Jenis Flora Yang Hidup di Daratan

Apa saja jenis flora yang hidup di daratan ?. Jika kita bertanya demikian, maka jawabannya akan panjang sekali. Mengapa? yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Flora atau tumbuhan di daratan itu sangat beraneka ragam jenis dan bentuknya. Mereka hidup mulai dari tempat yang datarannya rendah sampai di dataran tinggi. Begitu juga dengan iklimnya, ada yang hidup di wilayah beriklim sedang bahkan ada yang hidup di daerah beriklim sangat ekstrem.

Wilayah daratan sebagai tempat hidup mereka terbentang dari daerah kutub, subtropis hingga daerah tropis. Nah, karena faktor lingkungannya ada beraneka macam, maka jenis floranya pun menjadi beraneka macam. Mereka dapat hidup menyesuaikan kondisi lingkungannya masing-masing.

Ragam bentuk dan ukurannya tumbuhan atau flora ada berbagai macam, ada yang berukuran kecil seperti alga sampai yang berukuran raksasa seperti pohon beringin, pohon asem  dan sebagainya.

Artikel: Persebaran flora di dunia

Nah, untuk memudahkan memahami jenis flora yang hidup di daratan ini, kita akan menggolongkannya berdasarkan tempat hidupnya yaitu tumbuhan di hutan hujan tropis, hutan musim, hutan hujan daerah sedang, hutan berdaun jarum, sabana, stepa, gurun dan tundra.

Jenis-jenis flora yang hidup di daratan adalah sebagai berikut:

1) Hutan hujan tropis (hutan equatorial)

Hutan hujan tropis berada antara garis lintang 0⁰– 30⁰ LU/LS. Hutan hujan tropis terdapat wilayah sekitar daerah garis khatulistiwa. Suhu terdinginnya sekitar 18⁰C dan bercurah hujan sangat tinggi sepanjang tahunnya.

Daerah khatulistiwa atau ekuator ini ada di negara kita –Indonesia- yang diantaranya berada di pulau Sumatera, Papua, sebagian jawa dan Kalimantan. Daerah ini juga ada di negara India, Brasil, Florida, Kenya, Nigeria dan Karibia.

Tumbuhan yang hidup di daearah ini sangatlah beragam. Hutannya akan memiliki kelembapan yang tinggi karena hutannya lebat sehingga sinar matahari akan sulit jatuh ke tanah karena sudah lebih dahulu tertutupi dedaunan.

Contoh tumbuhannya diantaranya tumbuhan bakau, anggrek, rotan dan lumut.

Baca juga: Persebaran flora di Indonesia

Pohon jati yang merupakan salah satu jenis flora yang hidup di daratan hutan musim
Pohon jati yang merupakan salah satu jenis flora yang hidup di daratan hutan musim (Foto: Siswapedia)

2) Hutan musim

Hutan musim terdapat di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Dikatakan hutan musim karena pembagian musimnya jelas dan didominasi oleh tumbuhan yang sejenis.

Jenis tumbuhan yang terkenal hidup di hutan ini yaitu pohon jati. Pohon jati akan menggugurkan daunnya ketika musim kemarau guna mengurangi penguapan air sedangkan pada musim penghujan, daunnya akan mulai tumbuh kembali.

3) Hutan hujan daerah sedang

Hutan hujan daerah sedang terdapat di:

a) dataran tinggi zone ekuatorial dan tropis,

b) daerah lintang 25⁰ – 30⁰ LU/LS, serta

c) daerah pantai barat antara lintang 35⁰ – 55⁰ LU/LS.

Jenis floranya diantaranya tumbuhan pakis, bambu dan belukar.

4) Hutan berdaun jarum (konifer)

Hutan berdaun jarum dinamakan juga sebagai hutan konifer. Hutan ini terdapat di daaerah yang mendekati kutub diantaranya Siberia, Kanada bagian utara, asia utara, eropa utara dan Alaska.

Selain itu dataran tinggi di daerah tropis juga terdapat hutan berdaun jarum ini misalnya dataran tinggi dieng, pegunungan menoreh Jogja dan pengunungan hutan cemoro sewu Karanganyar. Jenis tumbuhannya diantaranya pohon cemara, pohon pinus, pohon sequoia, mercussi dll.

5) Sabana (savanna)

Sabana merupakan daerah yang jarang hujan sehingga didominasi oleh tanaman yang mampu hidup di daerah dengan curah hujan rendah. Sabana terdapat di Bali, Nusa Tenggara, Aceh, Jawa Timur, dan Venezuela.

6) Stepa (padang rumput)

Stepa terdapat di Australia, Argentina, Brasil, Amerika Serikat, dan daerah sekitar Laut Kaspia. Daerah stepa lebih kering daripada saerah sabana. Di daerah stepa tumbuhan didominasi rumput (kayak rumput gajah) dengan diselingi sedikit pepohonan perdu.

Baca juga: Fenomena biosfer

7) Gurun

Gurun terdapat di pantai barat benua antara lintang 35⁰ – 39⁰ LU/LS. Negara dengan  banyak gurunnya diantaranya negara-negara arab. Tumbuhan hanya mampu hidup diantaranya Korma, Kaktus dan rumput ilalang.

8) Tundra (padang lumut)

Tundra terdapat di Rusia Utara, Kanada Utara, Norwegia, Finlandia, dan Greenland atau daerah yang berbatasan dengan kutub. Tumbuhannya cirinya berukuran kerdil serta mampu bertahan pada suhu udara yang sangat dingin.

Daftar Pustaka

Iskandar.2009.Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA.Jakarta:PT. Remaja Rosdakarya.

Utoyo, Bambang. 2009. Geografi Membuka Cakrawala Dunia. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *