Perkembangan Sejarah Setelah Mengenal Aksara

Perkembangan Sejarah Setelah Mengenal Aksara – Kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia dilakukan melalui dua jalur yang berbeda yaitu jalur barat dan jalur utara. Jalur barat memiliki rute perjalanan dari Yunani menuju Malaka kemudian sampai ke Sumatera dan Jawa. Sedangkan jalur utara memiliki rute perjalanan dari Yunan menuju Formosa kemudian ke Jepang dan sampailah ke Sulawesi Utara kemudian menyebar ke Papua.

Perdagangan membuat pengaruh besar  kepada perkembangan gaya bangunan nenek moyang.

Gambar. Perdagangan membuat pengaruh besar kepada perkembangan gaya bangunan nenek moyang.

Nah, bangsa Deutero Melayu yang datang ke bumi nusantara pada tahun 500 SM ternyata membawa dampak atau pengaruh yang lebih banyak daripada pendahulunya. Mereka hidup dan berkembang menjadi masyarakat yang produktif pada masa itu sehingga memiliki kemajuan dibeberapa bidang, antara lain bidang pemerintahan dimana mereka menganut sistem musyawarah dan demokrasi dalam membahas masalah umum, misalnya pengangkatan ketua adat. Dari segi ekonomi, mereka telah memahami pertukaran barang (barter) antar penduduk dan selalu bergotong-royong terutama menyangkut masalah sosial. Selain itu pula, mereka memiliki kepercayaan yang berupa kepercayaan animisme dan dinamisme.

Bumi Nusantara ini sangatlah kaya, tiap daerah bisa menghasilkan berbagai macam bahan makanan dan sandang yang berbeda-beda namun tiap daerah memiliki hasil produksi unggulan yang berbeda-beda sehingga mereka melakukan pertukaran barang (barter) di daerah lain jika barang yang dibutuhkan tidak atau kurang diproduksi di daerah asal.

Keadaan nusantara yang berupa kepulauan memaksa nenek moyang bangsa Indonesia untuk bisa menguasai ilmu pelayaran agar perdagangan antar pulau dapat dilakukan. Tak hanya itu saja, kemampuan berlayar nenek moyang kita menyebabkan perdagangan merambah sampai India dan Cina. Nah, darisinilah kemudian pengaruh India dan Cina bisa masuk ke nusantara, akan tetapi pengaruh dari India ternyata lebih besar daripada pengaruh dari Cina.

Pengaruh India ke bumi nusantara ini meliputi beberapa sektor yakni:

a. Sektor Pemerintahan

Kebiasaan nenek moyang bangsa Indonesia yang hidup dalam kelompok mampu berkembang menjadi kesukuan. Pengaruh India ke Nusantara kemudian membuat perubahan yang dinamis yaitu dari kehidupan yang berupa kesukuan menjadi kerajaan.

b. Bidang Kebudayaan

Masuknya pengaruh India ke Indonesia membuat masyarakat lebih produktif serta kreatif lebih baik dari sebelumnya. Masyarakat menjadi lebih mengenal seni ukir, lukis, sastra, pahat dan penulisan sejarah melalui prasasti. Hasil karya ini bisa kita lihat di relief candi-candi yang banyak terdapat di Indonesia.

c. Bidang Sosial

Kehidupan sosial menjadi lebih teratur dimana masyarakat nenek moyang kita menjadi mengenal aturan kerajaan, terciptanya desa, pasar, kota, tempat ibadah dll. Dan mereka gemar sekali bergotong-royong.

d. Kepercayaan Masyarakat

Kepercayaan masyarakat yang tadinya berupa kepercayaan animisme dan dinamisme kemudian banyak yang berubah menjadi penganut agama Hindu-Budha.

Setelah memahami tentang Perkembangan Sejarah Setelah Mengenal Aksara, anda juga bisa membaca artikel lanjutannya berjudul Perkembangan Rekaman Tertulis Pada Masa Aksara

[color-box]Wardaya.2009.Cakrawala Sejarah. Surakarta:PT. Widya Duta Grafika.[/color-box]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *