Kegunaan Kacamata Renang

  • Whatsapp
Manfaat atau Kegunaan Kacamata Renang
Kegunaan Kacamata Renang

Kegunaan Kacamata Renang – Siapa sih yang gak suka dengan aktivitas renang. Hampir semua orang suka berenang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Semua punya tingkatannya masing-masing.

Adanya antusiasme yang besar dari masyarakat, maka dibuatlah peralatan yang dapat memberikan keamanan bagi perenang. Salah satunya yakni kacamata renang. Lalu apa saja manfaat kacamata renang ini?, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat atau Kegunaan Kacamata Renang

1. Melindungi mata dari iritasi

Untuk membunuh dan membatasi persebaran kuman, maka air di dalam kolam renang pada umumnya dicampur dengan klorin. Namun apabila bercampur dengan urin, keringat dan kotoran kulit, maka akan terbentuk zat pencemar yaitu Chloramine.

Chloramine ini dapat menyebabkan iritasi pada mata, pernapasan menjadi sesak serta ruam kulit. Nah, untuk melindungi mata ini kemudian dibuatlah kacamata renang.

2. Mencegah cedera pada mata

Berenang di sungai atau laut tentu sangat mengasikkan. Namun aktivitas berenang di perairan alami ini juga dapat menimbulkan masalah karena mata kita akan bersinggungan langsung dengan air yang di dalamnya tentu banyak dedaunan, puing-puing dan organisme yang dapat membuat cedera pada mata.

Hal ini tentu berbeda saat kita berenang di kolam renang dimana di kolam renang airnya telah dibersihkan dari kotoran atau sampah dan telah disterilkan dari kuman.

Dalam hal ini, kacamata renang berfungsi untuk melindungi mata dari cedera saat melakukan penyelaman.

3. Meningkatkan pengelihatan pada saat di dalam air

Orang yang berenang tanpa menggunakan kacamata, maka secara alami pengelihatannya akan kabur. Nah, dengan menggunakan kacamata, maka pengelihatan akan menjadi lebih terang dan fokus.

4. Memberikan kenyamanan

Manfaat kacamata renang berikutnya yaitu dapat memberikan kenyamanan terutama bagi penderita penyakit mata seperti mata rabun atau mata sensitif.

Cara memilih kacamata renang terbaik

1. Air tidak mudah masuk

Fungsi kacamata renang yang utama yaitu agar air tidak masuk. Maka pilihlah kacamata renang anti slip yang karet pinggirannya kuat dan tidak mudah bergeser.

2. Tidak berkabut

Kacamata renang yang mudah berkabut dalam segala cuaca dapat menyebabkan pengelihatan menjadi buram. Maka pilihlah jenis kacamata anti-fog yang tidak mudah berkabut dalam kondisi cuaca apapun.

3. Lensa yang tepat

Pemilihan ukuran lensa yang sesuai dengan lebar dahimu. Ukuran yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan saat pemakaian dan membuatnya tidak mudah bergeser. Kacamata renang yang mudah bergeser akan menyebabkan air masuk ke dalam kacamata.

4. Kacamata renang bermerk

Kacamata renang yang bermerk pasti memiliki standar keamanan dan kualitas yang tinggi daripada yang tidak bermerk. Namun yang menjadi masalah, banyak sekali beredar kacamata renang bermerk namun ternyata palsu. Untuk itu, maka berhati-hatilan dalam melakukan pembelian.

Nah, demikianlah pembahasan tentang Kegunaan Kacamata Renang serta cara memilih kacamata terbaik yang dapat menambah wawasan kita semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *