Penyakit pada sistem pernapasan dan cara pencegahannya

Penyakit pada sistem pernapasan dan cara pencegahannya – Sistem pernapasan merupakan organ yang memiliki fungsi untuk melakukan respirasi atau pernapasan.

Sistem pernapasan pada manusia sendiri terdiri atas hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, paru-paru, serta alveolus. Organ pada sistem pernapasan sama seperti organ lainnya yang dapat mengalami gangguan.

Berbagai macam penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan akan dijelaskan dalam penjelasan berikut serta cara untuk mengatasinya.

Macam-Macam Gangguan Sistem Pernapasan pada Manusia

1. Faringitis

Suatu peradangan pada faring yang terjadi karena infeksi sehingga menimbulkan rasa nyeri pada saat menelan makanan dan tenggorokan yang terasa kering adalah faringitis. Faringitis ini disebabkan oleh infeksi akibat bakteri ataupun virus. Peradangan yang terjadi dapat juga diakibatkan karena terlalu banyak merokok yang ditandai dengan rasa sakit ketika menelan.

penyakit pada sistem pernapasan dan cara pencegahannya

2. Asbestosis

Suatu penyakit yang ditandai dengan terbentuknya jaringan parut pada paru-paru karena terlalu banyak menghirup serat-serat asbes adalah asbestosis.

Umumnya penyakit ini seringkali diderita oleh orang-orang yang bekerja di industri pertambangan, konstruksi bangunan, serta industri asbes. Bahkan keluarga pekerja juga dapat terinfeksi sebab serat asbes dapat menempel pada pakaian yang dikenakan.

Artikel terkait: sistem pernapasan manusia

3. Influenza

Influenza atau yang lebih dikenal dengan istilah flu merupakan suatu penyakit menular yang diakibatkan oleh virus influenza. Untuk gejala yang paling sering dialami penderita adalah pilek yang disertai dengan demam tinggi, nyeri otot, sakit tenggorokan, sakit kepala, mudah merasa lelah, dan batuk, yang mana gejala tersebut muncul setelah dua hari dari terserangnya virus.

Penyakit influenza ini dapat menular karena menyebar melalui udara yaitu ketika penderita batuk maupun bersin.

4. Asma

Suatu penyakit pada sistem pernapasan yang menyebabkan sesak napas yang ditandai dengan gangguan pada selaput pipa udara adalah asma. Asma disebabkan oleh alergi, udara yang terlalu lembab ataupun terlalu dingin, kebiasaan merokok, serta rasa sensitif terhadap debu.

5. Emfisema

Emfisema merupakan penyakit yang ditandai oleh adanya kerusakan pada bagian alveolus paru-paru yang mengakibatkan penderita kekurangan oksigen sehingga penderita akan sulit bernapas, sesak napas, dan sering mengalami batuk. Apabila penyakit ini sudah mulai muncul, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok.

6. Kanker Paru-Paru

Suatu penyakit ganas yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada paru-paru adalah kanker paru-paru. Kanker paru-paru dapat dibilang ganas karena dapat menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. penyebab utama dari kanker paru-paru yaitu kebiasaan merokok.

Cara Mengatasi Gangguan Pada Sistem Pernapasan Manusia

1. Faringitis

Untuk mengatasi terjadinya faringitis adalah dengan menggunakan antibiotik (apabila diakibatkan oleh bakteri), memakan buah-buahan, serta mengkonsumsi vitamin.

2. Asbestosis

Untuk mengatasi penyakit asbestosis ini adalah dengan cara membuang dahak atau lendir dari paru-paru menggunakan obat semprot. Dalam beberapa kasus, untuk mengatasi asbestosis diperlukan pencangkokan paru-paru.

3. Influenza

Untuk mengatasi terjadinya influenza yaitu dapat dilakukan dengan perbanyak istirahat, perbanyak minum air putih, tidak merokok, dan apabila diperlukan dapat meminum paracetamol sesuai dengan dosis. Tidak dianjurkan menggunakan antibiotik sebab influenza diakibatkan oleh virus bukan bakteri.

Artikel terkait: kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan

4. Asma

Untuk mengatasi penderita asma ketika kambuh dapat dilakukan dengan memberikan obat semprot maupun obat suntik yang mengandung epinefrin ataupun isoproterenol. Apabila tidak terdapat obat tersebut, penderita dapat diberikan minuman hangat serta menghirup uap air panas.

Sedangkan cara untuk mencegah asma supaya tidak kambuh adalah dengan menghindari polusi, debu, merokok, udara lembab, udara dingin, serta bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi.

5. Emfisema

Untuk mengatasi penyakit emfisema dapat dilakukan dengan mengenakan inhaler, mengikuti latihan kardiovaskular, menghindari polusi, memberikan oksigen, dan yang lainnya.

Artikel terkait: volume udara dalam paru-paru manusia

6. Kanker Paru-Paru

Hingga saat ini belum ditemmukan cara paling ampuh untuk menyembuhkan kanker paru-paru, namun dapat diatasi dengan melakukan operasi, terapi radiasi, serta kemoterapi.

Daftar Pustaka

Sasrawan, Hedi. (2015). Cara Mengatasi 10 Penyakit Pada Sistem Pernapasan. [Online]. Tersedia: Hedisasrawan.blogspot.com [02 Juni 2019].

Sugiri, Nawangsari dan Siti Soetarmi (Translator). (1999). Biology, Fifth Edition. Jakarta: Erlangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *