5 Fungsi Diam dalam Komunikasi Non Verbal

  • Whatsapp
5 Fungsi Diam dalam Komunikasi Non Verbal

5 Fungsi Diam Dalam Komunikasi Non Verbal – Dalam kehidupan sehari-hari, diam merupakan salah satu bentuk komunikasi non verbal yang pasti dilakukan manusia bahkan ada pribahasanya “diam itu emas”.

Ketika kamu marah dengan seseorang, kadang kita memilih untuk diam. Ketika kamu sedang membaca tulisan ini dalam hati pasti kamu diam juga kan?. Nah, lalu apa fungsi diam dalam komunikasi non verbal itu?

Sebagai catatan, mungkin diantara pembaca ada yang tidak tahu apa itu komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal merupakan komunikasi tanpa adanya suara misalnya menggunakan bahasa isyarat, diam, lukisan dan tulisan.
Fungsi Diam Dalam Komunikasi Non Verbal
5 Fungsi Diam dalam Komunikasi Non Verbal

Beriku 5 fungsi diam dalam komunikasi non verbal yang kita lakukan sehari-hari.

1. Fungsi diam sebagai tanda bahwa kita sedang memperhatikan sesuatu

Ketika kita sedang fokus memperhatikan sesuatu pasti secara otomatis kita akan diam. Ini bisa kita lihat misalnya ketika sedang nonton televisi, sedang mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an, sedang membaca website ini dsb.
Bahkan ketika lawan bicara sedang berbicara, kita akan diam sebagai bentuk ketertarikan kita terhadap apa yang dibicarakan.

2. Sebagai jeda

Disaat dua orang sedang berkomunikasi, ada suatu koneksi yang harus terjalin agar tidak terjadi salah faham atau miskomunikasi. Maka diperlukan diam untuk memahami dan mencerna perkataan lawan bicara. Nah, diam ini merupakan cara agar kita memiliki kesempatan untuk berfikir.

3. Sebagai tanda untuk menunjukan rasa simpati atau empati

Saat orang sedang berbicara kepada kita, itu artinya orang tersebut sedang menyampaikan sesuatu yang ada dalam hati dan pikirannya. Maka, langkah kita untuk diam dan mendengarkan apa yang diutarakan merupakan tanda untuk menunjukkan rasa simpati atau empati terhadap lawan bicara.

Lawan bicara akan lebih merasa dihormati, dihargai karena merasa apa yang disampaikannya tidak sia-sia. Ini sangat baik dalam menjalin interaksi sosial yang sehat.

4. Untuk menghentikan interaksi yang sedang dilakukan

Ketika lawan bicara sedang berbicara, untuk menghentikan pembicaraannya bisa dengan cara diam saja. Langkah untuk tetap diam ini merupakan langkah dalam fungsi yang negatif jadi hindarilah.

5. Fungsi diam sebagai tanda tidak suka

Dalam komunikasi non verbal, seseorang yang tidak suka terhadap sesuatu yang sedang dibicarakan bisa menunjukkannya dengan cara diam. Diam disini dimaksudkan supaya pembicaraannya tidak berlanjut lagi alias sudah cukup, tidak usah dibahas lagi.

Bila ada pertanyaan seputar 5 fungsi diam dalam komunikasi non verbal di atas, bisa ditulis di kotak komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *