Pantai Kesirat

Pantai Kesirat merupakan pantai yang terletak Kelurahan Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini masih sangat alami dan belum memiliki managemen pariwisata sehingga pengelolaannya tidak ada.

Pantai Kesirat

Gambar. Pantai Kesirat (Foto: Siswa Team)

Pantai Kesirat menjadi tempat favorit bagi masyarakat yang gemar mancing di laut. Pada umumnya, warga yang hendak memancing ikan melakukannya di malam hari. Dengan keadaaan bebatuan karang yang menjorok ke selatan membuat pantai yang satu ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati sunset atau matahari terbenam.

Padang rumput hijau di Pantai Kesirat

Gambar. Padang rumput hijau di Pantai Kesirat (Foto: Siswa Team)

Meski merupakan pantai berkarang, Pantai Kesirat ditumbuhi rerumputan hijau yang cukup luas dan beberapa tanaman pandan laut serta tumbuhan semak belukar khas tanaman laut. Pengunjung dapat menginap dengan membangun tenda atau berkemah yang tentunya peralatannya harus telah dipersiapkan dari rumah masing-masing karena di tempat ini tidak ada tempat penyewaan tenda.

Batu karang di tepi Pantai Kesirat

Gambar. Batu karang di tepi Pantai Kesirat (Foto: Siswa Team)

Keadaan pantai ini, berupa bebatuan karang dan bukit karang dimana permukaan lautnya berada di bawah karang yakni sekitar 9 meter. Kondisi yang seperti ini menjadikan pantai Kesirat tidak bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Terlebih gelombang di pantai ini sangat besar seperti gelombang pada pantai selatan pada umumnya (Baca juga: Pantai Siung).

Tumbuhan Pandan laut tumbuh di atas bukit karang di Pantai Kesirat

Gambar. Tumbuhan Pandan laut tumbuh di atas bukit karang di Pantai Kesirat (Foto: Siswa Team)

Fasilitas di pantai ini hanyalah berupa lahan parkir yang sempit yang hanya bisa termuati sekitar untuk 30-an sepeda motor dan 2 mobil. Biaya parkir sebesar Rp 2000/motor dan Rp 5000/mobil (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Fasilitas umum lainnya seperti listrik, kamar mandi, mushola dan warung makan pun belum ada. Jarak dari perkampungan terdekat pun sangat jauh yakni sekitar 3 km melewati jalanan naik-turun khas daerah pegunungan dan perkebunan warga.

Peta lokasi Pantai Kesirat dapat dilihat pada denah di bawah ini.

Peta lokasi Pantai Kesirat

Gambar. Peta lokasi Pantai Kesirat

Rute perjalanan menuju Pantai Kesirat bila dari Kota Bantul sekitar 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Kondisi jalan raya sangat bagus dari Kota Bantul sampai menuju Kelurahan Girikarto dengan medan berliku ciri khas daerah pegunungan dan hutan. Namun dari Kelurahan Girikarto menuju Pantai Kesirat kondisi jalan masih bertanah, berbatu dan sebagian ada yang sudah di semen. Papan petunjuk arah di sepanjang perjalanan sudah ada meskipun hanya berukuran kecil.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan