Mengenal Jenis-Jenis Pronoun dalam Bahasa Inggris

Mengenal Jenis-Jenis Pronoun dalam Bahasa Inggris
Mengenal Jenis-Jenis Pronoun dalam Bahasa Inggris

Mengenal Jenis-Jenis Pronoun dalam Bahasa Inggris – Pronoun atau kata ganti merupakan salah satu kelas kata atau Parts of Speech dalam Bahasa Inggris. Dibandingkan dengan kata ganti dalam Bahasa Indonesia, kata ganti dalam Bahasa Inggris cenderung lebih rumit.

Selain terdiri dari tujuh jenis yang berbeda, pronoun juga dibedakan berdasarkan gender atau jenis kelamin.

Tujuan penggunaan pronoun dalam sebuah kalimat adalah untuk menghindari pengulangan kata benda (noun) secara berlebihan dalam kalimat. Oleh karena itu, pronoun juga berfungsi sebagai variasi agar kalimat tidak terkesan monoton dan membosankan.

Baca juga: Fungsi 8 Jenis dan Example Parts of Speech

Jangan lewatkan pembahasan mengenai jenis-jenis pronoun dalam Bahasa Inggris berikut ini!

7 Jenis Pronoun Bahasa Inggris: Sudahkah Anda Tahu?

Secara garis besar, Pronoun terdiri dari 7 jenis antara lain: Personal Pronoun, Reflexive Pronoun, Possessive Pronoun, Interrogative Pronoun, Indefinite Pronoun, Demonstrative Pronoun, dan Relative Pronoun.

1. Personal Pronoun

Personal pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan subyek atau obyek berupa orang atau penamaan. Contoh personal pronoun adalah me, her, us, it, dan them.

Contoh penggunaan personal pronoun dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  • Jane loves travelling and she plans to visit Bali next month (Jane suka bepergian dan dia berencana untuk mengunjungi Bali bulan depan).
  • I bought a book yesterday but I don’t like it (Saya membeli buku kemarin tapi saya tidak menyukainya).

2. Reflexive Pronoun

Merupakan kata ganti yang dipakai untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh diri sendiri. Reflexive pronoun juga berfungsi untuk memberikan penekanan pada subyek atau obyek yang dimaksud.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Prepositions of Time

Kata ganti ini biasanya menggunakan akhiran self atau shelves. Contoh reflexive pronoun adalah myself, themselves, himself, ourselves.

Contoh reflexive pronoun dalam kalimat adalah:

  • I created this project by myself (Saya membuat proyek ini sendiri).
  • Take care of yourself! (jaga dirimu!).

3. Possessive Pronoun

Kata ganti yang satu ini digunakan untuk memperlihatkan kepemilikan (possession). Possessive pronoun terbagi menjadi dua, yaitu dependent dan independent.

Contoh possessive pronoun dependent antara lain my, your, his, our, her. Sedangkan contoh possessive pronoun independent adalah theirs, mine, hers, yours.

Contoh penggunaan possessive pronoun dalam kalimat antara lain:

  • This is my new car (Ini adalah mobil baruku).
  • The black shirt is yours (Kemeja hitam itu milik Anda).

Baca juga: Mengenal 3 Tenses Dasar Dalam Bahasa Inggris

4. Interogative Pronoun

Interogative pronoun merupakan kata ganti yang mempertanyakan orang atau benda. Contoh interogative pronoun yang sering digunakan adalah who, whom, which, what. Contoh pronoun jenis ini adalah kalimat adalah:

  • Who will come to the party tonight? (Siapa yang akan datang ke pesta malam ini?)
  • Which book do you like? (Buku mana yang kamu suka?)

5. Indefinite Pronoun

Pronoun jenis ini digunakan untuk menjelaskan obyek berupa benda atau tempat dalam jumlah satu atau lebih. Contoh indefinite pronoun antara lain anything, each, anywhere, somebody, everyone. Simak contoh penggunaan indefinite pronoun dalam kalimat berikut:

  • She doesn’t like to go anywhere (Dia tidak ingin pergi ke mana pun).
  • You can give anything you want (Anda dapat memberikan apa pun yang Anda inginkan).

6. Demonstrative Pronoun

Adalah jenis pronoun yang berfungsi untuk menunjukkan arah, tempat, atau lokasi keberadaan suatu benda. Contoh pronoun jenis ini adalah those, these, that, this. Berikut ini contoh penggunaan demonstrative pronoun dalam sebuah kalimat:

  • That bike should be repaired (Sepeda itu harus diperbaiki).
  • This book belongs to Andy (Buku ini milik Andy).

7. Relative Pronoun

Pronoun ini dapat dipakai untuk memperkenalkan adjective clause yang berfungsi untuk menerangkan kata benda. Contoh relative pronoun antara lain whose (yang), which (yang), who , whom. Pelajari contoh penerapan relative pronoun dalam sebuah kalimat:

  • I met a man whose kid was kidnapped (Saya bertemu dengan seorang pria yang anaknya diculik).
  • The house which is located behind the shopping mall will be sold (Rumah yang terletak di belakang pusat perbelanjaan akan dijual).

Setelah menyimak penjelasan beserta contoh masing-masing jenis pronoun, kini Anda tidak perlu bingung jika harus berhadapan dengan Parts of Speech yang satu ini. Jangan lupa untuk berlatih!

Bila ada pertanyaan terkait artikel Mengenal Jenis-Jenis Pronoun dalam Bahasa Inggris bisa ditulis di bawah ini.

Baca juga: Cara mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris

Referensi:

Artikel berjudul Jenis-Jenis Pronoun Dalam Bahasa Inggris dan Belajar Jenis-Jenis Pronoun Dalam Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh website: www.ef.co.id (diakses tanggal 22 September 2019).

Artikel berjudul English Grammar Reference yang diterbitkan oleh website: learnenglish.britishcouncil.org (diakses tanggal 22 September 2019).

Pos terkait