Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang letaknya disebelah barat daya kota Bantul atau lebih lengkapnya di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir yang bewarna hitam dimana disebelah timurnya akan berbatasan langsung dengan pantai Baru dan di sebelah baratnya akan berbatasan dengan sungai progo.

Pasir hitam di Pantai Pandansimo

Gambar. Pasir hitam di Pantai Pandansimo (Foto: Siswa Team)

Pantai Pandansimo saat ini (2015) lebih difokuskan sebagai tempat budidaya udang gala dan lobster. Bila kita mengunjungi tempat ini akan banyak melihat tambak-tambak udang yang sangat banyak. Untuk membuat gelombang buatan, para petambak udang menggunakan semacam kincir yang digerakkan oleh diesel. Bisa kita lihat gambarnya di bawah ini.

Tambak udang di Pantai Pandansimo

Gambar. Tambak udang di Pantai Pandansimo (Foto: Siswa Team)

Di pantai Pandansimo sebelah timur tambak akan dijumpai beberapa rumah penduduk sekitar. Selain itu, populasi tanamannya banyak ditumbuhi dengan pepohonan cemara laut atau cemara udang. Adapun di sebelah utara Pantai Pandansimo adalah perkampungan penduduk dan area persawahan.

Apabila kita berjalan menyisiri Pantai Pandansimo dengan rute perjalanan terus ke barat, maka kita akan menemui muara sungai Progo yaitu sebuah tempat dimana air tawar dari sungai progo akan bertemu atau bercampur dengan air laut dari Samudra Indonesia. Pada umumnya bila air laut sedang keruh, para penduduk lebih suka memancing di tempat ini.

Muara Sungai Progo Yogyakarta

Gambar. Muara Sungai Progo Yogyakarta (Foto: Siswa Team)

Tidak ada biaya tiket masuk bila kita ingin berkunjung ke pantai ini karena pantai ini bukan digunakan sebagai objek wisata. Oleh karena itu, kita tidak akan menemukan berbagai macam permainan ataupun fasilitas lainnya yang sering kita temukan di berbagai tempat wisata di Yogyakarta.

Peta lokasi Pantai Pandansimo

Peta lokasi Pantai Pandansimo bisa dilihat pada denah di bawah ini.

Peta lokasi wisata pantai pandansimo

Gambar. Peta lokasi wisata pantai pandansimo

Ada tiga jalur yang bisa kita lewati bila ingin pergi ke Pantai Pandansimo namun jalur termudah adalah melewati kota Bantul, jalan terus ke seletan kemudian belok ke arah barat setelah melewati perempatan Palbapang Bantul. Nah, dari perempatan Palbapang kita akan jalan terus mengikuti jalanan aspal yakni jalan Srandakan sampai di bunderan Srandakan.

Ketika sampai di bunderan Srandakan, silahkan ambil jalur belok ke kiri yaitu melewati Jalan Pandansimo yang arahnya ke selatan, berjalanlah terus mengikuti jalanan aspal sampai mencapai Pantai Pandansimo. Ketika sampai di Bunderan Srandakan tadi, jangan menyebrang jembatan sungai Progo, bila ini Anda lakukan, maka Anda akan mengarah menuju Kulon Progo.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan