Catatan Kaki
Jaket 2in1 berfungsi Sebagai Jaket sekaligus Jas hujan, Nyaman & tidak rembes. Menerima reseller & agen. Buruan...! temukan koleksimu disini
Kaos WWE Asli Authentic (USA) dan Homemade. Recommeded seller sejak 2013. Open Reseller n Dropshipper. BBM : 270C31DF | WAP : 081297139003
Melalui program Donasi Palestina ini, kami siap menyalurkan donasi Anda guna membantu saudara-saudara kita di Palestina & Syiria
Aneka produk Herbal,100 % berasal dari ekstraksi bahan-bahan alami. Berkhasiat ampuh untuk menyembuhkan segala macam jenis penyakit & tidak berbahaya bagi tubuh.

Karya tulis ilmiah membutuhkan dokumentasi untuk memudahkan penulis menyatakan serta mengakui jasa para penulis lainnya. Selain itu, dokumentasi ini bertujuan agar para pembaca menguji atau memeriksa sumber informasi. Dokumentasi ini biasanya berbentuk catatan kaki.

Berikut ini contoh catatan kaki. Lihatlah penempatannya dalam halaman.
contoh catatan kaki

Jika bahan tulisan diambil dari sebuah buku, ikutilah bentuk berikut.

1. Buku

a. Data pengarang
Nama pertama, nama tengah, nama akhir, koma.

b. Data buku
Judul buku digarisbawahi (dicetak miring), tanda kurung buka, tempat penerbitan, titik dua, penerbit, koma, tahun penerbitan, tanda kurung tutup, koma.

c. Data halaman
Ringkasan p. atau pp., angka, titik. Contoh:

contoh catatan kaki

Haruslah diperhatikan benar-benar bahwa tidak ada tanda baca mendahului tanda kurung buka, tetapi terdapat koma setelah tanda kurung tutup. Seperti juga halnya dengan kalimat, catatan kaki mulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan titik. Bagi artikel, bentuk sama saja, tetapi terdapat perbedaan penting.

2. Artikel

a. Data pengarang
Nama pertama, nama tengah, nama akhir, koma.

b. Data artikel/publikasi
Tanda kutip buka, judul artikel, koma, tanda kutip tutup, judul penerbitan digarisbawahi, koma, hari, bulan (disingkat kalau lebih dari lima huruf), koma, tahun, koma.

c. Data halaman
Singkatan p. atau pp., angka, titik. Contoh:

contoh catatan kaki

Perlu dicatat bahwa dalam catatan kaki tersebut dipakai bentuk penanggalan militer; urutannya adalah hari—bulan—tahun, bukan urutan bulan—hari—tahun seperti yang biasa dipergunakan masyarakat umum. Juga, pada data tersebut tidak dicantumkan nomor jilid karena majalah-majalah populer diterbitkan berdasarkan tahun kalender dan dijilid di perpustakaan berdasarkan hal itu.

Berikut ini beberapa contoh bagi sumber-sumber lainnya yang mungkin kita temui.

a. Artikel dalam Koran

contoh catatan kaki

b. Artikel dalam Jurnal

contoh catatan kaki

(Catatan: Judul buku dalam judul artikel ini digarisbawahi; nomor jilid jurnal ditempatkan sebelum tanggal; kalau nomor jilid disertakan, tidak digunakan singkatan; tanggal ditempatkan dalam tanda kurung).

c. Artikel dalam Koleksi

contoh catatan kaki

(Catatan: eds = editors; karena Englewood Cliffs tidak begitu terkenal, diikuti oleh singkatan negara bagian).

d. Artikel dalam Majalah Mingguan

contoh catatan kaki

Catatan: Pengarang tidak disebut).
e. Artikel dalam Majalah Bulanan
contoh catatan kaki

(Catatan: Pengarang dua orang).
f. Buku Lebih dari Satu Edisi
contoh catatan kaki

g. Buku Terjemahan

contoh catatan kaki

h. Buku, Pengarang Dua Orang
contoh catatan kaki

i. Laporan Komisi
contoh catatan kaki

j. Esai dalam Karya-Karya Kumpulan
contoh catatan kaki

(Catatan: Keduabelas jilid tersebut diterbitkan selama tahun tersebut, antara 1883–1893.

Esai yang dimaksud dalam catatan kaki nomor 15 ini termuat dalam jilid empat (yang ditulis dengan angka Romawi); penunjukan pada halaman 171 (yang ditulis dengan angka Arab) jilid tersebut. (Adelstein and Pival, 1976 : 553–55).

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan mengenai bentuk catatan kaki ini adalah sebagai berikut.

1.      Nomor

Nomor mengikuti bahan yang dikutip, yang diacu atau yang dikomentari. Nomor itu ditempatkan agak ke atas baris, di belakang semua tanda baca, kecuali garis pisah. Catatan kaki haruslah diberi nomor secara berurutan dalam seluruh karya tersebut.

2.      Penempatan

Catatan kaki ditulis di bawah garis pada bagian bawah halaman. Setiap catatan kaki diperlakukan sebagai suatu paragraf terpisah, dimasukkan 5 spasi diawali dengan nomor yang bersangkutan (sedikit berada di atas garis), diikuti oleh catatan yang berspasi tunggal, dan diakhiri dengan titik. Jika catatan kaki ditempatkan pada akhir karya tulis, haruslah ditempatkan pada halaman khusus (halaman terpisah). Jarak antara catatan kaki dan catatan kaki lainnya biasanya dua spasi (atau spasi ganda).

3.      Kapitalisasi dalam Judul

Seperti yang telah kita ketahui, huruf pertama pada kata-kata judul hendaklah ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas (kata depan dan kata sambung).

4.      Judul, Tanda Kutip, dan Huruf Miring

Semua judul mengikuti peraturan yang sama seperti pada bibliografi: judul buku, judul majalah, harian, atau ensiklopedi digarisbawahi atau dicetak dengan huruf miring; judul artikel ditempatkan dalam tanda kutip.

5.       Referensi Kedua atau Belakangan

Kalau kita telah menyajikan semua informasi yang dibutuhkan dalam catatan kaki yang pertama bagi suatu sumber, demi kepraktisan tidak perlu lagi kita ulangi seperti catatan kaki yang pertama itu. Cukup kalau kita menulis nama akhir pengarang dan nomor halaman saja, contoh: (Tarigan, p. 17). Kalau kebetulan ada dua pengarang yang mempunyai nama akhir yang sama, kita harus menulis nama mereka secara utuh (Henry Guntur Tarigan, p. 17); dan kalau ternyata pengarang tersebut telah menulis dua atau lebih karya, maka sebaiknya kita mencantumkan nama akhir dan singkatan judul karyanya, contoh: (Tarigan, Membaca, p. 27).

Sebagai bentuk pilihan, pada penyebutan kedua dan seterusnya atas sumber yang sama, judul buku dan sebagainya tidak perlu disebut lagi, dan digantikan dengan singkatan: ibid, op.cit, loc.cit.

Berikut ini contoh pemakaian ibid dan loc.cit yang ada di bagian bawah halaman suatu buku.

contoh penunjukan "ibid"

Berikut contoh penunjukan “ibid” dalam suatu tulisan.

contoh penunjukan "ibid"

 

Adi Abdul Somad, dkk. 2007. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI SMA/MA Program IPA dan IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Ingin Wajah anda bersih bebas jerawat,bekas jerawat,flek hitam dan memutihkan secara alami. Best Seller 100%. Menerima Seller, dropship & Agen. 08561161155
Buat iklan menarik dengan berbagai kemudahan agar orang tahu produk Anda dan mengunjungi situs web Anda.

Sampaikan kritik & saranmu di bawah ini:


Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi dikenal sebagai bapak matematika dengan nama lengkap Abu Ja'far Muhammad bin Musa[...]
Tahukah Anda?
  • Siapkanlah mental Anda untuk melihat ini, seperti inilah posisi bumi di alam semesta
  • Tanpa matahari, bumi akan mengalami penurunan suhu
  • Ilmuwan memperkirakan bahwa 50% oksigen di bumi dihasilkan oleh bakteri yang hidup di laut
Artikel Terbaru
Bersponsor
Jual Jam Tangan Murah Online
www.inilahjamtangan.com adalah toko jam tangan online terpercaya. Kami menjual jam tangan dengan harga murah dan kualitas yang terjamin
MBC Clothing maker in Solo
Terima pembuatan : Order kaos Desain Pribadi- Kaos Polos- Kaos angkatan -Jersey Futsal- kemeja pdh- Partai Besar, menerima reseller, buktikan dan order barang kami !!
Kaos Bola Distro Artis Murah
Kaos Bola Artis Brand Distro Termurah se-Indonesia. Kualitas ekspor, Terpercaya 100% harga Mulai 40rb ( Grosir - Eceran ) Menerima Reseller / Dropship | 085251142235 | Pin:7CB9A02F Order Sekarang !

Kritik dan Saran | Buat Iklan

Siswapedia © 2014.