari ini terdapat tangga yang melingkar ke atas sehingga kita bisa naik sampai di puncaknya. Kondisi anak tangga pada bagian bawah sampai tengah terlihat masih sangat kokoh namun pada bagian menenegah ke atas, beberapa besinya telah mengalami korosi atau karatan sehingga sangat berbahaya. Selain itu kondisi anak tangganya dibeberapa bagian juga sangat licin.

Di atas menara terdapat ruangan kecil yang berisi peralatan elektronik untuk menunjang fungsi dari menara mercusuar tersebut. Ruangan ini dikelilingi oleh jendela kaca bening yang dipasang melingkar ruangan dan dua pintu kecil yang dapat kita gunakan untuk keluar dari ruangan dan turun ke bawah. Hembusan angin di luar ruangan sangatlah kencang, pengamannya hanyalah pagar besi melingkar saja sehingga bagi para pengunjung disarankan untuk tidak keluar dari ruangan puncak menara.

Tambak budidaya udang gala dan lobster

Gambar. Tambak budidaya udang gala dan lobster (Foto: Siswa Team)

Dari atas menara mercusuar pantai Pandansari kita bisa melihat perbukitan menoreh di arah barat serta melihat pegunungan di daerah wonosari di sebelah timur. Di arah selatan kita bisa melihat samudera Indonesia yang bewarna biru dan di arah utara kita bisa melihat gunung merapi dan merbabu. Oleh karena menara ini sangat tinggi, kita bisa melihat permukaan bumi yang melengkung. Jika cuaca cerah, kita juga dapat melihat indahnya sunset di ufuk barat. Selain itu kita juga bisa melihat tumbuhan hutan cemara pantai yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai mulai dari pantai samas hingga ke pantai pandansimo.

Menara mercusuar di Pantai Pandansari

Gambar. Menara mercusuar di Pantai Pandansari (Foto: Siswa Team)

Fasilitas di pinggir pantai masih sangat minim yaitu hanya ada beberapa warung makan yang menyediakan aneka makanan laut dan tempat jasa parkir. Selebihnya di lokasi wisata ini hanya ada pepohonan hutan cemara laut yang sangat rindang, semak-semak khas daerah pinggir pantai, tempat budidaya udang gala (udang berukuran besar) dan lobster serta kebun budidaya buah naga. Hasil budidaya udang gala dan lobster ini pada umumnya dijual di daerah lain misalnya pasar Beringharjo Yogyakarta atau di provinsi lain seperti semarang, batang, kendal dan pekalongan.

Biaya tiket masuk pantai Pandansari

Biaya tiket masuk di pantai ini tidak ada. Kita hanya dikenakan jasa parkir sepeda motor sekitar Rp 2000,-/motor dan Rp 5000,-/mobil. Untuk dapat naik ke atas mercusuar pantai pandansari, kita dikenakan tarif (tidak resmi) sekitar Rp 3000,-/orang yang katanya untuk “uang kebersihan”. Oleh karena tarifnya tidak resmi, maka pengunjung yang naik ke mercusuar tidak ada jaminan asuransi jika terjadi musibah.

Peta lokasi wisata pantai Pandansari

Lokasi wisata pantai pandansari dapat dilihat pada denah berikut ini.

Peta lokasi wisata pantai pandansari

Gambar. Peta lokasi wisata pantai pandansari

Butuh waktu sekitar 20 menit bila kita menempuh perjalanan dari kota Bantul atau sekitar 45 menit bila dari kota Yogyakarta. Kita bisa mengunjungi lokasi wisata pantai pandansari melalui jalan Bantul dengan berjalan terus ke selatan. Jalanlah terus sampai melewati Majid Agung Bantul, Polres Bantul hingga akhirnya sampai jalan Samas. Berjalanlah terus ke selatan hingga menemukan papan petunjuk arah menuju Pantai Goa Cemara yang ada di barat jalan. Kondisi jalan samas hingga deandles sangat bagus (sudah beraspal) namun masih sepi kendaraan bermotor.

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *