Macam-Macam Pers Beserta Wilayah Sirkulasinya

  • Whatsapp
Gambar. Contoh tampilan salah satu pers nasional detik news (Foto: detik)

Macam-macam pers beserta wilayah sirkulasinya oleh A.S Haris Sumadiria dalam bukunya yang berjudul Jurnalistik Indonesia di bagi dalam lima macam atau kelompok yaitu pers komunitas, pers lokal, pers regional, pers nasional, dan pers internasional.

Semakin besar wilayah pers, maka pangsa pasar pers semakin besar. Ini berbading juga dengan modal yang harus dikeluarkan. Semakin besar jangkauannya, maka membutuhkan modal semakin besar.

Macam-Macam Pers Beserta Wilayah Sirkulasinya

  1. Pers Komunitas

Pers komunitas cakupan wilayahnya sangat kecil, misalnya hanya sebatas beberapa desa atau kelurahan dalam satu kecamatan. Pers jenis ini lebih banyak berisi tentang penyebaran informasi penting dari pemerintahan untuk desa, program kerja desa atau informasi terkait sosialisasi kegiatan. Selain itu, isi beritanya juga berisi tentang edukasi masyarakat, misalnya penanganan wabah, info koperasi desa dsb.

Baca juga: Ujaran kebencian di media sosial

Adapun berita yang berkaitan dengan kritikan sangatlah jarang dan kalaupun ada pasti penyampaiannya dilakukan secara bahasa yang halus dan hati-hati. Begitu pula dengan topik-topik yang berisi pemuasan kebutuhan, seperti rekreasi, fashion, gaya hidup dll sangat jarang di publikasikan di pres jenis ini. Hal ini, dilakukan karena pers komunitas lebih mementingkan menjaga keharmoniasan hubungan sosial masyarakat daripada sekedar memuaskan kebutuhan pembaca.

Contoh tampilan salah satu pers nasional detik news
Contoh tampilan salah satu pers nasional detik news
  1. Pers Lokal

Pers lokal cakupan wilayahnya lebih luas daripada pers komunitas. Pers lokal wilayah jangkauannya hanya sebatas sebuah kota dan sekitarnya. Adapun isi beritanya seputar tentang kehidupan masyarakat kota, kebijakan pemerintah kota dan tentang kejadian-kejadian yang ada di kota. Hal ini membuat pers lokal menjadi seperti raja-nya berita di kota sendiri.

Meskipun pers lokal cakupan wilayahnya kecil, pers jenis ini justru mempunyai karakter atau ciri khasnya tersendiri. Pers jenis ini mampu menghadirkan berita lebih akurat dan mendetail terkait kota dimana dia berada sehingga keberadaan pers ini dalam waktu ke waktu dapat menjadi seperti kamus atau cerminan kota tersebut.

  1. Pers Regional

Pers regional memiliki jangkauan yang lebih luas daripada pers lokal. Pers regional berada di ibu kota provinsi. Misalnya provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, maka pers tersebut berada di Kota Yogyakarta namun jangkauan beritanya bisa meliputi daerah kota Yogyyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul dan Kulon Progo. Keberadaan pers regional saat ini mulai terkepung dengan adanya pers komunitas dan pers lokal yang jumlahnya banyak.

  1. Pers Nasional

Pers nasional memiliki jangakauan skala nasional. Dengan kata lain pers jenis ini menjangkau semua provinsi yang ada dalam sebuah negara.

Keberadaan pers nasional berada di ibu kota negara. Semua berita penting atau populer di pers regional akan di satukan dalam pers nasional. Setelah menjadi berita yang utuh baru disebarkan kembali ke percetakan cabang yang ada di daerah-daerah. Kemudian di distribusikan di tiap daerah.

Isi berita pada pers nasional yakni seputar kebijakan pemerintah pusat, kritikan dan saran, isu yang berkembang di masyarakat luas, aspirasi serta tuntutan dan kepentingan-kepentingan nasional.

Oleh karena berita pada pers nasional diambil dari pers ragional, maka beritanya sering kali tidak jauh berbeda. Hanya saja cakupan sebaran beritanya saja yang berbeda.

Baca juga: Fungsi diam dalam komunikasi non verbal

  1. Pers Internasional

Pers internasional biasanya berkedudukan di ibu kota negara dan kota-kota besar dalam suatu negara. Pers jenis ini berisi tentang kebijakan luar negeri sesuatu negara, kegiatan-kegiatan bertaraf internasional seperti SEA GAMES, Olimpiade dsb. Selain itu juga berisi berita-berita seputar industri bisnis skala luas.

Buat Anda yang berencana membuat pers, maka mengetahui macam-macam pers beserta wilayah sirkulasinya sangatlah penting karena akan mempengaruhi permodalan, target pembaca dan pemasukan.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *