Pantai Kwaru

Pantai kwaru merupakan objek wisata pantai yang terdapat di daerah Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Sama halnya pada pantai Goa Cemara, Pantai Kwaru ini ditumbuhi dengan pepohonan cemara udang atau cemara laut yang sangat lebat.

Panorama Pantai Kwaru Bantul Yogyakarta

Gambar. Panorama Pantai Kwaru Bantul Yogyakarta (Foto: Siswa Team)

Semula pantai ini termasuk pantai yang gersang dan hanya ditumbuhi oleh rumput ilalang khas daerah pantai namun sejak tahun 2000 masyarakat sekitar bersama pemerintah daerah dan tim riset dari UGM melakukan penanaman tumbuhan cemara.

Pemandangan hijau di Pantai Baru

Gambar. Pemandangan hijau di Pantai Baru (Foto: Siswa Team)

Kawasan pantai kwaru sangat luas yang dapat kita bagi menjadi tiga kawasan yaitu kawasan timur, tengah dan barat. Pada kawasan timur berbatasan langsung dengan pantai Goa Cemara. Disini banyak pengunjungnya bila musim liburan tiba atau pada hari akhir/minggu namun pada hari-hari biasa pengunjungnya relatif sedikit. Di bagian timur ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap diantaranya mushola (Mushola Asshobirin yang diresmikan tanggal 31 Januari 2000 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X), parkir, loket tiket, warung makanan yang menjajakan makanan khas laut, pendopo dan sebagainya.

Pada kawasan bagian tengah, tidak banyak yang mengunjunginya. Disini banyak bangunan liar yang kelihatan tidak dipakai lagi, wahana bermain sepeti kolam renang mini atau bangunan warung juga tidak dibuka. Bila dibandingkan dengan kawasan bagian timur, pada kawasan bagian tengah jauh lebih rindang sehingga sinar matahari hanya sedikit saja yang mampu mencapai tanah.

Lain halnya pada kawasan sebalah barat. Pada kawasan pantai kwaru sebelah barat akan berbatasan langsung dengan Pantai Baru. Nah, kawasan ini tidak digunakan untuk umum melainkan sebagian digunakan untuk lahan penelitian dan pengembangbiakan lobster dan udang gala (udang yang berukuran besar). Pada lahan pertanian terlihat sejumlah tanaman sampel seperti padi dan tanaman sawah lainnya dicoba untuk ditanam di daerah pinggir pantai.

Kawasan penelitian di Pantai Kwaru

Gambar. Kawasan penelitian di Pantai Kwaru (Foto: Siswa Team)

Akibat naiknya permukaan laut dan tingginya ombak, kondisi Pantai Kwaru mengalami abrasi. Sebagian bangunan mengalami kerusakan ringan dan sebagian lainnya roboh hingga tidak bisa digunakan lagi.

Abrasi Pantai Kwaru

Gambar. Abrasi Pantai Kwaru (Foto: Siswa Team)

Biaya tiket masuk Pantai Kwaru

Biaya tiket masuk sebesar Rp 3000,-/orang. Adapun biaya tiket parkir sebesar Rp 10.000,-/bus; Rp 5.000,-/mobil; Rp 2.000,-/motor. Bila hari-hari biasa, terkadang tidak terlihat adanya petugas tiket.

Peta lokasi wisata Pantai Kwaru

Peta lokasi wisata Pantai Kwaru dapat dilihat di bawah ini.

Peta lokasi wisata pantai kwaru

Gambar. Peta lokasi wisata pantai kwaru

Bila kita dari arah utara ikutilah jalan Bantul yang arahnya ke selatan kemudian melewati kota Bantul dan ikuti jalan samas yang arahnya tetap ke selatan. Dikanan jalan akan ada papan petunjuk arah menuju Pantai Goa Cemara, ikuti papan petunjuk ini karena pantai Kwaru masih satu kompleks sehingga sejalur dengan Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara.

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *