Cara Membuat Masker Kain Tali Karet

  • Whatsapp
Cara Membuat Masker Kain Tali Karet
Cara Membuat Masker Kain Tali Karet

Mengetahui cara membuat masker kain tali karet saat ini sangatlah penting karena adanya wabah virus Corona membuat persediaan masker medis terbatas dan kalaupun ada harganya sangatlah mahal. Untuk itu simaklah penjelasannya berikut ini.

Saat ini dunia sedang dilanda wabah virus flue yang menyerang pernapasan manusia yaitu virus Corona. Untuk mencegah terkena virus Corona atau Covid-19, kita bisa melakukannya dengan cara menjaga pola hidup sehat agar daya tahan tubuh menjadi kuat. Makanlah makanan yang mengandung vitamin A, E dan C misalnya sayuran bayam dan daun kelor.

Baca artikel: Pola hidup sehat untuk mencgah virus Corona

Selain itu kita dihimbau untuk selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Nah, hal yang penting dalam membuat masker penyaring virus adalah besar pori-pori kain harus lebih kecil daripada besar diameter virus.

Menurut hasil penelitian, kain katun (untuk bahan membuat kaos) tipis sebanyak 3 lembar bisa menyaring virus sebanyak sekitar 70%. Memang ini jauh dibawah kemampuan menyaring masker medis. Akan tetapi menggunakan masker kain tali karet ini lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

Bahan-bahan masker tali karet akan kami pilihkan dari bahan yang kemungkinan besar ada di toko-toko penjual kain di sekitar kita sehingga mudah untuk mendapatkannya.

Bahan dan Alat Membuat Masker Kain Tali Karet

1. Tali karet ukuran kecil.

Kalau tali karet tidak ada yang ukuran kecil belilah yang ukuran 1 cm lalu disisir menjadi 2 sampai 4 sisiran. Ini untuk mengakali disaat situasi genting karena pasokan bahan kurang. Harga tali karet ini sekitar Rp 5.000/meter.

2. Kain katun 1 meter dan kain ero 0,5 meter

Kain katun ukuran 1 meter dengan harga Rp 60.000/meter bisa dibuat menjadi 8 masker kain dengan masing-masing masker terdiri dari 3 lapisan. Akan tetapi jika persediaan kain katun terbatas, kita bisa membuat 2 lapis kain katun dan 1 lapis kain ero yang biasanya untuk furing.

3. Kardus

4. Penggaris dan bolpoin

5. Mesin jahit

6. Gunting

7. Jarum pentul

Cara Membuat Masker Kait Tali Karet Sederhana

Pada tutorial ini, masker kain yang dibuat terdapat 3 lapisan yaitu lapisan depan dan belakang menggunakan kain katun sedangkan lapisan tengahnya menggunakan kain ero.

1. Buatlah sketsa gambar di sebuah kardus, lalu potonglah menjadi seperti ini. Keterangan ukuran dalam gambar adalah centimeter.

Pola masker kain katun sederhana
Pola masker kain katun sederhana

2. Terapkan potongan sketsa kardus di atas pada kain katun dan kain ero lalu blok menggunakan bolpoin. Ikuti terus sesuai alur kelilingnya. Setelah itu kita potong menggunakan gunting. Buat pula garis dengan ukuran lebih kecil menggunakan bolpoin sebagai penanda lipatan kain yang nantinya kita jahit.

Kain katun dan kain ero dipotong sesuai pola masker
Kain katun dan kain ero dipotong sesuai pola masker

3. Satu buah masker kain membutuhkan 4 potongan kain katun dan 2 buah potongan kain ero yang bentuknya seperti gambar di atas.

4. Buatlah sepasang-sepasang sehingga menjadi 2 pasang kain katun dan 1 pasang kain ero. Lalu jahitlah bagian tengah masker yang garisnya bengkong (sisi sebelah kiri pada gambar di atas) sehingga menjadi gambar di bawah ini.

5. Nah, gambar di atas menunjukan bahwa kita telah berhasil membuat 3 lapisan masker kain. Kemudian ketiga lapisan ini nantinya kita jahit menjadi satu.

6. Tumpuklah ketiga lembar kain di atas menjadi satu sehingga menjadi susunan 1 lapisan katun di atas, 1 lapisan katun tengah dan 1 lapisan ero di bawah.

7. PERHATIKAN!: Pada lapisan kain katun di atas yaitu nomor 1 dan lapisan ero di bawah, kita susun secara terbalik sehingga margin kain sisa jahitnya menjadi seperti ini.

lapisan masker kain menyatu

8. Gunakanlah jarum pentul untuk menyatukan ketiga lapisan kain agar tidak bergerak ketika dijahit.

9. Jahitlah bagian atas dan bagian bawah masker. Pada bagian samping kanan dan kiri masker jangan dulu dijahit.

10. Setelah itu baliklah bagian dalam masker menjadi di luar masker. Caranya kamu bisa menariknya melalui lubang sisi kanan atau sisi kiri masker sehingga masker kain akan menjadi seperti ini.

Masker kain 3 lapis

11. Langkah terakhir yaitu memasang tali karet di masker yang telah kita buat. Caranya ambil tali karet dengan panjang secukupnya kemudian di jahit pada sisi kanan dan kiri masker.

12. Model pemasangan tali ada 2 macam yaitu bisa diikatkan ke telinga atau di kalungkan ke kepala. Biasanya untuk perempuan yang menggunakan jilbab lebih cocok menggunakan model yang dikalungkan ke kepala.

Cara Membuat Masker Kain Tali Karet

Nah, hasil akhir tutorial Cara Membuat Masker Kain Tali Karet ini bisa seperti gambar di atas. Kalau kainmu bermotif bisa terlihat lebih menarik.

Apa artikel di atas bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Artikel ini belum dinilai! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *